Kue Lopes-Apang Putih Jadi Incaran Warga Manado Berburu Takjil Ramadan

Sulawesi Utara

Kue Lopes-Apang Putih Jadi Incaran Warga Manado Berburu Takjil Ramadan

Trisno Mais - detikSulsel
Kamis, 07 Apr 2022 21:07 WIB
Kue lopes dan apang putih menjadi incaran warga di Manado, Sulut sebagai takjil berbuka puasa.
Kue lopes dan apang putih menjadi incaran warga di Manado, Sulut sebagai takjil berbuka puasa. Foto: (Trisno Mais/detikcom)
Manado -

Kue lopes dan apang putih menjadi incaran warga di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) sebagai takjil berbuka puasa. Kue khas Manado itu bisa ditemui di kawasan Boulevard, Manado.

Kedua kue itu memang hanya sering muncul ketika Ramadan. Makanya tidak heran ketika banyak warga yang mengincar kue tersebut sebagai penganan berbuka puasa.

Cara memasak kua lopes dan apang putih ini mirip. Keduanya dikukus lalu ditaburi parutan kelapa muda, es batu, serta gula merah.


"Lopes atau apang putih itu kukis (kue) kadang-kadang. Cara masak dikukus, baru ditaruh kelapa muda, es batu, ditambah gula merah. Laris, itu orang cari-cari, sampai malam orang cari-cari," kata salah seorang pedagang Hasna Samiden saat ditemui detikcom, Kamis (7/4/2022).

Hasna mengatakan ada banyak sajian takjil yang dijual pedagang di kawasan ini, namun kue lopes dan apang putih paling digemari. Karena banyak peminat, ia membuka lapaknya mulai pukul 13.00 Wita.

"Ada es buah-buah, bubur ayam, kacang hijau, bubur sumsum. Semuanya ada di sini. Ada juga seperti risoles, panada tore, tahu isi, bakwan, milu (jagung). Kukis yang basah, balapis, roti gulung, ada susu kurma, buah salak," kata Hasna.

"Alhamdulillah ada banyak yang berminat di sini. Dari kantor-kantor (pegawai kantoran) beli di sini," sambungnya.

Sementara itu, pedagang lain Sunaryo mengatakan penjualan takjil tahun ini jauh lebih laris dari tahun sebelumnya. Tahun ini pembeli lebih ramai berkunjung ke kawasan Boulevard.

"Alhamdulillah setelah Corona meredah, kayaknya ini sudah semakin bagus. Sudah pengunjung banyak, terus juga lebih lancar," ujarnya.



Simak Video "Berburu Takjil di Pasar Benhil Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/nvl)