Mengenal Batik Bomba dari Sulawesi Tengah yang Dipakai Elon Musk di KTT B20

Mengenal Batik Bomba dari Sulawesi Tengah yang Dipakai Elon Musk di KTT B20

Edward Ridwan - detikSulsel
Senin, 14 Nov 2022 14:49 WIB
Elon Musk
Elon Musk Mengenakan Batik Bomba (Foto: YouTube)
Makassar -

Batik Bomba menjadi perbincangan setelah CEO Tesla Elon Musk mengenakannya saat hadir secara virtual dalam KTT B20 di Nusa Dua, Bali. Batik Bomba ini adalah batik yang berasal dari daerah Palu, Sulawesi Tengah.

Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Anindya Bakrie yang mewawancarai Musk menjelaskan bahwa kemeja batik berwarna hijau tua itu dikirim khusus dari Indonesia ke Amerika untuk Musk.

"Terimakasih karena telah memakainya. Batik itu kami kirimkan dari 15.000 kilometer (km) jauhnya." Kata Anindya saat menjadi monderator tersebut, Senin (14/11/2022).


Anindya menjelaskan bahwa Batik bomba adalah batik yang berasal dari desa kecil di Sulawesi Tengah, tempat di mana terdapat banyak cadangan nikel.

"Batik Bomba, batik yang Anda gunakan berasal dari sebuah desa kecil di Sulawesi Tengah. Ini tempat di mana Anda akan menemukan banyak nikel, jadi mungkin anda ingin mengunjunginya," sambung Anindya.

Lantas, seperti apa fakta-fakta seputar Batik Bomba dari Sulawesi Tengah ini? Berikut penjelasannya dilansir detikSulsel dari laman resmi I Ware Batik.

Batik Bomba, Dibuat dengan Alat Tradisional dan Getah Pohon

Batik dan tenun di Palu dikenal sebagai Batik Bomba. Tradisi tenun dan batik ini diturunkan dari generasi ke generasi.

Adapun pembuatan kain batik ini masing menggunakan alat tenun tradisional. Untuk pewarnaannya sendiri menggunakan pewarna alami yang berasal dari getah pohon.

Pada awalnya Batik Bomba ini memiliki motif yang sederhana. Namun seiring berkembangnya waktu, motif-motif Batik bomba pun kian beragam.

Motif yang digunakan menggambarkan budaya, tanaman dan tak jarang juga menggambarkan puisi atau syair rindu nelayan tentang cinta dan kehidupan.

Makna Batik Bomba Mencerminkan Keterbukaan dan Menerima Perbedaan

Nama Bomba sendiri berasal dari bahasa Kaili, yaitu salah satu suku utama yang ada di Sulawesi Tengah. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, bomba berarti bunga.

Menurut masyarakat setempat, bomba sendiri memiliki arti keterbukaan dan kebersamaan. Selain itu juga mencerminkan perilaku untuk menerima perbedaan.

Makna tersebut dapat terlihat dari sikap masyarakat Palu yang terbuka kepada siapapun. Mereka dikenal begitu ramah dan menerima siapapun yang datang berkunjung ke daerahnya.

Selain itu, terdapat berbagai motif asli yang menggambarkan nilai-nilai budaya lokal seperti sambulugana (pinang dan siri), souraja (rumah-rumah tradisional), taiganja (ornamen logam mulia), burung maleo, bunga merayap dan ukiran rumah tradisional Kaili.

Berbagai Motif Batik Bomba Khas Sulawesi Tengah

Batik Bomba khas Sulawesi Tengah, dikenal memiliki beragam motif dan corak. Masing-masing motif ini memiliki makna dan arti tersendiri.

Berikut beberapa motif batik bomba tersebut;

1. Motif Taiganja

Batik bomba motif taiganjaBatik bomba motif taiganja Foto: iWareBatik.org

Taiganja adalah liontin emas berharga yang menunjukkan status sosial keluarga Kaili. Pusaka ini sering digunakan sebagai mahar pernikahan sekaligus benda sakral dalam upacara tradisional.

Taiganja menggambarkan rahim seorang wanita. Bentuk ini oleh masyarakat sekitar dipercaya sebagai awal mula kehidupan manusia.

Pusaka Taiganja ini menjadi salah satu inspirasi motif batik Bomba di Sulawesi tengah. Motif ini melambangkan kesuburan, perasaan cinta dan ketulusan hati.

2. Motif Bomba Mawar

motif batik bomba mawarmotif batik bomba mawar Foto: iWareBatik.org

Motif Bomba Mawar berarti cinta sakral bagi keluarga, kerajaan dan Tuhan. Motif inilah yang juga menggambarkan keterbukaan dan kebersamaan dalam kehidupan sosial masyarakat Palu.

3. Motif Sero Tangga

Motif batik bomba sero tanggaMotif batik bomba sero tangga Foto: iWareBatik.org

Motif Sero Tangga menggambarkan kehidupan masyarakat nelayan di pesisir Sulawesi. Motif ini berarti hasil kerja keras yang membuahkan hasil.

Berdasarkan literatur masyarakat pesisir, motif ini juga melambangkan pencapaian, harapan baik serta ketulusan untuk membahagiakan orang tercinta.

4. Motif Cengkeh

Motif Batik Bomba cengkehMotif Batik Bomba cengkeh Foto: iWareBatik.org

Motif bunga cengkeh menggambarkan komoditas utama Kabupaten Tolitoli. Sebuah daerah di Provinsi Sulawesi Tengah.

Motif bunga cengkeh ini memiliki makna penyembuhan dan harapan baik untuk kesehatan dan kesejahteraan bagi pemakainya.



Simak Video "Elon Musk Kunci Akun Twitter Miliknya, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(edr/alk)