Melahap Habis Sop Konro Legendaris di Makassar yang Empuk dan Gurih

Melahap Habis Sop Konro Legendaris di Makassar yang Empuk dan Gurih

Rasmilawanti Rustam - detikSulsel
Minggu, 27 Nov 2022 12:55 WIB
Menu sop konro dan konro bakar di warung makan Konro Karebosi.
Menu sop konro dan konro bakar di warung makan Konro Karebosi. (Foto: Al Khoriah/detikSulsel)
Makassar -

Sop konro merupakan salah satu makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ada banyak warung makan sop konro yang tersedia di Kota Daeng ini, salah satunya Konro Karebosi.

Warung makan Konro Karebosi paling terkenal di kalangan wisatawan yang bertandang ke Makassar. Pasalnya, Konro Karebosi merupakan warung makan legendaris yang berdiri sejak 1968 dan khusus menyediakan menu konro saja.

Lokasi Warung Konro Karebosi berada di Jalan Gunung Lompobattang No.41-43, Pisang Utara, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Warung makan ini mulai buka pada pukul 10.30 Wita hingga pukul 22.30 Wita dan selalu ramai pengunjung.


Konro Karebosi memiliki sejarah panjang. Warung makan ini didirikan oleh H. Hanaping yang bermula dari warung pinggiran di Lapangan Karebosi. Sekitar tahun 70-an H. Hanaping memindahkan lokasi berjualannya ke ruko di Jalan Gunung Lompobattang.

Meski kini dikelola oleh generasi kedua, Konro Makassar terus menjaga resep dan cita rasa sejak awal dirintis. Hanya ada 2 menu yang ditawarkan yaitu sop konro dan konro bakar.

Dua menu konro ini tersaji cepat, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk menyantapnya. Tampilannya menggugah selera karena memperlihatkan potongan iga sapi yang besar.

Tim detikSulsel pun turut mencoba mencicipi sop konro dan konro bakar dari Konro Karebosi ini.

Sop Konro

Menu sop konro dan konro bakar di warung makan Konro Karebosi.Sop Konro (Foto: Al Khoriah/detikSulsel)

Sop konro disajikan dengan kuah berwarna cokelat cenderung hitam. Kuah sop konro ini dibuat dari kluwak dengan paduan rempah yang menghadirkan rasa gurih dan enak.

Sop konro disajikan dengan dua ruas iga yang cukup besar. Daging yang melekat pada iga lembut karena daging dimasak bersama kuah kaldu.

Untuk pelengkap, Konro Karebosi menyediakan perasan jeruk nipis, kecap manis, dan sambal khas berwarna merah oranye di meja. Setelah diracik dengan bahan pelengkap rasa kuah sop konro jadi sempurna.

Kuah sop yang masih panas serta daging yang empuk sangat nikmat disantap dengan sepiring nasi. Namun, di Konro Karebosi nasi dibeli terpisah.

Untuk satu porsi sop konro pengunjung cukup membayar Rp 60.000, sementara sepiring nasi seharga Rp 6.000. Maka untuk menikmati sop konro ini pengunjung cukup membayar Rp 66.000.

Selain itu, ada berbagai pilihan minuman yang dapat dipesan untuk mendampingi menu utama sop konro.

Konro Bakar

Menu sop konro dan konro bakar di warung makan Konro Karebosi.Konro bakar. (Foto: Al Khoriah/detikSulsel)

Konro bakar disajikan dengan bersama limpahan saus kacang. Konro Bakar juga disajikan dengan semangkuk kuah sop.

Satu porsi konro bakar berisi dua ruas iga yang cukup besar. Konro bakar beraroma smoky khas daging panggang.

Bagian luarnya agak garing sedangkan dalamnya super lembut. Dikoyak sedikit pakai garpu, daging iga langsung terlepas dari tulang. Rasa gurih dari saus kacangnya pas, tidak terlalu pekat.

Untuk kuah sop tidak jauh berbeda dengan sop konro. Hanya saja disajikan polos tanpa isian dengan diberikan taburan seledri dan bawang goreng sebagai penambah cita rasa.

Kuah sop terlebih dulu diracik menggunakan perasan jeruk nipis, kecap manis, dan sambal khas. Bagi pecinta pedas, sambal khas Konro Karebosi juga dapat dicampurkan pada saus kacang agar mendapatkan rasa yang lebih mantap.

Untuk menikmatinya, konro bakar ini dibanderol dengan harga Rp 61.000. Serta didampingi satu piring nasi seharga Rp 6.000.



Simak Video "Kreasi Unik Konro Goreng yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/hmw)