13 Makanan Khas Balikpapan yang Menggugah Selera, Wajib Coba!

13 Makanan Khas Balikpapan yang Menggugah Selera, Wajib Coba!

Edward Ridwan - detikSulsel
Rabu, 16 Nov 2022 02:38 WIB
Makanan Khas Pontianak
Chai Kue, Makanan Khas Pontianak, (Foto: Universitas Muhammadiyah Malang)
Makassar -

Makanan khas Balikpapan menjadi salah satu daftar wisata kuliner yang wajib untuk dicoba. Terdapat berbagai aneka olahan makanan hingga kudapan lezat yang bisa menggugah selera makan.

Balikpapan dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Pulau Kalimantan. Dengan luas wilayahnya mencapai 843,48 kilometer persegi, Balikpapan tumbuh menjadi salah satu kota yang maju dengan berbagai daya tarik.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Balikpapan, pada tahun 2015 jumlah penduduk di Kota Balikpapan mencapai 706.414 jiwa. Pesatnya jumlah pendatang di kota "minyak" ini pun menjadikannya kian beragam.


Selain itu, Balikpapan juga menjadi salah satu kota MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) di Indonesia. Setiap tahunnya berbagai kegiatan pameran, pertemuan, konferensi dengan skala nasional hingga internasional digelar di Balikpapan.

Kuliner Khas Balikpapan

Dari segi kuliner, Balikpapan terkenal dengan berbagai olahan seafoodnya. Terutama sajian kepiting Balikpapan yang begitu menggoda selera.

Di kota ini, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai restoran dan warung makan yang menyediakan menu kepiting. Namun tak hanya itu, selain olahan seafood terdapat berbagai Makanan Khas Balikpapan lainnya yang juga menarik untuk dicoba. Berikut ini berbagai rekomendasi kuliner Balikpapan dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber;

1. Nasi Bakar Seafood

nasi bakarnasi bakar Foto: Istimewa

Balikpapan begitu terkenal dengan berbagai olahan seafoodnya. Salah satu makanan khas Balikpapan yang direkomendasikan adalah nasi bakar seafood khas Balikpapan.

Nasi bakar seafood adalah olahan nasi dengan berbagai isian seafood di dalamnya seperti kepiting, udang, dan ikan. Selain rasanya nikmat, aromanya pun begitu harum karena dibakar.

2. Kepiting Kenari

kepiting Balikpapankepiting Balikpapan Foto: detikFood

Mampir ke Balikpapan tentu belum lengkap jika belum mencicipi olahan kepiting. Salah satu olahan kepiting yang direkomendasikan adalah kepiting kenari.

Kepiting kenari ini adalah jenis kepiting laut yang memakan buah kelapa segar. Hal inilah yang konon membuat daging kepiting kenari lebih manis dan enak.

Untuk menikmati kepiting kenari ini pun tidak sulit. Salah satu resto yang menyajikan kepiting kenari ini adalah Restoran Kenari yang berada di Jl. Marsma Iswahyudi No. 4, Balikpapan.

Adapun olahan kepiting kenari ini sendiri bisa berupa kepiting rebus, lada hitam, saus padang, saus tiram dan lain sebagainya. Selain dimakan di tempat, kepiting ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

3. Amplang

Dari Banjarmasin? Bawa Amplang hingga Rabuk Ikan Buat Buah TanganAmplang (Foto: Istimewa)

Amplang adalah salah satu penganan khas Balikpapan yang kerap jadi oleh-oleh. Makanan ini menyerupai kerupuk yang garing.

Amplang biasanya dibuat dari bahan dasar ikan, seperti ikan tenggiri atau ikan gabus. Agar kian menarik, saat ini Amplang sudah dibuat dalam berbagai varian rasa seperti barbeque, lada hitam, ayam bawang dan lain sebagainya.

4. Roti Mantau

Singapore Chilli Crab Enak Dicocol dengan Mantau GorengMantau Goreng (Foto: detikfood)

Roti mantau adalah makanan khas Balikpapan yang berupa roti menyerupai bakpao. Bedanya roti ini tidak memiliki isian apa-apa sebagaimana roti pada umumnya.

Roti mantau hanya berupa roti murni yang terbuat dari tepung terigu, air, gula, susu dan ragi. Cara menghidangkannya pun berbeda dari roti pada umumnya.

Jika pada umumnya roti dibuat dengan cara dipanggang. Maka roti mantau ini sajikan dengan cara digoreng. Adapun rasanya, roti ini bercita rasa gurih dan sedikit manis.

Makanan ini biasanya dinikmati dengan saus balado ataupun lada hitam. Bahkan tak jarang juga dinikmati dengan daging kambing ataupun sapi.

5. Pisang Gapit

Resep Pisang Gapit Saus DurianPisang Gapit Saus Durian (Foto: Dok. Lindayani)

Pisang gapit adalah salah satu makanan khas Balikpapan yang wajib untuk dicoba. Sesuai namanya, pisang ini dimasak dengan cara dijepit menggunakan kayu kemudian dibakar dengan arang.

Untuk menikmatinya pisang gapit ini kemudian disirami dengan saus manis yang terbuat dari gula merah, santan dan potongan buah nangka yang segar. Rasanya pun begitu nikmat dan gurih menyatu di dalam mulut.

6. Bubur Gunting

Makanan khas Balikpapan selanjutnya adalah bubur gunting. Ini adalah kuliner olahan dari tepung ketan yang dicampur dengan air daun suji, garam, dan air kapur sirih.

Setelah jadi, adonan tersebut kemudian digunting-gunting untuk selanjutnya dimasak dengan kuah santan dan gula merah. Cita rasa bubur ini pun kian nikmat saat disantap dalam keadaan hangat.

7. Bingka Kentang

kue bingkaKue Bingka (Foto: shutterstock)

Selain seafood, Balikpapan juga identik dengan kuliner bingka. Bingka adalah kudapan tradisional banjar yang terbuat dari tepung dan berbentuk bunga.

Di Balikpapan, terdapat salah satu jenis bingka yang cukup populer, yakni Bingka Kentang.

Sesuai namanya, bingka ini terbuat dari bahan dasar kentang. Selain original, ada berbagai macam varian rasa dari bingka kentang ini seperti keju, pandan, gula merah, dan cokelat.

Cita rasa dari bingka ini cenderung manis. Selain itu aromanya pun begitu harum karena dimasak dengan arang. Pada umumnya orang-orang membeli bingka ini untuk dijadikan oleh-oleh.

8. Abon Kepiting

Rousong or beef floss on wood background.Abon Kepiting Foto: iStock

Selain dalam bentuk olahan menu masakan, kepiting di Balikpapan juga bisa dinikmati dalam bentuk abon. Jika pada umumnya abon terbuat dari daging sapi atau ayam, maka di Balikpapan kamu bisa mencoba abon kepiting.

Berbeda dengan abon pada umumnya, abon kepiting memiliki tekstur yang lebih lembut. Rasanya pun jauh lebih gurih daripada abon lainnya.

Abon kepiting juga banyak dijadikan sebagai oleh-oleh karena ketahanannya. Abon ini pun sangat cocok dijadikan sebagai lauk pendamping nasi.

9. Peyek Kepiting

Supir Truk Ini Jadi Miliarder Berkat Bisnis Peyek Modal Rp 100 RibuPeyek Kepiting Foto: YouTube Rico Huang

Selain abon kepiting, makanan khas Balikpapan yang juga berbahan dasar kepiting adalah peyek. Peyek kepiting ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih.

Rasa kepiting yang ada di dalamnya pun akan sangat terasa begitu mendarat di dalam mulut. Bentuknya pun sengaja dibuat kecil-kecil, jadi bisa langsung sekali makan.

Oleh para wisatawan, peyek kepiting ini juga banyak dijadikan makanan oleh-oleh jika berkunjung di Balikpapan. Selain itu, untuk membeli peyek kepiting ini pun sangat mudah, pasalnya sudah banyak tersedia di berbagai marketplace online.

10. Onde-Onde Ubi Ungu

Selanjutnya ada makanan khas Balikpapan yaitu onde-onde ubi ungu. Sesuai namanya, jenis onde-onde ini terbuat dari bahan utama ubi ungu.

Adapun varian rasa onde-onde ini tak hanya original semata. Terdapat berbagai varian rasa lain seperti kacang hijau dan cokelat. Rasanya pun begitu manis dan legit.

Onde-onde ini juga bisa dijadikan oleh-oleh. Namun harus memperhatikan masa konsumsinya karena onde-onde ini tidak bisa bertahan lama.

11. Keripik Iron

Keripik Iron terbuat dari bahan dasar singkong yang renyah dan gurih. Keripik ini menjadi salah satu kuliner Balikpapan yang direkomendasikan untuk dicoba.

Keripik ini juga banyak dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh lantaran cukup tahan lama. Dari segi rasa, keripik ini juga tak kalah dengan camilan lainnya.

Keripik dengan harga yang terjangkau ini juga bisa didapatkan dalam beberapa rasa. Seperti rasa original, pedas, hingga balado.

12. Bolu Gulung Jenebora

Rekomendasi makanan khas Balikpapan yang juga bisa dicoba selanjutnya adalah bolu gulung jenebora. Camilan ini cocok menjadi oleh-oleh saat berkunjung ke Balikpapan.

Gulung jenebora sendiri merupakan pusat oleh-oleh yang ada di Kota Balikpapan. Terdapat beberapa outlet yang bisa dikunjungi seperti di Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Soekarno-Hatta, Jl. Brigjen Ery Suparjan, hingga di Bandara Balikpapan.

13. Kue Lidah Sapi

Rekomendasi makanan khas Balikpapan yang terakhir ada kue lidah sapi. Meskipun namanya aneh, namun bukan berarti kue ini terbuat dari lidah sapi.

Dinamai demikian karena memang bentuknya sekilas seperti ilat atau lidah sapi. Namun kue ini adalah roti yang terbuat dari tepung, gula merah, dan telur. Rasanya manis dan legit.



Simak Video "Lezat Nikmat Abon Kepiting, Oleh-oleh Khas Kota Balikpapan"
[Gambas:Video 20detik]
(edr/asm)