12 Makanan Khas Gorontalo yang Bikin Ngiler, Wajib Dicoba!

Gorontalo

12 Makanan Khas Gorontalo yang Bikin Ngiler, Wajib Dicoba!

Edward Ridwan - detikSulsel
Senin, 29 Agu 2022 08:45 WIB
kue karawo
Kue Kerawang khas Gorontalo. (Foto: instagram)
Makassar -

Gorontalo memiliki kekayaan kuliner tradisional yang menarik untuk dicicipi, mulai dari makanan berat, kudapan, hingga minuman. Wilayah berjuluk Kota Serambi Madinah ini punya sejumlah kuliner khas yang wajib dicoba bagi wisatawan.

Makanan menggunakan racikan bumbu-bumbu khas Gorontalo menciptakan cita rasa yang dapat menggugah selera. Bahan-bahan dasar kuliner Gorontalo juga berasal dari kekayaan hasil alam.

Jika berkunjung ke Gorontalo akan hampa rasanya jika tidak mencicipi makanan khas nya. Nah, berikut ini 12 makanan khas Gorontalo yang wajib dicoba seperti dihimpun detikSulsel dari berbagai sumber:


1. Binte Biluhuta

Salah satu makanan khas Gorontalo adalah Binte Biluhuta. Binte dalam bahasa Gorontalo artinya Jagung dan biluhuta artinya disiram.

Sehingga Binte Biluhuta memiliki arti makanan berupa jagung yang disiram. Jagung merupakan salah satu hasil alam yang melimpah di Gorontalo, sehingga wajar saja jika makanan khasnya berbahan dasar dari jagung.

Sajian Binte Biluhuta dilengkapi dengan ikan cakalang, udang dan parutan kelapa. Kemudian disiram dengan racikan bumbu khas.

Binte Biluhita memiliki perpaduan 3 rasa yakni, manis dari jagung, asin dan pedas dari racikan bumbu khas Gorontalo.

2. Ayam Iloni

Ayam Iloni bisa dibilang merupakan ayam bakar tradisional khas Gorontalo. Secara tampilan hampir sama dengan sajian ayam bakar pada umumnya.

Namun, secara rasa tentu berbeda. Hal ini karena Ayam Iloni dibumbui dengan berbagai rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, dan rempah lainnya.

Sehingga cita rasa dari Ayam Iloni sangat kaya. Makanan khas Gorontalo ini sangat cocok disantap dengan sepiring nasi putih hangat dan lalapan segar.

3. Ilabulo

Makanan khas Gorontalo lainnya adalah Ilabulo. Makanan ini merupakan sajian khas yang sudah sejak masa kerajaan.

Bahkan, makanan ini dulu dijadikan hidangan utama untuk para raja yang ingin berunding mengenai hal penting. Ilabulo terbuat dari olahan daging ayam, sagu, hati dan telur.

Bahan-bahan tersebut dicampur dengan bumbu-bumbu khas seperti bawang merah, bawang putih, cabe, merica dan jeruk nipis. Adonan Ilabulo kemudian dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar atau dikukus.

4. Bilenthango

Bilenthango adalah makanan khas Gorontalo yang terbuat dari bahan dasar ikan mujair. Namun tidak seperti olahan ikan biasa, cara memasak Bilenthango cukup unik.

Ikan mujair yang telah dibersihkan dibelah dua, kemudian diberikan bumbu-bumbu seperti cabe merah, bawang merah, tomat dan kemiri. Setelah itu saat proses penggorengan, menggunakan daun pisang sebagai alas.

Hal ini dimaksudkan agar mencegah ikan menjadi gosong dan memberikan aroma harum dan rasa lebih sedap pada ikan.

5. Sayur Putungo

Makanan khas Gorontalo lainnya adalah Sayur Putungo. Ini adalah sayur yang terbuat dari bahan utama jantung pisang, ikan, kelapa dan cabai.

Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran milu atau jagung rebus. Sayur Putungo ini menjadi salah satu kuliner Gorontalo yang wajib dicoba. Cita rasa yang pedas, membuatnya digemari berbagai kalangan.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.