8 Kuliner Legendaris Makassar yang Wajib Dicoba

8 Kuliner Legendaris Makassar yang Wajib Dicoba

Urwatul Wutsqaa - detikSulsel
Minggu, 17 Jul 2022 10:55 WIB
beef bone asian food named sup konro.
Sop Konro Makassar (Foto: Getty Images/iStockphoto/erwin_ps)
Makassar -

Kuliner legendaris Makassar sangat beraneka ragam, dari makanan hingga minuman khas. Beragam kuliner ini memiliki cita rasa yang lezat dan dapat membuat ketagihan setelah mencobanya.

Sebagian kuliner legendaris Makassar telah dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan diantaranya telah menjadi ikon kuliner dari Kota Makassar.

Kuliner legendaris Makassar bisa ditemui di hampir seluruh penjuru Kota Makassar. Jika ingin mencicipi kuliner legendaris Makassar, ada beberapa tempat yang menjadi rekomendasi dan sangat populer di kalangan warga Makassar.


Berikut 8 kuliner legendaris Makassar yang telah dirangkum detikSulsel:

1. Coto Makassar

Coto makassar, traditional food of Makassar, South Sulawesi. This food is made from beef offal mixed with beef, seasoned with specially formulated spices. Coto Makassar is usually served with Burasa or Ketupat (rice cakes).Coto Makassar (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti0

Coto Makassar merupakan salah satu kuliner legendaris Makassar yang telah ada sejak masa Kerajaan Gowa. Dulunya kuliner legendaris Makassar ini hanya bisa disajikan kepada para pengawal kerajaan, sekarang kelezatan Coto Makassar bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Kuliner legendaris Makassar yang satu ini dibuat dengan bahan dasar daging dan jeroan sapi yang diolah dengan racikan bumbu khusus. Konon, jumlah rempah yang digunakan untuk kuah Coto Makassar berjumlah 40, sehingga dikenal dengan sebutan 'rampah patang pulo'.

Coto Nusantara merupakan salah satu tempat makan coto legendaris yang terkenal di Kota Makassar. Berlokasi di Jalan Nusantara Nomor 32, restoran ini sudah berdiri sejak 1975 dan menggunakan resep turun temurun yang masih dipertahankan hingga saat ini.

2. Kuliner Legendaris Makassar Pallubasa

Pallubasa khas MakassarPallubasa khas Makassar Foto: detikFood

Pallubasa merupakan kuliner legendaris Makassar yang juga terbuat dari daging sapi. Kuliner yang satu ini juga banyak digemari karena rasanya yang khas dan sangat memanjakan lidah.

Sepintas, kuliner legendaris Makassar ini tampak mirip dengan coto Makassar, namun olahan ini sama sekali berbeda. Kuah Pallubasa memiliki tekstur kuah yang sangat lebih kental dan agak kecoklatan, ciri khas lainnya adalah Pallubasa disajikan dengan tambahan serundeng dan kuning telur.

Pallubasa Serigala merupakan restoran populer yang menyajikan kuliner legendaris Makassar ini. Restoran yang berlokasi di Jalan Serigala, Kecamatan Mamajang.

Pallubasa Serigala ini selalu ramai didatangi pengunjung. Bahkan seringkali menjadi tempat makan favorit para pejabat dan influencer untuk menikmati Pallubasa di Kota Daeng.

Kuliner legendaris Makassar berikutnya ada Konro..



Simak Video "Bikin Laper: Kapurung Khas Makassar yang Segar dan Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]