10 Kue Khas Makassar Wajib Dicoba, Jalangkote hingga Taripang

Kuliner Makassar

10 Kue Khas Makassar Wajib Dicoba, Jalangkote hingga Taripang

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Rabu, 08 Jun 2022 18:09 WIB
Jalangkote
Jalangkote khas Makassar. Foto: Instagram
Makassar -

Kue khas Makassar memiliki varian rasa yang dapat membuat ketagihan. Rasa yang ditawarkan dari manis legit hingga gurih.

Beberapa kue khas Makassar sudah sangat populer. Bahkan di antaranya telah menjadi ikon kuliner Makassar, seperti Jalangkote dan Taripang.

Budayawan Bugis-Makassar dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Firman Saleh menjelaskan sejumlah kue khas Makassar dulunya hanya dihidangkan pada momen tertentu. Sehingga keberadaannya selalu dinanti.


Berbeda dengan kondisi sekarang, kue-kue tersebut kini dapat dijumpai setiap hari, baik di pasar tradisional maupun toko-toko jajanan. Sehingga kue yang dulunya hanya tersaji pada pesta-pesta adat kini menjadi kue jajanan harian masyarakat Makassar.

"Sekarang bukan saja di saat diadakan pesta tradisi atau kegiatan adat istiadat, sekarang sudah menjadi makanan jajanan yang biasa disuguhkan di pagi hari. Seperti barongko, buroncong," ujarnya kepada detikSulsel pada Rabu (8/6/2022).

Firman menambahkan, hampir semua kue khas Makassar terbuat dari tepung beras, pisang, kelapa, dan gula merah. Hal ini karena masyarakat Bugis-Makassar terdahulu membuat kue dari bahan-bahan dari sumber daya alam utama di Sulawesi Selatan, yakni beras, pisang dan kelapa.

"Kue khas yang dimiliki orang Bugis-Makassar adalah makanan yang memang berasal dari sumber daya alam yang utama ada di Sulawesi Selatan, yakni beras, pisang, dan kelapa," tambahnya.

Firman menyebutkan kue khas Makassar yang dikenal saat ini ada sebagian muncul pada masyarakat Bugis-Makassar terdahulu, salah satunya Barongko. Ada pula yang muncul seiring perkembangan sumber daya manusia di suku Bugis-Makassar.

Berikut 10 kue khas Makassar yang dirangkum oleh detikSulsel:

1. Kue Khas Makassar Biji Nangka

Meskipun namanya adalah Biji Nangka, kue khas Makassar ini tidak terbuat dari nangka, melainkan berbahan baku kentang. Disebut biji nangka, karena memiliki warna dan bentuk mirip biji nangka yang masih memiliki dagingnya.

Biji Nangka khas SulselKue biji nangka khas Makassar. Foto: dok. detikSulsel

Kue ini memberikan cita rasa yang cukup unik di lidah. Karena memadukan rasa manis dan gurih.

Kue khas Makassar biji nangka biasanya disajikan pada acara-acara khusus. Baik acara adat ataupun acara-acara besar pemerintahan di Kota Makassar.

2. Kue Khas Makassar Toloba

Kue khas Makassar Toloba memiliki warna kuning telur yang mencolok. Kue Toloba bercita rasa manis legit juga gurih.

Toloba merupakan salah satu kue khas Makassar yang ada sejak zaman kerajaan. Diperkirakan muncul sekitar tahun 1930-an.

Kue khas Makassar Toloba bertekstur lembut dan sedikit kenyal. Aromanya pun sangat menggiurkan dan semakin nikmat dengan rajangan kenari di dalamnya.

3. Kue Baruasa

Kue khas Makassar Baruasa memiliki bentuk menyerupai cookies. Kue ini dikenal sebagai salah satu kue kering tradisional yang lumayan awet untuk disimpan.

Bahan utama kue khas Makassar Baruasa adalah campuran tepung beras, kelapa parut sangrai yang dicampur dengan gula merah. Saat dipanggang, kue akan berwarna coklat serta mengeluarkan aroma khas, tergantung dari jenis gula yang digunakan.

Kue ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Biasanya kue khas Makassar ini biasanya dihadirkan dalam acara adat pesta pernikahan di masyarakat Bugis-Makassar.

4. Cucuru Bayao

Kue khas Makassar Cucuru Bayao berbahan dasar dari telur, gula pasir dan kenari. Bentuknya bulat pipih dan berwarna kuning tua.

Cucuru bayao memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang begitu manis dan gurih. Kue khas Makassar ini memiliki aroma dan rasa telur yang kuat.

Kue tradisional Makassar cucuru bayao biasanya didapati pada acara-acara adat. Salah satunya pesta pernikahan pada suku Bugis-Makassar.

5. Barongko

Resep Barongko Khas MakassarKue barongko khas Makassar Foto: iStock

Barongko merupakan salah satu kue khas Makassar yang telah dikenal secara luas. Kue barongko bahkan disajikan saat tamu penting pemerintahan bertandang ke Makassar.

Kue khas Makassar ini berbahan dasar pisang, telur, dan gula. Dibungkus menggunakan daun pisang dan diolah dengan cara dikukus.

Teksturnya lembut dan berkuah serta bercita rasa manis dan segar.Barongko lebih nikmat jika disajikan dingin.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Laris Manis Penjualan Serabi di Jawa Timur saat Perayaan Imlek 2023"
[Gambas:Video 20detik]