Mencicipi Nasu Cemba Khas Duri Enrekang, Sup Iga Daging Empuk dan Gurih

Mencicipi Nasu Cemba Khas Duri Enrekang, Sup Iga Daging Empuk dan Gurih

Taufik Hasyim - detikSulsel
Minggu, 13 Mar 2022 10:45 WIB
Nasu Cemba, makanan khas Duri, Enrekang
Foto: Nasu Cemba, makanan khas masyarakat Duri, Enrekang (Taufik Hasyim/detikSulsel)
Makassar -

Berkunjung ke Sulawesi Selatan (Sulsel), wajib rasanya untuk berburu salah satu kulinernya khasnya, Nasu Cemba. Sup daging khas masyarakat Duri di Kabupaten Enrekang.

Nasu Cemba memang belum sefamiliar coto Makassar, sop konro, pallubasa dan sebagainya. Namun menu ini patut Anda coba.

Hidangan Nasu Cemba ini menjadi salah satu kuliner legendaris khas Kabupaten Enrekang. Sajian ini juga tergolong istimewa karena biasanya hanya dihidangkan pada saat momen-momen tertentu. Seperti saat ada hajatan, pesta atau kunjungan tamu khusus.


Nasu cemba berasal dari bahasa daerah setempat. Nasu berarti masakan dan cemba berarti daun cemba. Bentuk daun cemba seperti meniran namun tangkainya berduri.

Tumbuhan ini disebut tumbuhan endemik di Kabupaten Enrekang. Bila Anda berkunjung ke Enrekang, tumbuhan ini mudah dijumpai tumbuh liar di pekarangan warga.

Kabupaten Enrekang atau berjarak sekitar 230 kilometer dari Kota Makassar. Bila menempuh jalur darat, Kabupaten Enrekang menjadi daerah perlintasan terakhir sebelum masuk wilayah Kabupaten Tana Toraja.

Nasu Cemba, makanan khas Duri, EnrekangNasu Cemba, makanan khas Duri, Enrekang Foto: Taufik Hasyim

Bila tak sempat ke Enrekang, tak perlu khawatir. Di Makassar sudah ada beberapa restoran atau kedai yang menjajakan kuliner istimewa ini.

Salah satunya di Kedai Maduri yang berlokasi di Jalan Inspeksi PAM Antang Nomor 139 Kecamatan Manggala Kota Makassar. Kedai ini menjajakan sejumlah makanan khas Massenrempulu (Maspul), julukan Kabupaten Enrekang.

Kedai ini menjadi langganan para perantau asal Enrekang di Makassar. Selain itu, pejabat-pejabat di Makassar kerap memesan nasu cemba di sini untuk hajatan-hajatan seperti saat Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menggelar lamaran putrinya.

Nasu Cemba, makanan khas Duri, EnrekangSalah satu kedai di Makassar yang menyajikan Nasu Cemba Foto: Taufik Hasyim/detikSulsel

"Rasanya autentik. Seperti bernostalgia dengan masakan di kampung," ungkap salah satu pengunjung, Ari.

Bahan utama nasu cemba adalah daging sapi yang masih melekat di tulang iga. Bahan utama ini dimasak atau direbus hingga dagingnya empuk.

Proses masaknya biasanya tradisional menggunakan kayu bakar. Namun seiring perkembangan zaman, mulai beralih ke kompor gas karena lebih praktis.

Kemudian setelah rebusan daging mulai empuk ditambahkan dengan bumbu atau rempah khusus yang sudah dihaluskan dan ditumis. Juga dimasukkan lengkuas dan serai yang sudah dimemarkan. Juga parutan kelapa sangrai atau batte kaluku.

Bahan khas tentu saja daun cemba yang masih muda. Daun cemba ini selain menghilangkan aroma amis juga memberikan sensasi rasa asam yang khas.

Nasu Cemba ini biasanya disajikan hangat dengan irisan jeruk nipis dan sambel. Juga ditemani seporsi nasi putih hangat dan irisan bawang goreng. Tertarik mencoba?



Simak Video "Hetu, Bidan Kampung Dermawan Dari Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/nvl)