11 Makanan Khas Sulawesi Selatan Paling Dicari, Wajib Coba Nih!

Kuliner Sulawesi Selatan

11 Makanan Khas Sulawesi Selatan Paling Dicari, Wajib Coba Nih!

Andi Nur Isman - detikSulsel
Kamis, 31 Mar 2022 05:30 WIB
RM. Marannu: Konro Bakar khas Makassar Legendaris Sejak Tahun 1984
Makanan khas Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi buruan bagi pencinta kuliner karena cita rasanya yang dapat memikat hati. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Makassar -

Makanan khas Sulawesi Selatan (Sulsel) punya cita rasa yang memikat hati. Tidak heran bila pecandu kuliner tak ingin melewatkan untuk mencicipi kelezatannya yang bikin ketagihan.

Ragam makanan khas Sulawesi Selatan memang menggugah selera. Anda bisa menikmati pilihannya mulai dari kudapan manis, kaya akan rempah, hingga pedas.

Berikut makanan khas Sulawesi Selatan yang paling dicari dan populer yang wajib dicoba:


1. Pisang Epe Makanan Khas Sulawesi Selatan

Resep Pisang Epe Khas MakassarPisang epe makanan khas Sulawesi Selatan. Foto: iStock

Pisang epe adalah salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang saat ini hanya bisa ditemui di Makassar atau tepatnya di kawasan Pantai Losari. Kuliner yang satu ini cukup populer bagi masyarakat karena penyajiannya yang terbilang unik.

Epe dalam bahasa lokal Makassar berarti jepit atau dipipihkan. Makanan khas Sulsel ini menggunakan pisang raja yang dibakar menggunakan alat pres atau penjepit.

Menikmati pisang epe pun memiliki pilihan rasa sesuai selera. Pilihan yang paling umum ialah menggunakan gula merah cair. Namun Anda juga bisa memilih dengan topping lain seperti keju, cokelat, susu, atau bisa juga mengkombinasikan semua topping.

Soal harga Anda tak perlu khawatir. Untuk bisa mencicipi makanan khas Sulsel ini Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai Rp 10.000 sampai Rp 15.000 saja. Murah bukan?

2. Es Pisang Ijo

Resep Es Pisang IjoEs pisang ijo makanan khas Sulawesi Selatan. Foto: iStock

Es pisang ijo merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang cukup beken. Olahan pisang yang satu ini menjadi kudapan segar kala tenggorokan sedang kering di siang bolong.

Makanan khas Sulawesi Selatan ini terbuat dari pisang kukus yang dibalut kulit dadar hijau. Kemudian disajikan bersama kuah kental olahan santan. Sebagai pelengkap ditambahkan sirop dan serutan es batu yang membuatnya semakin segar.

Untuk seporsi es pisang hijau harganya masih terbilang terjangkau. Rata-rata berada di kisaran Rp 10.000 sampai Rp 15.000.

3. Barongko

Resep Barongko Khas MakassarBarongko makanan khas Sulawesi Selatan. Foto: iStock

Berikutnya ada makanan khas Sulawesi Selatan yang disebut barongko. Kudapan ini masih menggunakan bahan dasar pisang. Umumnya jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok atau dikenal dengan sebutan utti loppo.

Barongko selalu menjadi sajian wajib dalam beberapa acara-acara istimewa bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Dibuat dengan memadukan pisang, gula pasir, telur, santan kental, vanili, garam, dan beberapa bahan lainnya. Soal rasa tentu tidak diragukan lagi.

Kudapan ini bisa ditemui di beberapa toko-toko kue tradisional di Makassar. Harganya beragam mulai dari Rp 3.000 sampai Rp 5.000.

4. Coto Makassar Makanan Khas Sulawesi Selatan

5 Fakta Menarik Coto Makassar Enak Disantap Pakai BurasCoto makanan khas Sulawesi Selatan. Foto: iStock

Coto Makassar menjadi salah satu makanan khas Sulsel yang paling populer dan dicari-cari. Anda bisa menemuinya hampir di setiap sudut Kota Makassar dan sekitarnya.

Kuliner legendaris ini sudah menjadi santapan wajib bagi masyarakat Sulsel maupun pendatang. Apalagi cita rasa kuliner berkuah ini tidak bisa didapatkan di daerah-daerah lain karena keunikan rasa dalam kombinasi rempahnya.

Di Sulsel ada dua daerah yang paling dikenal lezat dalam menyajikan coto. Ialah di Makassar dan Maros. Masing-masing punya ciri khas tersendiri terutama dalam memadukan rempah-rempah untuk kuahnya.

Coto biasanya dinikmati dengan campuran daging sapi, daun bawang, ataupun bawang goreng. Selain itu juga tak afdol jika tidak disantap bersama ketupat atau nasi panas.

Tak perlu khawatir, harga coto terbilang murah. Anda sudah bisa menikmatinya dengan harga mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 25.000, sesuai lokasi anda menikmatinya.

5. Sop Konro

RM. Marannu: Konro Bakar khas Makassar Legendaris Sejak Tahun 1984Sop konro makanan khas Sulawesi Selatan. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Makanan khas Sulsel berikutnya adalah sop konro. Kuliner yang satu ini menggunakan bahan dasar daging sapi sama seperti coto. Bedanya sop konro menggunakan bagian iga sapi sebagai isinya.

Kuah sop konro juga punya ciri khasnya tersendiri yaitu berwarna cokelat kehitaman. Warna itu berasal dari rempah-rempah pilihan seperti buah kluwek. Kemudian juga dikombinasikan rempah-rempah lainnya seperti ketumbar, pala, kunyit, kencur, hingga kayu manis.

Selain disajikan berkuah, konro juga kini punya variasi kering yang biasa disebut konro bakar. Varian ini disajikan dengan bumbu kacang khas konro yang lezatnya bikin ketagihan. Biasanya disertai kuah sup yang terpisah.

Untuk satu porsi sop konro atau konro bakar ini bervariatif. Namun rata-rata dijual dengan harga Rp 40.000-an. Mau coba?

6. Kapurung Makanan Khas Sulawesi Selatan

Kapurun, sayur asam khas LuwuKapurung makanan khas Sulawesi Selatan. Foto: Istimewa

Di daerah Luwu Raya, juga punya makanan khas Sulsel yang tiada tanding. Bahan dasarnya menggunakan sagu. Kuliner yang satu ini dinamai kapurung.

Kapurung sudah lama melegenda sebagai makanan khas Sulsel. Meski bahan dasarnya hanya terbuat dari sagu dan diolah berbentuk pentol, rasanya tak kalah nikmat. Belum lagi dengan beragam jenis rebusan sayur-sayuran seperti jagung, bayam, jantung pisang, hingga kacang tanah.

Perpaduan kuah ikan masak dengan campuran asam jawa turut membuat rasa dan aroma kapurung semakin nikmat. Penyajiannya sudah ada beberapa pilihan topping, mulai dari udang, ayam, daging, hingga ikan bakar.

Saat ini, sudah tidak sulit lagi menemukan warung makan yang khusus menyajikan kapurung. Mulai dari daerah asalnya di Luwu Raya hingga di Kota Makassar, sudah banyak yang menjadikannya sebagai bisnis kuliner. Harganya mulai dari Rp 12.000 sampai Rp 25.000.

7. Nasu Palekko Makanan Khas Sulawesi Selatan

Nasu Palekko atau Bebek Palekko khas AjatapparengNasu palekko makanan khas Sulawesi Selatan. Foto: Hasrul Nawir

Makanan khas Sulawesi Selatan yang tidak kalah beken adalah Nasu Palekko. Kuliner olahan bebek cincang ini memiliki rasa pedas yang nendang dan bikin ketagihan.

Nasu Palekko atau Bebek Palekko ini berasal dari bahasa lokal Bugis-Makassar. Nasu artinya masak dan palekko artinya wajan atau kuali dari tanah. Bahkan dasarnya menggunakan bebek.

Bagi pencinta pedas tentu saja tidak ingin melewatkan makanan khas Sulawesi Selatan yang satu ini. Cita rasa yang ditawarkan dengan perpaduan rempah seperti jahe, kunyit, sereh, dan lengkuas akan membuat aromanya kian menggiurkan.

Saat ini sudah banyak masyarakat yang membuka usaha kuliner Nasu Palekko. Biasanya dijual seporsi atau satu ekor dengan harga Rp 100.000-an. Tapi ada juga yang menjualnya dengan porsi kecil dengan harga mulai Rp 15.000-an.

8. Ikan Bakar Parape

Ikan bakar parape makanan khas Sulawesi Selatan.Ikan bakar parape makanan khas Sulawesi Selatan. Foto: (dok. istimewa)

Ikan bakar parape masuk dalam deretan makanan khas Sulawesi Selatan yang selalu dicari penikmat seafood. Cita rasa yang ditawarkan dari ikan bakar ini ada pada bumbunya yang kaya akan rempah.

Olahan ikan ini memiliki cita rasa pedas, asam, manis, dan tentunya bikin ketagihan. Jenis ikan yang biasa digunakan bergantung selera, mulai dari baronang, cepa, dan sebagainya.

Bumbu yang digunakan dalam sajian ikan bakar parape cukup beragam. Mulai dari bawang merah, bawang putih, jahe, gula merah, kemiri, hingga air asam dicampur menjadi satu.

Ikan bakar parape bisa ditemui di beberapa warung makan seafood di Makassar. Harganya mulai dari kisaran Rp 40.000-an.

9. Mie Titi

Bikin Laper! Dimas Beck Puas Makan Konro Bakar, Coto dan Mie TitiMie titi makanan khas Sulawesi Selatan. Foto: Bikin Laper Trans TV

Olahan mi kering yang dikenal dengan sebutan mie titi adalah makanan khas Sulawesi Selatan yang juga paling diburu penikmat kuliner. Makanan ini disajikan dengan kuah kental yang khas bersama dengan sayur-sayuran dan beberapa varian topping.

Di Makassar, Anda bisa menikmati mie titi dengan pilihan varian seperti ayam, seafood, hingga daging sapi. Bergantung selera.

Harga mie titi juga terbilang murah. Untuk satu porsi hanya dibanderol Rp 30.000-an.

10. Nasu Likku Makanan Khas Sulawesi Selatan

Nasu likku makanan khas Sulawesi Selatan.Nasu likku makanan khas Sulawesi Selatan. Foto: (dok. istimewa)

Makanan khas Sulawesi Selatan selanjutnya adalah Nasu Likku. Hidangan yang satu ini mirip seperti rendang ayam. Namun bedanya nasu likku jauh lebih kering.

Hidangan ayam berempah ini hanya dibaluri kelapa yang sebelumnya sudah dicampur dengan parutan lengkuas. Tekstur ayam juga lebih empuk dan gurih, karena sudah dimasak bersama lengkuas.

Rasa gurih enak dari nasu likku ini tak lepas dari peran santan dan campuran lengkuas yang sedap. Bagi pencinta kuliner tentu tak ingin melewatkan untuk mencicipi hidangan ini.

Harga satu porsi nasu likku terbilang murah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp 20.000-an untuk bisa menikmati kelezatannya.

11. Songkolo Bagadang Makanan Khas Sulawesi Selatan

Kuliner MakassarKuliner Makassar Foto: Kuliner Makassar

Songkolo bagadang salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba. Songkolo atau juga kerap disebut sokko dalam bahasa Bugis, merupakan sajian nasi ketan hitam atau putih yang ditabur dengan parutan kelapa sangrai yang telah dicampur dengan gula aren.

Sajian ini makin nikmat bila ditemani ikan teri asin, telur, dan sambal kuning khas songkolo bagadang. Hidangan ini paling sering ditemui pada malam hari.

Satu porsi kecil songkolo dihargai Rp 10.000 dan Rp 12.500 untuk porsi besar.



Simak Video "Todan, Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Rasanya Lebih Nikmat dari Ayam"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/nvl)