'Uti Deng Keke' Film Budaya Sulut dan Gorontalo Bakal Tayang di Malaysia

Sulawesi Utara

'Uti Deng Keke' Film Budaya Sulut dan Gorontalo Bakal Tayang di Malaysia

Trisno Mais - detikSulsel
Selasa, 24 Jan 2023 20:50 WIB
Direktur Produser Film Uti Keke, Billy Noval Hasan.
Direktur Produser Film Uti Keke, Billy Noval Hasan. Foto: Trisno Mais/detikcom
Manado -

Film 'Uti Deng Keke' yang mengangkat cerita budaya toleransi dua daerah yakni Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo bakal tayang di Malaysia. Sebelum itu, film ini lebih dulu tayang di bioskop di Tanah Air.

"Kita tanggal 26 Januari 2023 ini mau go nasional. Kalau untuk tayang di Malaysia masih menunggu surat dari Malaysia," kata Direktur Produser Film Uti Deng Keke, Billy Noval Hasan ketika ditemui detikcom, Selasa (24/1/2023).

Billy mengatakan, film ini diupayakan untuk bisa tayang di Malaysia bahkan di seluruh bioskop yang ada di ASEAN. Sebab cerita film ini diangkat dari kisah nyata soal kehidupan toleransi warga Sulut dan Gorontalo.


"Akan tayang di Malaysia, dan juga akan tayang di seluruh negara ASEAN. Setelah kita tayang nasional," ujarnya.

Dia mengaku, bahwa animo masyarakat dengan hadirnya film ini terus meningkat. Alasan itulah membuatnya mengagendakan untuk tayangan ulang di seluruh bioskop di Tanah Air pada 26 Januari mendatang.

"Film Uti Keke masuk nomor satu terbanyak penonton untuk film lokal. Makanya kemarin film ini diangkat dan ditayangkan kembali," katanya.

Billy menjelaskan, film ini berkisah tentang persahabatan yang dijalani oleh dua remaja yang masih duduk di bangku SMA. Dua sahabat itu sudah menjalin persahabatan sejak lama.

"Dengan munculnya film Uti Keke begitu banyak edukasi dan pelajaran toleransi yang nyata dan benar terjadi di dua provinsi di Indonesia," kata dia.

Ia mengatakan, film budaya ini mengulas kehidupan remaja di dua daerah berbeda sehingga kaya akan nilai-nilai adat dan kesatuan bangsa. Kedua sahabat tersebut bertekad meraih cita-cita yang sering mereka ikrarkan di atas bukit paling tinggi.

"Sama dengan rasa cinta NKRI, mungkin hal-hal tersebut membuat film ini banyak ditonton masyarakat Indonesia," pungkasnya.

Untuk diketahui, film Uti Deng Keke dibintangi Mongol Stres, Lana Victoria, dan beberapa aktor lokal asal Gorontalo seperti Didi Roa dan Tanta Lala.

Sebelumnya diberitakan, film 'Uti Deng Keke' yang berlatar belakang Gorontalo dan Sulut bakal tayang di bioskop Indonesia. Film yang menawarkan kearifan lokal ini bakal melibatkan Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda ikut berakting dalam film ini.

"Selain mengangkat latar belakang Gorontalo dan Sulawesi Utara khususnya Minahasa Utara dalam hal keragaman dan dinamika kehidupannya," tutur Eksekutif Produser, Hartono saat konferensi pers di CLIN Food Megamas Manado, Senin (1/8/2022).



Simak Video "Banjir Terjang Lapas di Manado, Ketinggian Air Capai Plafon Lantai 1"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/nvl)