Mengenal Koki Burger Humoris-Viral di Makassar, Eks Teknisi Listrik Hotel

Mengenal Koki Burger Humoris-Viral di Makassar, Eks Teknisi Listrik Hotel

Darmawanti Adellia Adipradana - detikSulsel
Selasa, 31 Mei 2022 21:12 WIB
Koki Daengs Burger yang viral di Makassar.
Foto: Koki Daeng's Burger yang viral di Makassar. (Darmawanti/detikSulsel)
Makassar -

Yusran, pengelola sekaligus koki Kedai Daeng's Burger di Bumi Tamalanrea Permai (BTP), Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) viral karena gayanya yang unik dalam melayani pelanggan. Yusran kerap menunjukkan atraksinya saat menyajikan burger sambil berceloteh menghibur pelanggannya.

Saat meracik burger pesanan, Yusran akan melakukan atraksi teppanyaki ala chef rumah makan Jepang. Namun, bukan hanya atraksinya yang menarik perhatian pelanggan, ocehan-ocehannya yang lucu juga mengundang gelak tawa pelanggan.

Yusran, koki Daeng's Burger saat menyajikan pesanan pelanggan.Yusran, koki Daeng's Burger saat menyajikan pesanan pelanggan. Foto: (Darmawanti/detikSulsel)

Yusran mengaku ocehan dan tingkah lucunya saat menjual, awalnya dilakukan untuk menghibur dirinya sendiri yang bosan saat bekerja. Siapa sangka, hal itu justru membuatnya viral di media sosial.


"Awalnya kemarin bisa dibilang untuk hibur diri sendiri ji sebenarnya. Bosan ka, masa ndak bisa ka kreatif," jelasnya kepada detikSulsel saat berkunjung ke Kedai Daeng's Burger BTP, Kamis (26/5/2022).

Pria asal Enrekang ini mengaku tingkah lucunya tersebut tidak dibuat-buat. Ia memang memiliki sifat humoris, sehingga tingkah lucunya tidak hanya ada di tempat kerja tetapi juga di rumah dan saat bertemu teman.

"Oh memang begini ka (humoris), teman-teman ku bilang tidak berubah ji mau di rumah atau di tempat kerja," imbuhnya.

Dari tujuan awal menghibur diri sendiri, kini Yusran justru menghibur para pelanggannya. Dengan membangun komunikasi ringan, membuat pelanggan tidak jenuh saat menunggu pesanannya.

"Orang kan biasa kalau datang belanja kalau disapa atau bagaimana tidak merasa jenuh. Orang kan biasa risih juga kalau penjualnya acuh tak acuh," kata Yusran.

Yusran berkata, pelanggannya mungkin saja memiliki hari yang berat. Sehingga ia berharap ocehan-ocehan lucunya tersebut dapat menghibur para pelanggan burgernya.

Saat berbincang dengan detikSulsel, dia sempat melontarkan ocehan lucu kepada pelanggan. Ia me-roasting dengan gaya bicara gemulai kepada pelanggan di sela-sela perbincangan.

"Mereka (pelanggan) kan biasa pulang dari kerja, biasa ada yang stres, ada yang banyak masalahnya, di keluarganya, di tempat kerjanya. Yang kayak begini korban LDR iya kan, iya baru-baru tawwa na, tapi alhamdulillah belajar mi move on, ciee," celoteh Yusran yang disambut tawa pelanggan tersebut.

Yusran Sebelumnya Bekerja Sebagai Teknisi Listrik

Awalnya menjadi penjual burger adalah pekerjaan sampingan Yusran. Dia mulai bekerja di Kedai Daeng's Burger tersebut pada tahun 2013 lalu.

Dulunya, dia merupakan seorang teknisi listrik di salah satu hotel di Makassar. Namun, akhirnya memilih untuk fokus mengelola salah satu gerai Daeng's Burger.

"Saya dulu itu kerja di bagian listrik, dulu ini (kerja di gerai burger) sampingan. Sekarang lebih fokus ke sini (jual burger)," ungkapnya.

Dia menceritakan, dulu pekerjaannya tidak tetap, hanya saat ada proyek. CV tempatnya bekerjanya pun kini gulung tikar, sehingga dia beralih sepenuhnya menjadi penjual burger.

"Tempat kerja saya yang dulu kadang ada proyek kadang tidak ada, dulu kan ada CV yang ku tempati kerja, CV-nya tutup, saya fokus di sini," jelasnya.

Awal menjual burger, Yusran mengungkapkan dirinya seperti penjual lainnya yang kalem dan hanya diam. Namun, pada 2017 silam, di tengah rasa bosan, ia mulai mencoba melakukan atraksi saat memasak sembari mengoceh ke pelanggan dengan intonasi yang gemulai.

"Iya begitu, kan tren 2017 kemarin (atraksi saat memasak), dulu masih kalem ji, masih kalem-kalemnya ji muka ku toh," kelakarnya.

Yusran Sempat Dianggap Pemilik Daeng's Burger

Viralnya Yusran di media sosial membuat sebagian orang mengira dirinya adalah pemilik merek burger tersebut. Padahal, ia hanyalah pekerja yang mengelola salah satu kedai.

"Banyaknya orang yang bilang saya yang punya," kata dia.

Makanya, untuk meluruskan kesalahpahaman tersebut, Yusran pun memasang foto pemilik di kedai itu. Apalagi saat ini Daeng's Burger memiliki dua kedai.

"Ada owner-nya namanya Fadli Rappang, saya minta pasang foto yang owner-nya agar tidak keliru," kata dia.

Pernah Dicibir Pelanggan Karena Ocehannya

Tingkah lucu dan ocehan Yusran tidak selamanya mendapat respons positif dari pelanggan yang datang. Yusran mengungkapkan ada beberapa pelanggan yang justru menyuruhnya berhenti dan mencibirnya.

"Ada (yang mencibir), ada yang risih, sampai-sampai ada yang bilang, 'tidak usah mako begitu deh, ndak lucu ji juga'," ungkap Yusran menirukan cibiran pembeli tersebut.

Meski begitu, Yusran mengaku tidak ambil hati dan tetap melakukan aksinya. Karena menurutnya, ada kalanya pelanggan tidak membutuhkan hiburan. Di sisi lain ada pelanggan yang tetap butuh hiburan.

Yusran pun berpikir positif terhadap pelanggan tersebut dengan menganggapnya sedang menjalani hari yang berat, atau sedang buru-buru.

"Dia mungkin keadaan buru-buru atau dalam keadaan lagi ada masalahnya. Cuma saya tidak berhenti kalau ada orang tegur ka begitu, tidak ambil pusing ka, karena bukan dia saja yang punya masalah to. Dia memang tidak mau dihibur, tapi yang lain mau dihibur dan merasa terhibur, itu saja," jelasnya.

Yusran mengatakan dirinya berusaha agar tidak bawa perasaan (baper) atas perlakuan tidak menyenangkan dari pelanggan. Menurutnya, suasana hati orang-orang bisa berubah kapan saja sehingga tidak perlu baper.



Simak Video "Bikin Laper: Kapurung Khas Makassar yang Segar dan Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/nvl)