20 Makanan Khas Sulawesi Barat yang Enak dan Menggugah Selera

20 Makanan Khas Sulawesi Barat yang Enak dan Menggugah Selera

Rasmilawanti Rustam - detikSulsel
Kamis, 08 Des 2022 14:13 WIB
Selada Udang Mandar
Foto: Selada Udang Mandar. Dok. LIPI
Makassar -

Makanan khas Sulawesi Barat (Sulbar) menjadi salah satu kuliner yang wajib untuk dicoba. Sejumlah makanan khas Sulbar hanya bisa dijumpai ketika berkunjung di provinsi yang terbentuk tahun 2004 ini.

Dilansir dari laman resmi Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat, daerah ini memiliki luas 16.787 Km2. Di dalamnya terdapat 6 kabupaten, yakni Majene, Polewali Mandar, Mamasa, Mamuju, Pasangkayu dan Mamuju Tengah.

Secara umum terdapat empat suku besar yang mendiami wilayah Sulawesi Barat yakni Suku Mandar, Suku Mamasa, Suku Pattae dan Suku Kalumpang. Mereka tersebar di enam kabupaten di Sulbar.


Kuliner Khas Sulawesi Barat

Meskipun beberapa makanan khas Sulbar terlihat mirip dengan makanan daerah lain. Tetapi dapat dipastikan, bahwa makanan tersebut memiliki perbedaan baik dari segi rasa, bentuk, bahan ataupun olahannya.

Masyarakat Sulbar memang dikenal pandai mengolah makanan dengan bahan dasar utama seperti beras, pisang, sagu dan umbi-umbian. Kemudian diolah dengan aneka ragam bahan lain sehingga memiliki rasa yang enak dan unik.

Berikut 20 makanan khas Sulawesi Barat yang tersebar di sejumlah kabupaten yang telah dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber:

1. Jepa

Jepa khas MandarJepa khas Mandar Foto: Dok. LIPI

Salah satu makanan khas Sulawesi Barat yang paling dikenal adalah Jepa. Makanan khas suku Mandar ini bentuknya lingkaran dengan lembaran yang tipis.

Pelaut Mandar sering kali membawa saat melaut karena praktis untuk dibawa. Selain itu, Jepa juga tahan lama atau tidak mudah basi.

Jepa ini berbahan baku utama singkong atau ubi kayu dan parutan kelapa. Biasanya makanan Mandar ini disajikan dengan ikan bakar, ikan tuing-tuing atau cumi.

2. Golla Kambu

Golla Kambu khas MandarGolla Kambu khas Mandar Foto: Dok. LIPI

Golla Kambu adalah makanan yang terbuat dari beras ketan, kelapa muda parut, kacang tanah yang telah disangrai dan gula merah. Sehingga membuat rasanya menjadi gurih dan berbeda dengan makanan lainnya.

Makanan khas Sulawesi Barat ini menjadi makanan yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Dan makanan ini juga kerap kali dihidangkan sebagai pelengkap menu saat berbuka puasa karena rasanya yang manis.

3. Sambusa

Sambusa khas MamujuSambusa khas Mamuju Foto: Dok. LIPI

Makanan khas Sulbar selanjutnya adalah Sambusa. Makanan ini berbentuk segitiga, sekilas Sambusa mirip dengan Samosa di India dan Pakistan yang membedakan adalah isiannya.

Samosa umumnya berisi kentang rebus, sayur-sayuran atau rempah-rempah. Sementara Sambusa khas Sulbar berisi daging ikan tuna yang sudah dihaluskan, daun bawang dan bumbu lainya seperti seledri, merica, bawang putih, bawang merah.

4. Kue Bikang

Kue Bikang khas MandarKue Bikang khas Mandar Foto: Dok. LIPI

Kue Bikang adalah salah satu makanan khas Sulawesi Barat. Bentuknya berpori mirip serabi namun tampilannya lebih besar dan sedikit tipis.

Kue Bikang memiliki cita rasa yang manis dan lumer di mulut. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan kelapa.

Kue ini dapat ditemukan di Kabupaten Mamuju, Majene, dan Polewali Mandar.

5. Loka Sattai

Loka SattaiLoka Sattai Foto: Dok. LIPI

Makanan khas lainnya adalah Loka Sattai. Berbahan dasar pisang kepok yang masih muda kemudian dimasak dengan campuran sedikit garam dan santan dari kelapa tua.

Loka Sattai sendiri berasal dari dua kata yaitu Loka yang berarti pisang sedangkan Sattai yang berarti santan.

Loka Sattai terbilang cukup mudah untuk dibuat. Biasanya Loka Satta ini dipadukan dengan ikan kering toppa dengan sambal terasi.

6. Kue Cucur

Kue Cucur mamujuKue Cucur mamuju Foto: Dok. LIPI

Kue Cucur termasuk hidangan tradisional yang selalu dihidangkan di setiap acara hajatan masyarakat di Sulawesi Barat. Bentuknya bulat pipih, rasanya manis dan teksturnya lembut.

Kue Cucur terbuat dari tepung beras dan gula merah. Kemudian digoreng menggunakan minyak kelapa khas Mandar sehingga memiliki cita rasa berbeda dengan kue cucur di daerah lainya.

7. Kue Paso

Kue PasoKue Paso Foto: Dok. LIPI

Kue Paso adalah kue tradisional yang sangat populer di tanah mandar. Bahan dasarnya adalah tepung beras yang dicampur gula aren cair dan santan.

Sesuai namanya, kue ini memiliki ujung yang lancip menyerupai paku. Dalam bahasa Mandar, paso berarti paku.

Adonan kue ini dimasukkan dalam cetakan yang terbuat dari daun pisang yang sudah dibentuk kerucut layaknya topi ulang tahun. Adonan kemudian dikukus.

8. Kue Kui Kui

Kue Kui-kui juga termasuk khas dari Sulawesi Barat. Kue ini sekilas terlihat mirip dengan pukis hanya saja ukurannya lebih kecil dan panjang.

Kue Kui-kui terbuat dari tepung beras dengan campuran gula merah dan parutan kelapa muda. Adonan kemudian dituang dalam cetakan lalu dipanggang.

Kue ini dapat dengan mudah ditemui di Sulawesi Barat. Khususnya di pasar tradisional dan pusat-pusat kuliner.

9. Pupu

PupuPupu Foto: Dok. LIPI

Pupu merupakan makanan khas Mandar, Sulawesi Barat. Makan ini sering dijumpai di acara adat, perkawinan, sunatan, kelahiran bahkan acara kematian.

Pupu termasuk makanan yang digoreng. Bahan baku utamanya adalah ikan cakalang dan tepung beras.

Makanan yang berbentuk segitiga ini biasanya disajikan dalam baki besar atau yang disebut masyarakat Mandar ialah Kappar.

10. Kambeong

Makanan Khas Sulawesi Barat berikutnya adalah Kambeong. Merupakan jenis cemilan yang terbuat dari bahan dasar sagu dan gula merah.

Sehingga makanan tersebut sangat cocok dibawa jika ingin melakukan perjalanan jauh karena bisa menambah stamina. Meskipun memiliki rasa yang enak, makanan khas Sulbar ini tidak direkomendasikan untuk orang yang rentan terkena penyakit diabetes.

Kambeong dibuat dengan menggunakan berbagai macam bumbu, yaitu gula merah, air, daun pandan, kelapa parut, kelapa muda serut memanjang, minyak sayur dan garam. Kemudian makanan tersebut diolah dengan cara dikukus.

11. Gogos Kambu

Gogos Kambu khas Sulawesi baratGogos Kambu khas Sulawesi barat Foto: Dok. LIPI

Gogos Kambu termasuk makanan khas Sulawesi Barat. Makanan ini berbahan dasar beras ketan yang bentuknya menyerupai nasi bakar yang dibungkus daun pisang.

Di bagian dalamnya kemudian diisi dengan daging ikan cakalang suwir dan kelapa parut. Rasanya gurih, pedas dengan aroma wangi daun pisang.

Makanan ini dapat dengan mudah ditemukan di di Sulawesi Barat, khususnya di daerah Polewali Mandar dan Majene.

12. Ayam Bumbu Paniki

Ayam Bumbu Paniki merupakan resep makanan khas Sulawesi Barat. Bahan dasarnya adalah daging ayam.

Masakan bumbu paniki biasanya identik dengan masakan berbahan dasar daging kelelawar. Namun di Sulawesi Barat yang digunakan daging ayam sehingga disebut ayam bumbu paniki.

Sepintas makanan Ayam Bumbu Paniki mirip dengan masakan opor ayam. Hanya saja, bahan-bahan yang digunakan berbeda dengan bahan yang digunakan pada opor ayam.

13. Lokasari

LokasariLokasari Foto: Dok. LIPI

Kue Lokasari termasuk kue tradisional khas Mandar yang juga dikenal dengan nama Loka Anjoroi. Bahan utamanya adalah pisang kemudian diberi santan kental.

Kue Lokasari biasanya dihidangkan di setiap perayaan tradisional seperti pernikahan, aqiqah dan perayaan lainnya. Bahkan kue ini biasa disajikan di pesta 17 Agustus-an.

14. Nasi Berenang

Nasi Berenang khas Sulawesi BaratNasi Berenang khas Sulawesi Barat Foto: Dok. LIPI

Kuliner unik lainya yang ada di Sulawesi Barat adalah Nasi Berenang. Olahan makanan ini hanya bisa ditemukan di Kabupaten Polewali Mandar.

Nasi Berenang tidak jauh berbeda dengan menu nasi soto dari Jawa. Bedanya adalah cara penyajiannya, yakni nasi dalam mangkuk diberi beragam isian lalu disiram kaldu panas sehingga nasi terlihat seperti berenang.

Isinya berupa suwiran daging ayam, mie, irisan kol, dan tauge. Kemudian diberi topping irisan daun bawang, daun seledri, kacang tanah goreng dan bawang goreng.

15. Penja

Olahan penja adalah salah satu makanan khas suku Mandar yang ditumis. Berbahan dasar penja dengan cita rasa pedas dan gurih.

Penja tumis biasanya disantap dengan nasi putih yang masih hangat. Olahan makan ini termasuk menu rumahan yang sangat digemari masyarakat suku Mandar.

Penja sendiri merupakan salah satu ikan khas yang terdapat di perairan Sulbar. Ukuran ikan ini sangat kecil sehingga biasa disebut dengan ikan seribu.

Penja tumis dapat menggunakan ikan yang masih basah dan segar. Bisa juga menggunakan ikan yang telah diasinkan atau dikeringkan.

Jika menggunakan ikan yang telah dikeringkan tentunya tekstur penja tumis akan lebih krispi dan renyah.

16. Ikan Terbang Asap

Olahan Ikan Terbang Asap menjadi kuliner khas Sulawesi Barat yang wajib dicicip. Olahan ikan ini hanya bisa ditemukan di Desa Somba, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene.

Kuliner ini unik karena cara memasak ikan terbang yang khas yaitu melalui pengasapan. Ikan terbang akan matang akibat panas yang timbul dari proses pengasapan.

Sebelum diasapi, ikan terbang terlebih dahulu direndam di air garam. Setelah itu ikan baru di asapi di atas rak pengasapan hingga berwarna kecoklatan.

Setelah matang, ikan terbang atau orang Mandar menyebutnya ikan tuing-tuing biasanya disajikan menggunakan sambal tomat.

17. Doda'

Makanan khas lainnya yang berbahan baku utama beras adalah Doda'. Makanan ini sering kali dibuat oleh kepercayaan Aluk Todolo untuk persembahan bagi para dewa mereka.

Doda merupakan makanan khas daera Mamasa yang paling diminati. Pasalnya, makanan tersebut memiliki aroma dan rasa yang khas.

Beras adalah bahan baku utama yang digunakan dalam membuat Doda'. Berasnya dicuci kemudian dimasukkan ke dalam bambu muda lalu dimasak dengan cara dibakar.

18. Letto

Makanan khas Sulawesi Barat berikutnya adalah Letto. Makanan ini dapat dijumpai di daerah Pasangkayu.

Letto ini serupa dengan kalumpang, bedanya ada pada pengolahannya. Orang Pasangkayu mengolah letto dengan cara dipanggang.

Makanan khas tersebut berbahan baku tepung sagu. Dan bisa disajikan dengan lauk pauk yang ada.

19. Loka Anjoroi

Loka Anjoroi dapat dijumpai di Mandar, Sulawesi Barat. Makanan tersebut merupakan warisan dari nenek moyangnya sejak dahulu.

Makanan khas dari Mandar ini dibuat dengan mencampurkan santan dengan pisang yang telah direbus. Kemudian dimasak dengan cara dikukus.

Loka Anjoroi biasanya dihidangkan di waktu pukul 9 sampai 10 pagi hari. Dan akan lebih nikmat jika dihidangkan bersama teh manis.

20. Selada Udang Mandar

Selada Udang Mandar merupakan jenis makanan lauk pauk yang biasanya dihidangkan dengan nasi. Bahan dasarnya adalah udang.

Bahan-bahan yang digunakan dalam masakan tersebut tentu berbeda dengan udang lainnya. Orang Mandar biasanya mengolah makanan ini dengan cara direbus.

Meskipun makanan tersebut bisa menambah nafsu makan. Namun, makanan khas Sulawesi Barat ini tidak direkomendasikan untuk orang yang rentan dengan penyakit kolesterol dan alergi.



Simak Video "Pencuri HP Ngamuk Pakai Badik Saat Kepergok, Berujung Tewas Dikeroyok"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/hsr)