Nikmatnya Santapan Pacco, Sajian Ikan-Udang Mentah Makanan Khas Luwu Raya

Nikmatnya Santapan Pacco, Sajian Ikan-Udang Mentah Makanan Khas Luwu Raya

Arzad - detikSulsel
Sabtu, 19 Mar 2022 16:41 WIB
Hidangan Pacco, makanan khas Luwu Raya berbahan dasar ikan atau udang mentah (detikSulsel/Arzad)
Foto: Hidangan Pacco, makanan khas Luwu Raya berbahan dasar ikan atau udang mentah (detikSulsel/Arzad)
Palopo -

Kawasan Luwu Raya, Sulawesi Selatan (Sulsel) memiliki berbagai pilihan kuliner istimewa. Tak hanya dikenal dengan makanan khas Kapurung, wilayah Luwu Raya juga dikenal dengan makanan khas Pacco.

Pacco merupakan makanan khas berbahan dasar ikan mentah yang diolah menggunakan berbagai macam paduan bumbu penyedap rasa. Makanan Pacco banyak digemari masyarakat di Luwu Raya, terutama di Kabupaten Luwu dan Kota Palopo.

Untuk mendapatkan makanan ini, Anda tidak perlu khwatir karena banyak warung makan daerah pesisir pantai yang menyediakan makanan Pacco.


Khusus di Kota Palopo, Pacco bisa dinikmati di salah satu kafe di Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur. Kafe ini dekat dengan tempat pelelangan ikan (TPI) di Kota Palopo.

"Di sini sangat dekat dengan tempat beli ikan segar jadi wajar kalau banyak masyarakat yang suka Pacco ini datang ke tempat kami." ucap Ananda, salah petugas kafe kepada detikSulsel, Sabtu (19/3/2022).

Ananda mengatakan, 85 persen pengunjung kafe merupakan peminat Pacco. Tak heran Pacco jadi salah satu kuliner utama di kafe tersebut.

"Lumayan banyak kalau menjelang hari libur atau akhir pekan biasa full pesanan sampai 85% pengunjung yang pesan Pacco. katanya

Pacco sendiri merupakan makanan tradisional khas masyarakat Luwu yang tersebar di berbagai wilayah di Luwu Raya Sulawesi Selatan.

Makanan ini jelas enak, terutama karena bahan utama menggunakan ikan segar dan dilengkapi dengan bahan-bahan yang segar dan bersih pula, seperti cabai dan jeruk nipis.

Tidak hanya ikan, Pacco juga bisa dibuat dengan menggunakan udang yang masih segar, jenis Pacco ini terasa sangat kenyal dan nikmat. Apa lagi jika ditambahkan campuran jeruk nipis dan cabai yang sudah dihaluskan, rasanya akan lebih nendang di lidah.

Penasaran dengan Makanan Pacco ini? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan beberapa resep seperti dirangkum detikSulsel.

Bahan Dasar:

1. Ikan atau udang segar
2. Jeruk Nipis
3. Cabai Rawit
4. Kacang Goreng
5. Garam dan Penyedap rasa

Cara Pembuatan dan Penyajian:

1. Pisahkan dulu ikan segar tersebut dari tulangnya.
2. Bersihkan menggunakan air bersih
3. Peras jeruk nipis sesuai selera.
4. Haluskan cabai hingga merata bersama dengan kacang goreng, garam dan penyedap rasa lainnya
5. Campur cabai yang telah dihaluskan bersama dengan jeruk nipis yang sudah diperas
6. Kemudian aduk hingga tercampur.
7. Campurkan ikan yang telah dibersihkan ke dalam larutan cabai dan jeruk nipis
8. Diamkan selama 5-10 menit
9. Silahkan disantap

Sekadar untuk diperhatikan:

1. Ikan atau udang yang digunakan untuk membuat makanan Pacco haruslah betul-betul segar, hal ini dilakukan untuk menjaga ciri khas makanan Pacco tersebut.

2. Perbanyak menggunakan jeruk nipis, selain menambah aroma kelezatan Pacco, juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan atau udang yang akan diolah menjadi makanan Pacco.

3.Makanan Pacco bakal lebih nikmat jika disantap dengan makanan jenis Dange yang terbuat dari sagu yang diolah dengan cara dibakar.

4. Jika Anda berkunjung ke daerah Luwu Raya, singgahlah di warung makan yang dekat dengan pesisir pantai, di sana Anda akan menemukan makanan Pacco yang betul-betul terbuat dari ikan atau udang segar pilihan.



Simak Video "Todan, Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Rasanya Lebih Nikmat dari Ayam"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/sar)