5 Kuliner Asal Bitung Ini Jadi Andalan Sandiaga Promosikan Wisata Sulut

5 Kuliner Asal Bitung Ini Jadi Andalan Sandiaga Promosikan Wisata Sulut

Trisno Mais - detikSulsel
Rabu, 16 Feb 2022 20:39 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tengah memegang kuliner khas Kota Bitung
Foto: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tengah memegang kuliner khas Kota Bitung (Trisno Mais/detiksulsel)
Bitung -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno optimis kuliner akan menjadi salah satu sektor yang menggairahkan pariwisata di Kota Bitung. Ada lima kuliner yang difavoritkan.

"Kuliner Kota Bitung sasimi tuna, dodol Amurang, kacang goyang, pala manis serta halua kenari. Jadi ini yang akan kita kembangkan," kata Sandiaga saat penandatanganan prasasti pembangunan dana alokasi khusus (DAK) 2021 serta pengukuhan badan promosi pariwisata Kota Bitung, di Kecamatan Aertembaga, Bitung, Rabu (16/2/2022).

Sandiaga menuturkan sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar kuliner andalan Kota Bitung terus dikembangkan. Sehingga sektor ekonomi kreatif masyarakat bisa terus tumbuh.


"Tadi saya sudah titip pesan ke ibu kadis, pilih lima. Jadi nanti kita akan all out untuk mengembangkan," ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tengah memegang kuliner khas Kota BitungMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meninjau stand kuliner khas Kota Bitung Foto: Trisno Mais

Ia menuturkan pengembangan wisata kuliner sulit bila tidak dilakukan sinergi dan juga partisipasi warga. Pihaknya akan terus berupaya membuka peluang usaha untuk membuka lapangan kerja di Sulut, khusunya di Kota Bitung. Apalagi potensi ekonomi di Kota Bitung cukup besar.

"Kita tahu Kota Bitung ini sebagai salah satu kota yang mengalami pertumbuhan yang baik di tengah pandemi. Karena kekuatan ekspor dari produk-produk yang memang memiliki keunggulan di sini," tuturnya.

Selain itu, Sandiaga mengaku terkesan dengan keramahan warga setempat. Ia bercerita ada anak kecil yang tiba-tiba datang menyapa dan memberikan hadiah. Menurutnya, hal itu membuat dia kagum dengan sambutan warga setempat.

"Tadi saya lagi lari pagi ada anak yang mengantarkan bingkisan cokelat. Ini luar biasa, rasa kasih sayang, dan menyambut saya datang di sini saya sangat tersentuh," pungkasnya.

(tau/nvl)