Lezatnya Kuliner Bebek Tepi Sawah di Gowa dengan Cita Rasa Unik Khas Bali

Lezatnya Kuliner Bebek Tepi Sawah di Gowa dengan Cita Rasa Unik Khas Bali

Rasmilawanti Rustam - detikSulsel
Minggu, 15 Jan 2023 14:45 WIB
Menu Bebek Tepi Sawah The Danau
Menu Bebek Tepi Sawah Gowa (Foto: Urwatul Wutsqaa/detikSulsel)
Makassar -

Bebek Tepi Sawah adalah salah satu restoran di Bali yang menyajikan kuliner bebek dengan cita rasa khas Pulau Dewata. Untuk menikmati kelezatan bebek dari restoran ini, kini warga Gowa, Makassar, dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh datang ke Bali karena mereka sudah punya cabang di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Cabang di Gowa sendiri baru buka pada pertengahan tahun 2022 lalu dengan nama Bebek Tepi Sawah The Danau. Sementara itu, restoran Bebek Tepi Sawah yang berada di Ubud, Bali sudah berdiri sejak tahun 1999.

"Untuk yang di Makassar (Gowa) Bebek Tepi Sawah The Danau baru buka akhir Juli, kami baru beroperasi itu akhir Juli tahun 2022," ujar General Manager Bebek Tepi Sawah The Danau, Irfy Jedida S kepada detikSulsel, Jumat (13/1/2023)


"Jadi kita baru berdiri kurang lebih hampir 6 bulan di Gowa," imbuhnya.

Lokasi restoran Bebek Tepi Sawah The Danau ini berada di Jalan Macanda II, Romangpolong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Jaraknya cukup dekat dari Kota Makassar, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan dari perbatasan Gowa-Makassar.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung, restoran ini buka mulai pukul 10.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita. Restoran ini selalu ramai dikunjungi saat jam makan siang dan saat akhir pekan.

Irfy melanjutkan, restoran Bebek Tepi Sawah yang pusatnya di Bali ini sudah memiliki banyak cabang di berbagai penjuru Indonesia. Restoran Bebek Tepi Sawah cabang Gowa adalah yang pertama untuk di wilayah Timur Indonesia.

"Ini Bebek Tepi Sawah kan sudah banyak di Indonesia, tapi yang paling timur itu kita," ungkapnya.

Pihak Bebek Tepi Sawah memutuskan membuka restoran di Kabupaten Gowa setelah melihat banyaknya warga Makassar yang sering makan di restoran tersebut saat mereka berkunjung ke Bali.

"Jadi karena kebetulan di Bali itu kita tahu banyak banget wisatawan yang datang dari luar Bali yang orang Indonesia itu asalnya dari Makassar itu suka sekali makan di Bebek Tepi Sawah," ujar Irfy.

Meskipun sajian bebek di wilayah Gowa, Makassar, dan sekitarnya sudah cukup banyak, Bebek Tepi Sawah hadir dengan menawarkan kuliner bebek yang berbeda dengan yang lainnya. Sajian bebek di restoran ini menggunakan bumbu asli Bali dengan penyajiannya yang khas.

"Beda bumbu, beda cara penyajian, di bebek saya ada crispy duck, ada bebek betutu, ada bebek bakar itu semua cara penyajiannya beda dengan yang ada di Makassar," kata Irfy.

Salah satu yang menjadi keunggulan restoran Bebek Tepi Sawah adalah mereka menyajikan bebek dalam potongan setengah ekor. Potongan yang cukup besar ini tentunya membuat pengunjung lebih puas menikmati kelezatan kuliner khas Bali di restoran ini.

"Dari segi menu, kami di sini jual menu bebeknya itu setengah ekor bebek, jadi itu bukan seperempat atau potongan kaki saja, ini kami benar-benar setengah ekor bebek," ujarnya.

Selain itu, chef hingga kru dapur juga didatangkan langsung dari Bali demi mempertahankan cita rasa alami olahan bebek khas Bali yang disajikan di restoran ini.

"Chef saya dan kru kitchen saya itu semuanya datang dari bali. Jadi itu karena kami mau mempertahankan cita rasa yang sama antara bebek tepi sawah di ubud maupun dengan kami di sini," ujar Irfy.

Saat berkunjung ke restoran Bebek Tepi Sawah ini, tim detikSulsel turut mencicipi beberapa menu andalan yang ada di restoran ini, mulai dari crispy duck, grilled duck, bebek betutu, sate lilit, serta minuman favorit mereka es teler kelapa muda.

Tepi Sawah Crispy Duck

Menu Bebek Tepi Sawah The DanauTepi Sawah Crispy Duck (Foto: Rasmilawanti Rustam/detikSulsel)

Tepi Sawah Crispy Duck merupakan menu favorit di restoran Bebek Tepi Sawah The Danau. Olahan yang satu ini adalah menu yang paling banyak dicari oleh warga Sulsel saat berkunjung ke restoran ini.

"Kami itu favorite menu crispy duck. Crispy duck adalah juaranya. Mungkin karena kita orang makassar suka makan yang garing-garing," kata Irfy.

Sesuai namanya, Tepi Sawah Crispy Duck adalah bebek goreng krispi yang memiliki tekstur garing di luar namun daging di bagian dalamnya tetap empuk.

Menu bebek goreng ini dilengkapi dengan jukut bejek, sayuran khas Bali dengan bahan dasar kacang panjang dan bumbu santan yang terasa sangat gurih.

Selain itu, pengunjung akan disediakan 3 pilihan sambal khas Bebek Tepi Sawah, yaitu sambal matah, sambal goreng, dan sambal lokal. Dengan penyajian 3 jenis sambal ini, pengunjung dapat menikmati kelezatan olahan bebek goreng sesuai dengan selera masing-masing.

"Dalam satu penyajian itu kita ada sambel 3, jadi terserah orang lebih suka yang mana. intinya ketiganya ada. sambal matah, sambal goreng, sambal lokal," kata Irfy.

Seporsi bebek goreng ini dibanderol dengan harga Rp 135.000, sudah lengkap dengan satu porsi nasi hangat ukuran standar.

Tepi Sawah Grilled Duck

Menu Bebek Tepi Sawah The DanauTepi Sawah Grilled Duck (Foto: Rasmilawanti Rustam/detikSulsel)

Menu selanjutnya yang juga cukup favorit di restoran ini adalah Tepi Sawah Grilled Duck. Grilled Duck merupakan olahan bebek bakar dengan bumbu kecap yang melimpah dan meresap hingga ke dalamnya.

Seporsi bebek bakar ini terdiri dari setengah ekor bebek, nasi hangat ukuran standar, dan sayur khas Bali dengan bahan dasar kacang panjang dan tauge. Meskipun dibakar, daging bebeknya terasa cukup empuk dan matang merata.

Sama seperti olahan bebek goreng, bebek bakar ini juga disajikan dengan tiga jenis sambal yang dapat dinikmati sesuai dengan preferensi masing-masing.

Satu porsi olahan bebek bakar ini dibanderol dengan harga Rp 135.000.

Bebek Betutu

Menu Bebek Tepi Sawah The DanauBebek Betutu Foto: Rasmilawanti Rustam/detikSulsel

Bebek Betutu adalah salah satu menu utama yang menjadi ciri khas dari restoran ini. Menu Bebek Betutu ini dibuat dengan bumbu khas bali yang kaya akan rempah.

"Jadi bebek betutu itu kyk ada kuahnya. Jadi prosesnya itu memang tidak seperti biasa, tapi bumbunya tuh bumbu khas Bali. Memang betutu itu khas Bali," ujar Irfy.

Karena memiliki sedikit kuah, Bebek Betutu ini memiliki tekstur yang basah. Daging bebek diolah dengan metode steam-oven sehingga dagingnya terasa sangat empuk dibandingkan dua menu sebelumnya.

Irfy menjelaskan, proses pembuatan Bebek Betutu ini memakan waktu yang cukup panjang. Proses marinasinya saja membutuhkan waktu hingga 8 jam untuk memastikan bumbunya benar-benar meresap.

"Bebek betutu itu prosesnya ada bumbuya dulu ada sekitar 8 jam perlu di marinasi, lalu kemudian bumbunya sampai meresap, nanti ada dari luarnya setelah selesai itu jadi dimasak biasa seperti normal kalau orang masak, habis itu baru ada kuahnya," jelasnya.

Seporsi Bebek Betutu disajikan dengan nasi hangat ukuran standar serta sayur khas Bali dengan bahan dasar kacang panjang dan tauge.

Sementara untuk sambalnya disajikan dalam dua varian, yaitu sambal goreng dan sambal matah.

Seporsi Bebek Betutu ini dibanderol dengan harga Rp 140.000, sedikit lebih mahal dibandingkan dua menu sebelumnya.

Sate Lilit

Menu Bebek Tepi Sawah The DanauSate Lilit Foto: Rasmilawanti Rustam/detikSulsel

Bagi pengunjung yang tidak begitu suka dengan olahan bebek, terdapat beberapa menu lainnya yang dapat dinikmati, salah satunya sate lilit. Olahan sate lilit ini juga merupakan salah satu menu khas Bali.

"Kan ada orang-orang kami tidak makan bebek, nah di kami itu punya varian lain, misalnya kami punya sate lilit, sate lilit itu bahannya dari ayam yang dicincang-cincang," kata Irfy.

Sate lilit ini memiliki keunikan dari sate pada umumnya karena menggunakan batang serai sebagai tusuknya. Sate ini disajikan di atas pembakaran mini dan dilengkapi dengan sajian saus kacang yang gurih dan lezat serta saos Bali yang khas.

"Tusuknya pakai batang serai biar aromanya tetap enak," jelas Irfy.

Satu porsi sate lilit ini terdiri dari lima tusuk sate yang dapat dinikmati sebagai makanan pelengkap. Harga untuk seporsi sate lilit ini adalah Rp 65.000.

Es Teler Kelapa Muda

Menu Bebek Tepi Sawah The DanauEs Teler Kelapa Muda (Foto: Rasmilawanti Rustam/detikSulsel)

Selain menyajikan makanan, restoran Bebek Tepi Sawah ini juga menyediakan berbagai pilihan minuman segar. Salah satu menu minuman yang cukup favorit di restoran ini adalah Es Teler Kelapa Muda.

Seperti es teler pada umumnya, di dalamnya terdapat berbagai isian seperti cincau, cendol, jelly, nangka, kacang, dan kelapa muda. Selain itu, ada juga tambahan topping es krim sebagai pelengkap yang membuat es teler ini semakin segar.

Uniknya, Es Teler Kepada Muda ini disajikan dalam wadah batok kelapa yang sudah dilubangi bagian atasnya. Bagian dalamnya juga masih berisi daging kelapa muda yang dapat diserut sehingga sensasi makan es teler ini terasa lebih unik.

Satu porsi Es Teler Kelapa Muda ini dibanderol dengan harga Rp 45.000. Selain es teler, pengunjung juga dapat menikmati menu kelapa muda original, kelapa muda DHT, serta kelapa muda gula merah.

Secara keseluruhan, menu yang disajikan di restoran ini enak-enak dan tentunya menggugah selera. Hanya saja untuk harganya tergolong agak mahal, namun dengan segala fasilitas, pelayanan, dan experience unik yang ditawarkan, rasanya harga tersebut cukup sebanding.

Porsinya sendiri termasuk besar untuk ukuran orang Indonesia, meskipun nasinya ukuran standar, hidangan bebek yang menggunakan potongan setengah ekor cukup membuat pengunjung kekenyangan.

Nah, itulah tadi ulasan beberapa menu Bebek Tepi Sawah The Danau yang ada di Gowa. Bagaimana, tertarik mencoba salah satunya?



Simak Video "Eksperimen Adegan Titanic, James Cameron Akui Jack Bisa Saja Selamat"
[Gambas:Video 20detik]
(urw/asm)