Anomali PSM Selalu Kuasai Laga tapi Lini Depan Kesulitan Bikin Peluang

PSM Makassar

Anomali PSM Selalu Kuasai Laga tapi Lini Depan Kesulitan Bikin Peluang

Tim detikSulsel - detikSulsel
Selasa, 07 Feb 2023 08:00 WIB
PSM Makassar berhasil meraih kemenangan 1-0 atas tuan rumah Arema FC di pekan ke-22 Liga 1 2022/2023.
Pertandingan Arema FC Vs PSM Makassar di pekan ke-22 Liga 1. Foto: Dok. PSM Makassar/Agung Dewantara
Makassar -

PSM Makassar terus menunjukkan performa terbaiknya di kompetisi Liga 1 2022/2023 setelah meraih kemenangan atas Arema FC. Kendati demikian, tim Juku Eja dihadapkan dengan anomali selalu menguasai laga namun lini depan kesulitan menciptakan peluang.

Seperti pada pertandingan pekan ke-22 antara tuan rumah Arema FC Vs PSM Makassar di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (4/2/2023). Tim besutan Bernardo Tavares mendominasi laga 51 persen namun hanya menciptakan 3 peluang. Sementara Singo Edan dengan penguasaan bola 49 persen berhasil membukukan 5 peluang.

"Ini perlu memang evaluasi nanti, karena banyak memang kita menguasai pertandingan tapi susah mendapatkan peluang untuk mencetak gol," kata pengamat sepak bola Assegaf Razak kepada detikSulsel, Senin (6/2).

Berbanding terbalik ketika PSM berhadapan dengan Persija Jakarta dan Rans Nusantara FC. Pada dua laga tersebut, PSM berhasil menguasai jalannya laga dan banyak menciptakan peluang.

Saat melawan Persija, Juku Eja mendominasi laga dengan 53 persen dengan mengemas 16 peluang atau lebih baik dari Macan Kemayoran yang hanya menciptakan 6 peluang. Sedangkan, Lawan Rans, PSM menguasai pertandingan 52 persen dan berhasil menciptakan 18 peluang.

Assegaf Razak menjelaskan sulitnya PSM menciptakan peluang tak terlepas dari pergerakan lini depan yang cukup kaku. Seharusnya, Everton Nascimento dan kolega mampu bergerak leluasa demi memudahkan dirinya dan rekannya yang lain menciptakan peluang berbahaya.

"Pemain depan kita harus banyak membikin gerakan-gerakan yang menciptakan peluang. Karena pemain depan itu memang diharuskan bagaimana mencetak gol," jelasnya.

Mantan pelatih PSM ini menekankan agar lini depan PSM harus lebih piawai mencari peluang yang bisa dikonversi menjadi gol. Pasalnya, peran striker cukup krusial terhadap hasil yang diperoleh tim Ramang.

"Nah kalau tidak ada memberikan kesempatan untuk mencari peluang-peluang itu memang susah. Karena pemain depan itu harus pintar mencari peluang untuk bagaimana mencetak gol," tegasnya.

Walau begitu, Assegaf mengakui jika sulitnya PSM menciptakan peluang pada laga lawan Arema tak terlepas dari taktik yang di terapkan tim lawan. Pergerakan lini depan tim Ramang mudah terbaca barisan pemain belakang Singo Edan.

"Nah ini barangkali ada mungkin yah karena lawan juga mungkin PSM ini sudah dipelajari juga kan sama lawan. Setiap lawan ini yang harus diantisipasi," pungkasnya.

Statsitik pertandingan antara Arema FC Vs PSM Makassar di pekan ke-22 Liga 1 2022/2023.Statistik pertandingan antara Arema FC Vs PSM Makassar di pekan ke-22 Liga 1 2022/2023. Foto: Istimewa/tangkapan layar (Instagram Liga 1)


Simak Video "Suntikan Motivasi untuk PSM Jelang Ladeni Persikabo 1973"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/hsr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT