13 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Populer dan Wajib Dicoba

13 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Populer dan Wajib Dicoba

Nur Ainun - detikSulsel
Kamis, 12 Jan 2023 21:40 WIB
Choipan di Singkawang
Foto: (Syanti/detikcom)
Makassar -

Kalimantan Barat punya segudang makanan khas yang nikmat dan unik. Makanan khas Kalimantan Barat ini tentunya sayang untuk dilewatkan.

Berkunjung ke Kalimantan barat memang belum lengkap jika belum mencicipi aneka hidangan kulinernya. Mulai dari jajanan ringan hingga makanan berat semua tersedia.

Nah, bagi yang sedang berkunjung ke Kalimantan Barat, tidak ada salahnya untuk berwisata kuliner. Berikut daftar makanan Khas Kalimantan Barat yang menarik untuk dicoba sebagaimana dihimpun detikSulsel dari berbagai sumber.


1. Bubur Pedas Khas Pontianak

bubur pedas khas kalimantanbubur pedas khas kalimantan Foto: Instagram

Bubur pedas adalah salah satu makanan khas Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Makanan ini terbuat dari beras yang diolah dengan bumbu rempah-rempah pilihan.

Meskipun namanya adalah bubur pedas, namun cita rasa dari bubur ini sebenarnya tidaklah pedas. Dikatakan bubur pedas atau orang Pontianak menyebutnya "Bubbor Paddas", sebagai perumpamaan bahwa makanan tersebut mengandung berbagai macam rempah dan sayuran.

Berbagai rempah dan sayuran tersebut seperti kangkung, pakis, kelapa parut, wortel, kentang, daun kunyit, dan lain-lain. Yang paling khas dari aroma bubur ini adalah adanya penambahan daun kesum. Daun ini hanya ada di Kalimantan Barat dan banyak ditambahkan sebagai penambah cita rasa makanan.

Agar lebih nikmat, saat penyajian biasanya ditaburi dengan bawang goreng, ikan teri dan kacang goreng. Tak lupa jeruk nipis, sambal dan kecap manisnya.

2. Bubur Gunting

Makanan khas Kalimantan Barat selanjutnya ada Bubur Gunting. Makanan ini merupakan kuliner khas dari kota Amoy, Singkawang.

Bubur ini adalah resep turun temurun dari warga keturunan Tionghoa yang banyak bermukim di Singkawang. Mereka sendiri menyebut bubur ini dengan nama "Liuk Theu San" yang artinya bubur kacang hijau serasa intan.

Nama Bubur Gunting sendiri berasal dari cara penyajian bubur ini yang menggunakan gunting untuk memotong-motong bahan cakwe. Selanjutnya bahan tersebut disiram dengan kuah kental yang berasal dari tepung kanji dan kacang hijau.

Cita rasa dari bubur ini cenderung manis dan asin. Tekstur lembut dari kuah kacang hijau tersebut menghasilkan rasa manis. Sedangkan rasa asin datang dari cakwe yang digoreng krispi.

Salah satu warung bubur gunting yang paling terkenal di Kota Singkawang adalah Bubur Gunting Asun. Alamatnya di Jl. P. Antasari, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat.

Harga seporsi? Tak perlu risau! Cukup dengan merogoh kocek Rp 5.000 saja, pengunjung sudah bisa menikmati seporsi Bubur Gunting Asun yang melegenda.

3. Tempoyak

tempoyaktempoyak Foto: Pinterest/iStock/detikFood

Bergeser ke Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, ada kuliner khas yang bernama Tempoyak. Ini adalah makanan yang terbuat dari buah durian yang difermentasi.

Bagi warga setempat, Tempoyak ini biasanya dijadikan sebagai makanan pelengkap atau lauk untuk nasi. Selain itu, makanan ini juga digunakan sebagai bahan dasar atau bumbu berbagai masakan populer di Bengkayang.

Rasa dari tempoyak ini cenderung asam dan gurih. Hal ini karena proses fermentasi dari buah durian tersebut.

Tempoyak juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Beberapa orang percaya bahwa makan tempoyak dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan meningkatkan metabolisme.

Makanan khas Bengkayang ini sangat digemari oleh masyarakat setempat. Rasa yang unik dan kuat dari tempoyak akan memberikan pengalaman kuliner yang berbeda dan pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi siapapun yang pernah mencicipinya.

4. Kerupuk Basah

Kerupuk BasahKerupuk Basah Foto: detikfinance

Kerupuk Basah adalah salah satu kuliner khas Kalimantan Barat, khususnya dari Kabupaten Kapuas Hulu. Sekilas, makanan ini bentuknya lebih mirip Pempek Palembang, namun ukurannya sedikit lebih panjang.

Selain itu, kerupuk basah ini disantap menggunakan sambal, berbeda dengan pempek yang disiram dengan kuah cuko. Sambal yang digunakan pun bisa berbeda-beda tergantung selera, seperti sambal kacang atau sambal cabe.

Kerupuk basah ini dibuat dari bahan dasar ikan. Biasanya ada dua jenis ikan yang digunakan yakni ikan toman dan ikan belidak.

Bahan ikan yang telah dihaluskan, kemudian dicampur dengan sedikit tepung agar kenyal. Selanjutnya adonan tersebut dikukus hingga matang sekitar 20 menit.

Cita rasa dari kerupuk basah ini sedikit pedas dan manis. Aroma ikannya juga sangat terasa dan berpadu lembut dalam mulut.

Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Kapuas Hulu, Anda bisa dengan mudah menemukan warung-warung yang menjajakan makanan ini. Harganya pun cukup terjangkau antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per porsi.

5. Pengkang

PengkangPengkang Foto: Indonesia.go.id

Pengkang juga menjadi salah satu makanan khas Pontianak, Kalimantan Barat yang wajib untuk dicicipi. Makanan ini terbuat dari bahan ketan dengan isian udang yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Selanjutnya Pengkang ini kemudian dibakar di atas bara api menggunakan jepitan dari bambu. Aroma dari pengkang ini menjadi semakin kuat dengan diolesi minyak kelapa di atasnya.

Penganan pengkang ini begitu digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Karena kelezatannya pula, tak jarang wisatawan dari luar daerah sengaja datang ke Pontianak untuk menikmati kuliner satu ini.

6. Choipan Tjhia

Choipan di SingkawangChoipan di Singkawang Foto: (Syanti/detikcom)

Choipan adalah salah satu kuliner khas tionghoa yang ada di Kota Singkawang. Nama Choipan Tjhia diambil dari nama keluarga Tjhia yang mempelopori makanan ini di Kota Singkawang.

Konon Rumah Keluarga Tjhia yang terletak di Jl. Budi Utomo No. 35 Condong, Singkawang Barat ini telah dibangun sejak tahun 1902 oleh Tjhia Hiap Seng. Dengan begitu saat ini rumah tersebut telah berdiri hampir 120 tahun lamanya.

Hingga kini, rumah ini selalu ramai dikunjungi masyarakat yang ingin menikmati panganan Choipan resep asli keluarga Tjhia. Tak hanya masyarakat keturunan Tionghoa saja, melainkan berbagai lapisan masyarakat hadir di sini.

Choipan ini sebenarnya adalah sejenis kudapan yang terbuat dari tepung beras yang dikukus kemudian dibentuk seperti kulit lumpia. Bentuknya segitiga dan warnanya putih, di dalamnya diisi dengan bengkoang dan aneka sayuran.

Untuk menyantapnya biasanya ditemani dengan bumbu bawang dan ebi. Sehingga tekstur dan rasanya begitu gurih dan krenyes kala mendarat di mulut.

Di rumah keluarga Tjhia ini Choipan yang disediakan ada berisi bengkuang, kucai dan rebung. Harga untuk sebiji Choipan adalah Rp 15.000. Karena kelezatannya, pengunjung biasanya menghabiskan 10 hingga 15 biji Choipan agar puas.

7. Pekasam Ikan

Pekasam IkanPekasam Ikan Foto: dok. detikFood/Sudirman Wamad

List Makanan Khas Kalimantan Barat, selanjutnya ada Pekasam Ikan. Makanan ini khususnya banyak ditemukan di Bengkayang, Kalbar.

Namun begitu makanan ini juga banyak terdapat di Kalimantan Selatan dan juga Sumatera.

Pekasam merupakan jenis makanan yang dibuat dari ikan yang digiling dan difermentasikan dengan bahan-bahan seperti garam, asam jawa, dan rempah-rempah. Pekasam ini terkenal karena rasa yang kuat dan kaya akan protein yang disebabkan oleh penambahan ikan yang segar dan bahan fermentasi yang khas.

Ikan yang dipilih pada proses pembuatan Pekasam bisa ikan apa saja. Namun yang paling banyak digunakan orang-orang adalah ikan betok (pekasam papuyu).

Pekasam ikan ini banyak digunakan sebagai lauk pauk, bahan pelengkap untuk nasi. Agar lebih nikmat umumnya dibumbu lagi dengan cabai dan gula.

Pekasam juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Beberapa orang percaya bahwa makan Pekasam dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan meningkatkan metabolisme.

8. Lemang

Malamang, tradisi masyarakat Minang menyambut hari-hari besar.Lemang Foto: Jeka Kampai/detikSumut

Lemang adalah salah satu penganan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam ruas bambu. Makanan ini menjadi kuliner favorit oleh Masyarakat di Kalimantan Barat.

Pertama-tama beras ketan tersebut dicampur dengan santan kelapa. Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, olahan ini dibungkus dengan selembar daun pisang.

Setelah masak, lemang ini sangat nikmat disantap selagi hangat. Cara mengkonsumsinya bisa dengan berbagai cara, seperti bisa dengan selai, kinca, serikaya, ada juga menggunakan rendang atau telur.

Biasanya lemang banyak disajikan pada saat acara-acara adat suku melayu dan dayak. Banyak juga ditemui pada hari raya seperti idulfitri dan iduladha.

9. Sotong Pengkong

Sotong PangkongSotong Pangkong Foto: Kementerian Keuangan RI

Satu lagi makanan khas Pontianak, Kalimantan Barat yang unik dan wajib dicoba. Makanan ini adalah sotong pengkong.

Sotong pengkong adalah kudapan yang dibuat dari daging sotong atau cumi-cumi. Kata pengkong di sini berarti dipukul menggunakan palu.

Seperti namanya daging sotong terlebih dahulu dijemur lalu di masak dengan cara dipanggang. Setelah matang, daging tersebut lantas dipukul-pukul menggunakan palu.

Hal ini dilakukan agar daging sotong tersebut menjadi empuk dan tidak alot. Daging sotong yang menjadi gepeng kemudian barulah disantap.

Warga Pontianak biasanya menyantap Sotong Pengkong ini dengan dicocol ke dalam sambal kacang atau sambal pedas manis. Daging sotong yang gurih akan menyatu dengan cita rasa asin, manis dan asam dari sambalnya.

Kuliner satu ini biasanya banyak dijual di sepanjang jalan Merdeka, Pontianak. Khususnya di bulan puasa, Sotong Pengkong ini juga menjadi kudapan favorit untuk menu berbuka ataupun sahur.

10. Tumpi

10 Resep Kue Tradisional Buat Buka Puasa, Ada Cucur hingga Kue Lumpur!Tumpi Foto: iStock/detikfood

Selain lemang, ada juga makanan khas Kalimantan Barat yaitu Tumpi. Ini adalah makanan kue cucur khas kalimantan barat.

Kue Tumpi ini terbuat dari bahan tepung terigu dan gula merah. Selanjutnya bahan-bahan tersebut dicampur dengan bahan lain kemudian digoreng di minyak panas.

Rasa tumpi ini manis dan legit. Teksturnya lembut dan kenyal. Sangat cocok untuk disantap sebagai cemilan atau teman minum kopi.

Kue Tumpi ini juga banyak ditemukan pada acara-acara adat di Kalimantan Barat.

11. Sagu Gunting

Sagu GuntingSagu Gunting Foto: youtube

Selain makanan, Kalimantan Barat juga punya aneka minuman khas yang nikmat. Salah satunya adalah Sagu Gunting.

Sekilas minuman ini mirip seperti Cendol. Bedanya minuman ini terbuat dari tepung sagu, gula merah, santan dan daun pandan.

Adonan sagu dan bahan lain dicampurkan hingga kalis. Selanjutnya dibuat tipis dan digunting-gunting seperti batang korek api.

Selanjutnya adonan yang sudah digunting-gunting di rebus ke dalam air mendidih. Setelah matang, diangkat dan dimasukkan ke dalam air gula dan santan.

Minuman ini paling cocok dinikmati dengan campuran es batu. Rasanya segar dan manis sangat pas sebagai pelepas dahaga.

12. Kue Kantong Semar

Kue Kantong SemarKue Kantong Semar Foto: youtube

Makanan Khas Kalimantan Barat selanjutnya adalah Kue Kantong Semar. Kudapan ini berasal dari Kota Pontianak dan juga ada dari Singkawang.

Kue Kantong Semar terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan, gula, garam dan kacang beras. Yang unik, adonan beras ketan tersebut selanjutnya di ke dalam sebuah wadah seperti kantong Semar.

Wadah tersebut diambil dari sebuah tumbuhan yang bernama tumbuhan kantong semar. Seperti namanya tumbuhan kantong semar ini berbentuk menyerupai perut dari tokoh pewayangan Semar.

Adonan yang sudah disiapkan selanjutnya dimasukkan ke dalam kantong semar ini. Kemudian selanjutnya dikukus hingga matang.

Ketika matang, kue ini akan berwarna kecoklatan. Teksturnya pun kenyal dan pulen berpadu dengan rasa gurih manis dari isian beras ketan tersebut.

Saat ini pembuatan kue kantong semar ini semakin jarang dilakukan. Selain karena proses pembuatannya yang cukup panjang, juga perlu mencari tumbuhan kantong semar juga susah didapatkan.

13. Kopi Singkawang

Kopi Tiam RusenKopi Tiam Rusen, Singkawang Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Berkunjung ke Kalimantan Barat, ada baiknya anda mencicipi kopi singkawang yang khas nan autentik. Kopi Singkawang sendiri adalah kopi robusta tradisional dari Kalimantan Barat.

Khususnya di Kota Seribu Kelenteng, Singkawang, berjejer banyak sekali kedai kopi yang menjajakan minuman ini. Aroma kopi yang khas tentu menjadi magnet bagi para pecinta kopi untuk mencobanya.

Kedai-kedai kopi tersebut bahkan telah berdiri selama puluhan tahun lamanya. Dan masih mempertahankan racikan kopi sejak jaman dahulu.



Simak Video "Berkeliling ke Pasar Babi yang Populer di Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(edr/alk)