Bahan Baku Langka, Pedagang Tiram Bakar di Barru Harus Berburu ke Pangkep

Bahan Baku Langka, Pedagang Tiram Bakar di Barru Harus Berburu ke Pangkep

Muchlis Abduh - detikSulsel
Sabtu, 29 Okt 2022 20:35 WIB
Tiram Bakar Barru
Foto: Muhclis Abduh/detikSulsel
Makassar -

Pedagang tiram bakar di Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengaku kesulitan mendapatkan tiram yang semakin langka. Para pedagang bahkan harus berburu hingga ke Kabupaten Pangkep untuk mencari tiram.

Seorang pedagang tiram bakar khas Barru, Umar mengatakan dulunya tiram bisa ditemukan dengan mudah di Kampung Lajari, Kelurahan Coppo, Kabupaten Barru. Terdapat sebuah sungai di yang dekat dari pemukiman warga yang penuh dengan tiram.

"Dulu di situ ji sungai langsung ambil tiram. Gampang didapat," kata Umar sembari menunjuk sungai di dekat rumahnya saat berbincang dengan detikSulsel, Sabtu (22/10/2022).


"Kalau sekarang hampir nda ada mi di itu sungai," sambungnya.

Seiring berjalannya waktu, populasi tiram di wilayah tersebut menjadi semakin sedikit. Di sisi lain, para pedagang tiram bakar juga tidak membudidayakan tiram sehingga semakin sulit memperoleh bahan baku.

Sebagai solusinya, para pedagang harus berburu tiram hingga ke Kabupaten Pangkep. Mereka mengaku tiram dengan ukuran yang bagus kini semakin sulit didapatkan di Barru.

Berburu tiram juga bukan pekerjaan mudah karena tiram hidup dengan menempel di bebatuan dan bentuknya mirip dengan batu karang. Terlebih jika kondisi air laut sedang tinggi, pemburu tiram akan sulit menemukan tiram.

"Harus terbiasa mengenali karena bentuknya keras mirip batu karang," jelasnya.

Karena berburu tiram cukup sulit, Umar mengaku sesekali harus membelinya pada pedagang lain yang menjual tiram hasil buruan mereka. Jika memakai metode ini, tentunya keuntungan yang ia dapat menjadi berkurang.

"Saya beli itu Rp 20 ribu per satu tempat kecil kemudian dijual Rp 25 ribu jadi tiram bakar," ungkapnya.

Dalam sehari, Umar bisa menjual hingga belasan keranjang tiram bakar. Saat akhir pekan, dagangannya lebih ramai karena banyak pengunjung yang datang dari luar daerah.



Simak Video "Keseruan Menangkap Ikan di Sungai Indramayu Jawa Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(urw/hmw)