Rahasia Konro Karebosi yang Legendaris, Eksis 50 Tahun Meski Cuma Punya 2 Menu

Rahasia Konro Karebosi yang Legendaris, Eksis 50 Tahun Meski Cuma Punya 2 Menu

Tim detikSulsel - detikSulsel
Senin, 28 Nov 2022 08:35 WIB
Menu sop konro dan konro bakar di warung makan Konro Karebosi.
Foto: Al Khoriah/detikSulsel
Makassar -

Warung Konro Karebosi menjadi salah satu rumah makan legendaris di Kota Makassar. Warung ini hanya menyediakan dua menu, yakni sop konro dan konro bakar.

Kendati hanya menjual dua menu, warung makan ini mampu bertahan hingga 50 tahun lebih sejak berdiri pada tahun 1968. Konro Karebosi bahkan masih eksis dan selalu ramai pengunjung.

Pengelola Konro Karebosi, Irma mengatakan warung makan tersebut didirikan oleh ayah mertuanya, H. Hanaping yang juga meracik sajian konro tersebut. Menurut Irma, Konro Karebosi masih eksis hingga kini karena konsisten mempertahankan rasa.


"Kalau rempahnya segala macam itu masih dipegang sama anaknya, masih anaknya semua yang pegang, yang meracik itu masih anaknya, jadi masih konsisten rasanya," jelas Irma kepada detikSulsel, Kamis (24/11/2022).

Sehingga cita rasanya yang sangat khas tetap cocok dengan lidah masyarakat. Selain itu, racikan rempah dan bumbu dalam proses pengolahannya juga masih konsisten.

"Yang pertama, mungkin belum banyak yang jualan seperti itu. Terus yang kedua, ya memang cita rasanya cocok dengan lidah kita. Terus racikannya itu yang konsisten, yang tidak berubah," jelas Irma.

Irma menjelaskan setelah H. Hanaping meninggal, usaha konro ini kemudian diwariskan beserta resep asli olahan konro kepada anak-anaknya. Kini mereka meneruskan usaha tersebut.

"Yang mengelola sekarang itu generasi kedua ketiga. Karena mungkin ada beberapa anaknya Bapak yang punya pekerjaan lain, jadi mungkin tidak terlibat secara langsung ke warung. Terus sekarang juga ada beberapa generasi ketiga yang ikut terlibat," jelas Irma.

Punya Cabang di Jakarta

Lebih lanjut, Irma menjelaskan saat ini Sop Konro Karebosi sudah memiliki cabang di luar Makassar, tepatnya di Jakarta. Di Jakarta, ada dua cabang, yaitu di Summarecon Mall Bekasi dan Mall Kelapa Gading.

"Kalau daerah cuma cabang masih di Jakarta. Ada dua sih kalau di Jakarta, Bekasi di Summarecon Mall Bekasi, sama Mall Kelapa Gading," ungkap Irma.

Namun, berbeda dengan Konro Karebosi di Makassar yang fokus menjual dua sajian konro, di Jakarta warung makan ini menjual makanan khas Sulsel lainnya seperti coto Makassar dan sop saudara.

"Kalau di Jakarta saya lebih variatif. Mungkin karena kita membawa nama Makassar, jadi lebih variatif menunya. Kalau di Makassar kita spesifiknya itu ke Sop Konro to' sama Konro Bakar," jelasnya.

Berawal dari Warung Pinggiran

Irma menjelaskan, pada awal didirikan lokasi Konro Karebosi berada di daerah Pasar Kalimbu, Veteran. Kemudian, warung Konro ini pindah di daerah pinggiran Karebosi.

Warung Konro tersebut pada mulanya hanya berupa warung, dan bukan bangunan permanen.

"Pertama sebenarnya itu, dulu di daerah Pasar Kalimbu, yang di daerah veteran sana, yang kalau pagi-pagi biasanya rame. Terus kemudian ke daerah pinggiran Karebosi, makanya namanya kan sop konro karebosi. Dari situ mungkin mulai bisa dikenal banyak orang," jelas Irma.

Setelah usaha warung konro yang dirintis H. Hanaping ini semakin berkembang, akhirnya pada tahun 70-an pemilik memutuskan pindah ke daerah Lompobattang yang merupakan lokasi warung Konro Karebosi saat ini. Di lokasi tersebut, warung ini menempati bangunan ruko permanen dua lantai.

"Mulai pindah ke situ (tempat yang sekarang) itu sekitar tahun 70-an," ungkap Irma.

Habiskan 175 Kg Iga per Hari

Masih eksis hingga menjadi incaran warga Makassar hingga wisatawan membuat warung ini bisa menghabiskan antara 150 kg sampai dengan 175 kg bahan baku iga per harinya. Bahkan bahan baku yang dihabiskan akan lebih banyak jika ada event besar atau acara nasional yang diselenggarakan di Kota Makassar.

"Per Hari sih rata-rata antara 150-175 (kilogram)," ungkap Irma.

"Tergantung misalnya kalau ada event di kota Makassar, biasanya rame, kalau ada event atau acara nasional yang dipusatkan di Makassar. Tapi kalau tidak ada acara, ya standar-standar saja," imbuhnya.

Diketahui Konro Karebosi merupakan salah satu warung Konro yang sering dikunjungi wisatawan, pejabat, hingga para artis saat bertandang ke Makassar. Tidak heran jika bahan baku yang dihabiskan mencapai ratusan kilogram.



Simak Video "Kreasi Unik Konro Goreng yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/hsr)