Nikmatnya Sensasi Pedas-Gurih Penja Tumis Khas Suku Mandar Sulbar

Sulawesi Barat

Nikmatnya Sensasi Pedas-Gurih Penja Tumis Khas Suku Mandar Sulbar

Abdy Febriady - detikSulsel
Minggu, 18 Sep 2022 19:38 WIB
Penja tumis kuliner khas suku Mandar
Penja tumis khas suku Mandar. (Foto: Abdy Febriady/cemmlibrary.org)
Polman -

Penja tumis merupakan salah satu khas suku Mandar di Sulawesi Barat (Sulbar). Kuliner ini umumnya memiliki cita rasa pedas dan gurih.

Penja tumis cocok disantap dengan nasi putih yang masih hangat. Kuliner ini merupakan salah satu menu rumahan yang sangat digemari masyarakat suku Mandar.

Penja sendiri merupakan salah satu ikan khas yang terdapat di perairan Sulbar. Ukuran ikan ini sangat kecil sehingga biasa disebut dengan ikan seribu.


Penja tumis dapat menggunakan ikan yang masih basah dan segar, bisa juga menggunakan ikan yang telah diasinkan atau dikeringkan. Jika menggunakan ikan yang telah dikeringkan tentunya tekstur penja tumis akan lebih krispi dan renyah.

Salah satu warga Kelurahan Mapilli, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar, Mastura mengatakan olahan penja tumis merupakan salah satu kuliner khas suku Mandar yang menjadi favorit keluarga dan dapat membuat ketagihan saat menyantapnya.

"Pokoknya semua keluarga suka (penja tumis), apalagi kalau disantap bersama nasi hangat pasti tidak ada sisa," kata Mastura kepada wartawan, Minggu (18/9/2022).

Menurutnya, ikan penja memiliki karakter daging yang lembut dan juga terasa gurih. Itu sebabnya, ikan jenis ini dapat dimasak dalam berbagai jenis olahan.

"Selain ditumis, bisa juga di pepes, digoreng seperti perkedel hingga dijadikan sayur, tergantung selera," ungkap Mastura.

Ikan penja yang telah dikeringkan, biasanya menjadi buah tangan khas dari Sulbar. Jika musim ikan penja dijual seharga Rp 10 ribu per liter. Namun terkadang harga ikan ini melambung tinggi mencapai Rp 50 ribu per liter.

"Supaya tahan lama, biasanya ikan penja kita asingkan baru dijemur, setelah itu bisa juga diolah sesuai selera. Terkadang digoreng biasa sampai kering, karena rasanya renyah, seperti kerupuk, banyak juga yang suka, kadang teman di luar daerah minta dibuatkan sebagai oleh-oleh," kata Mastura.

Cara Membuat Penja Tumis khas Mandar

Mengolah ikan penja dengan cara ditumis sangat mudah. Bahan yang dibutuhkan juga mudah diperoleh.

Adapun bahan-bahan antara lain bawang merah, bawang putih, daun bawang, seledri, tomat, daun jeruk, cabai, penyedap rasa (sesuai selera), dan tentunya ikan penja.

Proses pembuatannya juga cukup mudah. Pertama-tama siapkan bumbu. Aneka rempah yang telah disiapkan diiris dalam potongan kecil kecil, kemudian ditumis menggunakan minyak goreng secukupnya.

Penja tumis kuliner khas suku MandarBumbu penja tumis kuliner khas suku Mandar (Foto: Abdy Febriady/cemmlibrary.org)

Setelah bumbu berubah warna menjadi kecokelatan, ikan penja yang telah dicuci bersih dimasukkan ke dalam wajan, kemudian diaduk secara merata bersama bumbu.

Proses menumis ikan penja bersama bumbu tidak membutuhkan waktu lama. Setelah wangi, itu artinya penja tumis telah matang dan siap untuk dihidangkan.



Simak Video "Potret Pelajar di Sulbar Terobos Lokasi Longsor Demi ke Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/sar)