Warung Konro Karebosi Makassar Bisa Habiskan 175 Kg Iga Per Hari

Warung Konro Karebosi Makassar Bisa Habiskan 175 Kg Iga Per Hari

Urwatul Wutsqaa - detikSulsel
Minggu, 27 Nov 2022 19:40 WIB
Menu sop konro dan konro bakar di warung makan Konro Karebosi.
Foto: Al Khoriah/detikSulsel
Makassar -

Sop konro menjadi sajian yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Kota Makassar. Banyak warung makan yang menjajakan makanan khas Makassar ini, salah satu yang terkenal adalah Konro Karebosi.

Warung makan Konro Karebosi terkenal di kalangan pelancong yang berkunjung ke Makassar. Konro Karebosi menjadi salah satu tempat makan yang legendaris di Makassar, berdiri sejak tahun 1986.

Warung makan ini hanya menyediakan menu konro, yakni sop konro dan konro bakar. Pengunjung tempat makan ini juga tidak pernah sepi.


Pengelola Konro Karebosi, Irma mengungkapkan, warung ini bisa menghabiskan antara 150 kg sampai dengan 175 kg bahan baku iga per harinya.

"Per Hari sih rata-rata antara 150-175 (kilogram)," ungkap Irma.

Irma menambahkan, jumlah bahan baku yang dihabiskan warung ini per harinya sebenarnya tidak begitu menentu. Biasanya, bahan baku yang dihabiskan akan lebih banyak jika ada event besar atau acara nasional yang diselenggarakan di Kota Makassar.

"Tergantung misalnya kalau ada event di kota Makassar, biasanya rame, kalau ada event atau acara nasional yang dipusatkan di Makassar. Tapi kalau tidak ada acara, ya standar-standar saja," jelasnya.

Warung Sop Konro Karebosi merupakan salah satu warung Konro yang sering dikunjungi wisatawan, pejabat, hingga para artis saat bertandang ke Makassar. Cita rasa konro yang nikmat menjadikan Konro Karebosi tetap digemari hingga saat ini.

Irma mengatakan, soal rasa pihaknya masih mempertahankan resep warisan. Sehingga cita rasa olahan konro di warung Konro tetap konsisten hingga saat ini.

"Karena itu kan kalau rempahnya segala macam itu masih dipegang sama anaknya, masih anaknya semua yang pegang, yang meracik itu masih anaknya, jadi masih konsisten rasanya," sambungnya.

Untuk mencicipi nikmatnya Konro Karebosi, pengunjung bisa datang langsung ke warung Konro Karebosi yang berlokasi di Jalan Gunung Lompobattang No.41-43, Pisang Utara, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 Wita pagi hingga pukul 22.00 Wita.

"Menunya kan cuman ada dua, ada sop konro sama konro bakar. Sop konro itu 65 (ribu rupiah), itu sudah dengan kuah dengan iganya," kata Irma.

"Kalau yang bakar itu harganya 67 (ribu rupiah) per porsi, itu iganya dikasih bumbu oles, dibakar, terus pada saat planting itu dikasih bumbu kacang di atasnya, terus dapat ekstra kuah juga untuk konro bakarnya," jelasnya.

Irma mengatakan, selain makan langsung di tempat, tak jarang pengunjung juga memesan untuk dibawa pulang. Biasanya, ini dilakukan oleh pengunjung dari luar daerah di sekitar Kota Makassar.

Selain itu, ada juga pelanggan yang melakukan pembelian secara online. Meskipun warung ini tidak menjalin kemitraan dengan penyedia antar makanan, Irma mengatakan pembeli biasanya memesan secara online dengan sistem jasa titip (titip).

"Sekarang kan, biarpun kita tidak jadi mitra, tetapi biasanya kan orang tetap dia jastip. Sekarang kan tidak dibatasi kita harus mitra, jadi biasa datang saja mereka di situ," ungkapnya.

Dia pun mengaku pembelian yang dilakukan secara online di warung Konro Karebosi ini cukup ramai.

"Pembelian online lumayan (ramai)," kata Irma.



Simak Video "Kreasi Unik Konro Goreng yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/asm)