Pisang Epe, Kuliner Khas Makassar yang Kini Hanya Dijumpai di Pantai Losari

Pisang Epe, Kuliner Khas Makassar yang Kini Hanya Dijumpai di Pantai Losari

Taufik Hasyim - detikSulsel
Minggu, 20 Mar 2022 19:30 WIB
pisang epe
Pisang epe khas Makassar. (Foto: detikFood)
Makassar -

Jalang-jalangki di Pantai Losari

Jangki Lupa Singgah Makan Pisang Epe

Gullana Manis Pake Duriang


Enna'na Mamo Biking Lupa Utanga

Penggalan lirik lagu maestro lagu daerah Makassar Anci Laricci berjudul Pantai Losari ini menggambarkan kuliner pisang epe sudah menjadi ciri khas kawasan Pantai Losari, ikon wisata di pesisir Makassar. Tidak sah rasanya berkunjung ke Pantai Losari sebelum mencicipi pisang epe.

Lirik berikutnya, Anci Laricci menjelaskan pisang epe disajikan dengan disiram saus gula manis beraroma durian. Bahkan Anci mengilustrasikan kenikmatan pisang epe membuat kita sejenak melupakan persoalan utang. Lantas apa istimewanya pisang epe sehingga kita bisa lupa membayar utang?

Untuk menikmati pisang epe, Anda harus berkunjung ke Pantai Losari. Di sepanjang Anjungan Pantai Losari di Jalan Penghibur, deretan pedagang kaki lima (PKL) yang menjajakan pisang epe dengan varian rasa yang berbeda-beda.

Pisang epe dan Pantai Losari memang sejarahnya tak bisa dipisahkan. Penjual pisang epe telah ada di sekitar Pantai Losari sejak 1970-an.

Seiring Pantai Losari yang makin ramai dan menjadi ikon wisata, penjual pisang epe yang awalnya hanya 5 gerobak dorong makin menjamur dan berjejer memanjang di kawasan Pantai Losari. Pisang Epe Mandiri salah satu yang cukup legendaris.

Setiap kios pisang epe sudah menyediakan meja dan kursi-kursi plastik bagi pengunjung yang ingin menikmati senja atau suasana malam di pinggir pantai sambil menyantap pisang epe. Kios pisang epe di sepanjang Pantai Losari rata-rata buka mulai dari pukul 17.00 Wita hingga pukul 00.00 Wita.

Epe dalam bahasa lokal Makassar berarti jepit. Ini karena pembuatan pisang epe dijepit atau dipipihkan dengan alat press yang terbuat dari papan kayu. Setelah pisang raja dibakar, kemudian dijepit atau dipenyet.

Pemilihan pisang raja ini karena teksturnya tidak mudah lembek. Selain itu pisang raja juga beraroma khas, legit manis alami.

Pisang raja ini dipanggang atau dibakar di atas bara bara api. Dibolak-balik hingga matang dan harum. Setelah itu disirami saus atau kuah sesuai varian rasa pilihan pengunjung.

Seporsi pisang epe dijual dengan harga mulai Rp 10.000 untuk rasa orisinal. Atau varian rasa lainnya dijual mulai Rp 12.500 per porsi.

Resep Pisang Epe Khas MakassarProses pembuatan pisang epe. Foto: iStock

Pedagang pisang epe di Pantai Losari memang kini berinovasi dengan memunculkan beragam varian rasa. Tidak hanya saus gula merah cair atau karamel.

Ada juga pilihan saus cokelat, saus cokelat dengan topping keju termasuk pilihan saus durian, keju kacang, keju stroberi dan lainnya. Pengunjung sisa memilih sesuai selera.

Mencicipi pisang epe yang hangat makin nikmat dengan sepoi-sepoi angin dan pemandangan malam Selat Makassar di depan mata. Bagaimana? Rasanya memang wajib mencicipi pisang epe bila ke Makassar!



Simak Video "Pembunuh Bocah untuk Dijual Organnya Ngaku Dapat Ide dari YouTube"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/nvl)