13 Makanan Khas Maluku yang Kaya Rasa dan Rempah

Maluku

13 Makanan Khas Maluku yang Kaya Rasa dan Rempah

Edward Ridwan - detikSulsel
Jumat, 21 Okt 2022 04:00 WIB
Resep Lalampa
Foto: iStock
Makassar -

Sejak lama Maluku dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah utama di Nusantara. Karena itu, tak heran jika makanan-makanan khas Maluku memiliki cita rasa yang tinggi.

Sejarah mencatat, Maluku dulunya menjadi pusat perdagangan dan penghasil cengkeh, pala, dan lada di dunia tepatnya di Kepulauan Banda. Pada masa kolonial Belanda, wilayah ini bahkan diperebutkan oleh Belanda, Portugis, dan Inggris.

Selain kekayaan rempahnya, tanah Maluku juga dianugerahi dengan hamparan pemandangan alam yang mempesona. Mulai dari pantai, gunung, hingga dunia bawah lautnya selalu menjadi incaran para wisatawan.


Adapun makanan khas Maluku juga punya cita rasa yang tinggi. Maka berkunjung ke Maluku tak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner setempatnya.

Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Maluku yang wajib untuk dicoba sebagaimana dirangkum detikSulsel;

1. Sagu Papeda

Selain terkenal di Papua, sagu papeda juga merupakan salah satu makanan khas daerah Maluku. Bagi Warga Maluku, sagu biasanya dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Sagu papeda adalah makanan yang terbuat dari tepung sagu yang dimasak hingga kental. Teksturnya lengket menyerupai lem dan rasanya tawar.

Untuk itu biasanya papeda ini disantap dengan ikan kuah kuning atau bisa juga disandingkan dengan sayur ganemo dari daun melinjo muda.

Selain rasanya yang khas, proses menikmati sagu juga terbilang unik. Untuk menyantapnya, harus menggunakan alat khusus seperti sumpit yang terbuat dari bambu. Papeda yang telah diangkat, digulung-gulung menggunakan alat ini lalu dimasukkan ke mulut.

Dari segi kesehatan, papeda termasuk makanan yang kaya serat, rendah kolesterol, dan memiliki nutrisi yang tinggi. Jadi tidak ada ruginya menyantap makanan satu ini.

2. Nasi Lapola

Nasi lapola adalah salah satu makanan khas Maluku yang lezat dan bergizi. Makanan ini terbuat dari bahan dasar beras, kacang tolo, dan parutan kelapa.

Rasa gurih dari nasi lapola ini dijamin mampu memanjakan lidah penikmatnya. Belum lagi wangi khas dari daun jeruk dan sereh akan semakin menambah selerah.

Tambahan kacang tolo di dalam nasi ini juga membuat sensasi makan kian nikmat. Seporsi nasi lapalo akan membuat santapan Anda begitu berkesan.

3. Sambal Colo-colo

Selain makanan utama, Maluku juga punya olahan sambal yang khas. Namanya sambal colo-colo.

Sambal ini dibuat dari irisan tomat muda, cabai rawit, bawang merah, dan berbagai rempah lainnya. Selanjutnya sambal colo-colo dicucuri dengan jeruk nipis dan ditambahkan daun kemangi yang wangi.

Rasa pedas nan segar seketika membanjiri mulut saat mencobanya.

Biasanya, sambal colo-colo ini adalah makanan pelengkap yang wajib ada di setiap aktivitas kuliner warga Maluku. Sambal ini sangat cocok dinikmati dengan ikan bakar dan nasi panas.

3. Makanan Khas Maluku, Lalampa

Kalau di daerah lain ada lemper, maka di daerah Maluku ada makanan serupa namun cenderung berbeda. Namanya adalah lalampa. Rasanya lebih gurih dan legit.

Lalampa ini berisi beras ketan yang diisi dengan daging ikan tongkol atau ikan cakalang di dalamnya. Sebelum diolah isian ini ditambahkan berbagai bumbu rempah dan minyak sayur.

Setelah itu barulah dibungkus menggunakan daun pisang dan kemudian dibakar hingga matang. Semua proses ini membuat aroma, bumbu, dan rasa dari lalampa meresap hingga ke bagian dalam.

4. Ikan Kuah Pala Banda

Ikan kuah pala banda adalah salah satu makanan khas Maluku khususnya dari Kepulauan Banda. Dari penampakannya, makanan ini dijamin akan mengundang rasa lapar Anda.

Ikan kuah pala banda adalah masakan yang berbahan dasar ikan dengan kuah sayurnya yang segar. Makanan ini biasanya menggunakan ikan kakap atau kerapu.

Sesuai namanya, bumbu utama dari ikan kuah ini adalah pala yang merupakan rempah utama dari Kepulauan Banda. Selanjutnya ditambahkan dengan bumbu penyedap seperti merica, cabai, garam, dan lain sebagainya.

Rasa dari ikan kuah pala banda ini cenderung pedas dan segar. Namun tekstur dari daging ikannya gurih dan lembut.

5. Ikan Bakar Dabu-dabu

Bagi penggemar ikan bakar, salah satu makanan khas Maluku yang wajib dicoba adalah ikan bakar dabu-dabu. Meskipun dabu-dabu lebih terkenal di Manado, namun Maluku juga punya ikan bakar dabu-dabunya sendiri.

Sensasi sambal dabu-dabu yang pedas akan sangat pas dinikmati dengan ikan bakar ini. Makanan khas ini sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi panas.

6. Gohu Ikan

Kalau di Jepang ada shasimi maka di Maluku ada gohu ikan. Makanan ini sama-sama terbuat dari olahan daging ikan mentah. Dalam bahasa setempat, gohu artinya mengunyah sesuatu yang mentah.

Gohu ikan biasanya dibuat dari daging ikan tuna atau ikan cakalang yang segar. Ikan yang masih mentah ini disajikan dalam potongan kecil serupa dadu.

Selanjutnya untuk menghilangkan bau amis pada ikan, biasanya dikucuri dengan perasan jeruk nipis dan garam. Selanjutnya daging ikan tersebut ditambahkan dengan berbagai bumbu seperti tumisan bawang merah, cabai rawit, dan kenari.

Sensasi rasa gohu ikan ini memiliki cita rasa yang segar, gurih, dan manis. Bercampur dengan kenyal dan lembut dari daging ikan segar.

7. Sagu Gula

Sagu gula adalah jajanan unik khas Maluku. Penganan ini cocok dinikmati pada sore hari bersama dengan segelas teh atau kopi hangat.

Seperti namanya sagu gula adalah makanan yang terbuat dari sagu yang dipadukan dengan gula aren dan kelapa. Bahan tersebut kemudian dibakar di atas tungku hingga berwarna cokelat kekuningan.

Biasanya, penjual jajanan ini juga menambahkan saus cokelat menambah taburan saus cokelat sehingga rasanya makin istimewa.

8. Manisan Pala

Makanan khas Maluku yang juga unik dan menarik untuk dicoba adalah manisan pala. Sebagaimana diketahui, pala adalah salah satu tumbuhan rempah yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku.

Sesuai namanya, manisan pala ini terbuat dari bahan utama buah pala. Buah pala yang segar, diiris tipis-tipis kemudian direndam dengan air garam selama sehari.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa sepat pada buah pala. Setelah itu, barulah kemudian diolah dengan gula agar menjadi manisan.

9. Woku Komo-komo

Sagu memang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Maluku. Salah satu kuliner khas Maluku yang terbuat dari sagu adalah woku komo-komo.

Woku komo-komo dibuat dengan cara bahan dasar sagu dibungkus dengan daun lalu dipanggang hingga matang. Di dalamnya ditambahkan berbagai bumbu khas seperti jahe, serai, dan bawang putih yang ditumis.

10. Makanan Khas Maluku, Sinole

Selain papeda, sagu gula, dan woku komo-komo, ada lagi makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu. Yakni sinone, yaitu olahan sagu dengan parutan kelapa. Ini adalah salah satu makanan khas masyarakat Maluku sebagai pengganti papeda.

Untuk membuat sinole terbilang cukup mudah. Pertama bahan dasar sagu dijemur hingga kering. Selanjutnya sagu yang sudah kering diayak agar menjadi tepung.

Tepung sagu tersebut kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa beserta dengan gula dan garam. Semua bahan itu disangrai hingga matang.

Rasa sinole ini terbilang unik. Perpaduan rasa manis dari gula dengan gurihnya parutan kelapa akan terasa di dalam mulut. Semua menyatu dengan tekstur yang lembut dari tepung sagu.

11. Rujak Natsepa

Selain olahan sagu, Ambon juga punya olahan rujak yang disebut dengan rujak natsepa. Seperti rujak pada umumnya, rujak natsepa juga terdiri dari aneka buah-buahan segar seperti kedondong, mangga, jambu, nanas, dan sebagainya.

Buah-buah itu kemudian dilumuri dengan bumbu kacang yang dicampur dengan gula aren, asam dan garam. Yang menarik dari rujak natsepa ini adalah adanya tambahan ubi jalar di dalamnya. Ubi jalar ini akan menambah cita rasa pada rujak tersebut.

12. Kohu-kohu

Kohu-kohu adalah salah satu makanan khas Maluku yang tampilannya mirip urap sayur. Di dalamnya terdapat berbagai campuran sayuran seperti kangkung, tauge, kacang panjang, kemangi, timun, dan sebagainya.

Yang unik dari kohu-kohu ini adalah adanya tambahan ikan yang menjadi bagian penting dari makanan ini. Ikan tersebut bisa berupa teri basah, tongkol, atau pindang.

Selain rasanya nikmat, makanan ini juga terbilang sangat sehat. Sebab mengandung berbagai sayuran yang kaya akan nutrisi.

13. Kopi Sibu-Sibu

Puas mencoba makanan, selanjutnya ada minuman khas Maluku yang lain daripada yang lain. Minuman khas Maluku ini adalah kopi sibu-sibu.

Kopi sibu-sibu adalah jenis kopi robusta yang harum dan natural. Selanjutnya yang membuat kopi ini berbeda adalah adanya tambahan biji ketapang dan campuran bubuk cengkeh yang ditaburi di atasnya.

Sungguh aroma dan cita rasa kopi ini sangat khas. Apalagi jika dinikmati dengan berbagai kudapan khas Maluku lainnya.



Simak Video "Papeda, Kuliner Tradisional Khas yang Lezat dari Maluku, Ambon"
[Gambas:Video 20detik]
(edr/alk)