Formasi Mahkota Pengantin Bugis Paskibra di Upacara HUT RI Pemkot Makassar

HUT ke-77 RI

Formasi Mahkota Pengantin Bugis Paskibra di Upacara HUT RI Pemkot Makassar

Nurul Istiqamah - detikSulsel
Rabu, 17 Agu 2022 17:30 WIB
Formasi paskibra Makassar yang berbentuk mahkota pengantin Bugis
Formasi paskibra Makassar yang berbentuk mahkota pengantin Bugis (Foto: Nurul Istiqamah)
Makassar -

Barisan pasukan pengibar bendera (Paskibra) pada upacara HUT ke-77 RI yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar cukup unik membentuk pa'tenne jakka'. Yakni mahkota pengantin wanita Bugis yang digunakan sebagai penindis rambut setelah rambutnya disasak.

Berdasarkan pantauan detikSulsel di anjungan Pantai Losari, sebanyak 70 Paskibraka terlihat berbaris dengan membagi pasukan ke dalam sembilan kelompok dalam jarak tertentu. Sembilan kelompok yang terbagi itu membentuk formasi seperti rangkaian bunga pada mahkota pengantin Bugis.

Kemudian, satu kelompok di belakang membentuk barisan tanpa sejajar dengan kelompok lain sehingga membentuk titik kerucut barisan. Bentuk bando pengantin Bugis akan terlihat jelas jika dilihat dari depan panggung upacara.


Pembawa acara menjelaskan formasi pa'tenne jakka' dalam upacara HUT ke-77 RI di Kota Makassar memiliki makna sebagai ciri khas masyarakat Bugis. Formasi itu juga selaras dengan jiwa seorang paskibraka yang senantiasa menunjukkan antusiasme dan semangat yang tinggi.

"Formasi pengibaran berbentuk bando (pa'tenne jakka') yang melambangkan akan kehidupan yang cerah dan kokoh dimana hal tersebut merupakan ciri khas dari masyarakat Bugis Makassar. Formasi ini selaras dengan semangat jiwa seorang paskibraka," kata pembawa acara saat upacara HUT ke-77 RI di Kota Makassar yang digelar di Anjungan Pantai Losari, Rabu (17/8/2022).

Senada dengan MC, Wali Kota Makassar Ramadhan (Danny) Pamanto menyebut makna formasi berbentuk bando pengantin Bugis itu erat kaitannya dengan budaya. Menurutnya, pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI dengan berbagai formasi di seluruh Indonesia menunjukkan keragaman budaya yang dimiliki.

"Bentuknya adalah bando (Pa'tenne Jakka'), maknanya itu adalah budaya. Jadi kita boleh upacara boleh sama semua, tapi formasinya berbeda," ujar Danny kepada Wartawan, Rabu (17/8).

"Lihat itu formasinya bagus sekali, perfect. Gerakannya sama pas, pisah-pisahnya bagus, tepat apa semua," imbuhnya.

Sebelumnya, Danny Pomanto didampingi Wakil Wali Kota, Fatmawati Rusdi telah mengukuhkan Pasukan Paskibraka tingkat Kota Makassar di Baruga Anging Mammiri pada Senin (15/08). Paskibraka yang dikukuhkan berjumlah 70 orang.



Simak Video "Nakes di RSDC Wisma Atlet Gelar Upacara HUT ke-77 RI"
[Gambas:Video 20detik]
(urw/alk)