12 Makanan Keberuntungan Imlek Menyambut Tahun Kelinci Air 2023

12 Makanan Keberuntungan Imlek Menyambut Tahun Kelinci Air 2023

Rasmilawanti Rustam - detikSulsel
Minggu, 22 Jan 2023 06:00 WIB
Makanan khas Imlek.
Ilustrasi makanan saat Tahun Baru Imlek. Foto: Istimewa
Makassar -

Tahun Baru Imlek 2023 tentu disambut dengan berbagai acara perayaan mulai dari ibadah hingga festival. Tidak ketinggalan, pada perayaan tersebut disajikan makanan yang dipercaya membawa keberuntungan.

Sejumlah hidangan tertentu yang dimakan selama Tahun Baru Imlek karena ada makna simbolisnya. Simbol keberuntungan dari makanan tradisional Tahun Baru Imlek ini didasarkan pada pengucapan atau penampilannya.

Setiap tahun dalam kalender China diwakili oleh salah satu dari 12 hewan, yakni anjing, babi/babi hutan, tikus, lembu, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, dan ayam jago. Tahun Baru 2023 akan memasuki tahun Kelinci, tepatnya kelinci air.


Berikut sejumlah makanan keberuntungan Imlek dalam menyambut Tahun Kelinci Air 2023 beserta maknanya yang dilansir dari China Highlights.

1. Ikan

Makanan Tahun Baru Imlek pertama adalah ikan yang dipercaya bisa meningkatkan kemakmuran. Ikan dalam bahasa Cina, "ikan" (鱼 Yú /yoo/) penyebutannya seperti 'kelebihan'.

Ikan adalah hidangan Tahun Baru Imlek tradisional pada menu makan malam Tahun Baru Imlek.

Orang Tionghoa selalu ingin memiliki kelebihan di akhir tahun. Pasalnya, mereka percaya jika berhasil menabung di akhir tahun, maka mereka dapat menghasilkan lebih banyak di tahun berikutnya.

Ikan harus menjadi hidangan terakhir yang tersisa karena memiliki homofonik yang menguntungkan karena selalu ada kelebihan setiap tahun. Ini dipraktekkan di utara Sungai Yangtze, tetapi di daerah lain kepala dan ekor ikan tidak boleh dimakan sampai awal tahun, yang mengungkapkan harapan bahwa tahun akan dimulai dan diakhiri dengan surplus.

Ikan kukus adalah salah satu resep Tahun Baru Cina yang paling terkenal. Ikan apa yang harus dipilih untuk makan malam Tahun Baru didasarkan pada homofonik yang menguntungkan.

Berikut ikan dan makna keberuntungannya:

  • Ikan mas Crucian: Karena karakter pertama 'ikan mas crucian' (鲫鱼 jìyú /jee-yoo/) terdengar seperti kata Cina 吉 (jí /jee/ 'keberuntungan'), makan ikan mas crucian dianggap membawa keberuntungan untuk selanjutnya tahun.
  • Ikan mas lumpur China: Bagian pertama dari bahasa Cina untuk "ikan lumpur" (鲤鱼 lǐyú /lee-yoo/) diucapkan seperti kata untuk hadiah (礼 lǐ /lee/). Jadi orang Tionghoa berpikir memakan ikan mas lumpur saat Tahun Baru Imlek melambangkan mengharapkan keberuntungan.
  • Lele: Bahasa China untuk "lele" (鲶鱼 niányú /nyen-yoo/) terdengar seperti 年余 (nián yú) yang berarti 'surplus tahun'. Jadi makan lele adalah keinginan untuk surplus di tahun ini.

Makan dua ikan, satu di Malam Tahun Baru dan satu di Hari Tahun Baru, (jika ditulis dengan cara tertentu) terdengar seperti keinginan untuk surplus tahun demi tahun.

Jika hanya satu ikan lele yang dimakan, memakan ikan bagian atas pada malam tahun baru dan sisanya pada hari pertama tahun baru dapat diucapkan dengan arti homofonik yang sama.

Ungkapan Keberuntungan untuk Makan Ikan

年年有余 (Niánnián yǒu yú /nyen-nyen yo yoo/): Semoga Anda selalu memiliki lebih dari yang Anda butuhkan!

鱼跃龙门 (Yú yuè lóngmén /yoo ywair long-mnn/): Sukses dalam ujianmu! ('Seekor ikan melompati gerbang naga' berarti berhasil melewati ujian kompetitif).

2. Pangsit Cina

Makanan Tahun Baru Imlek selanjutnya adalah pangsit cina yang dipercaya bisa memberikan kekayaan. Dengan sejarah lebih dari 1.800 tahun, pangsit (饺子 Jiǎozi /jyaoww-dzrr/) adalah makanan keberuntungan klasik untuk Tahun Baru Imlek,

Hidangan tradisional yang dimakan pada malam Tahun Baru Imlek sangat populer di Tiongkok, terutama di Tiongkok Utara. Pangsit Cina tersebut dapat dibuat menyerupai batangan perak Cina namun tidak berbentuk batangan, melainkan berbentuk perahu, lonjong, dan kedua ujungnya dinaikkan.

Orang terdahulu mengatakan bahwa semakin banyak pangsit yang Anda makan selama perayaan Tahun Baru, semakin banyak pula uang yang dapat Anda hasilkan di Tahun Baru.

Pangsit umumnya terdiri dari daging cincang dan sayuran cincang halus yang dibungkus dengan adonan kulit yang tipis dan elastis. Tambahan yang populer adalah daging babi cincang, udang potong dadu, ikan, ayam giling, daging sapi, dan sayuran. Makanan itu bisa dimasak dengan cara direbus, dikukus, digoreng atau dipanggang.

Cara Pembuatannya: Pertama mereka mencampur adonan lalu membuat adonan itu menjadi "pembungkus" bundar dengan rolling pin. Kemudian mengisi pembungkus dengan isian dan mencubit "pembungkus" menjadi bentuk yang diinginkan lalu memasaknya.

Ungkapan Keberuntungan untuk Makan Pangsit

Zhāo cái jìn bǎo (招财进宝/jaoww tseye jin baoww/): 'Membawa kekayaan dan harta' - harapan yang tepat untuk menghasilkan uang dan mengumpulkan kekayaan.

Simak hidangan selanjutnya di halaman berikutnya.



Simak Video "Suasana Imlek di Vihara Dharma Bakti Jakbar"
[Gambas:Video 20detik]