Sambut HUT RI ke-77, Emak-emak di Polman Adu Kecepatan Kupas Kelapa

Sulawesi Barat

Sambut HUT RI ke-77, Emak-emak di Polman Adu Kecepatan Kupas Kelapa

Abdy Febriady - detikSulsel
Kamis, 04 Agu 2022 16:10 WIB
Emak-emak di Polman mengikuti lomba Makkellu Anjoro
Lomba Makkellu Anjoro (Foto: Abdy Febriady)
Polewali Mandar -

Sejumlah emak-emak di Desa Napo, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) mengikuti lomba Makkellu Anjoro atau mengupas kulit buah kelapa. Lomba digelar dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77.

Pantauan detikcom di Desa Napo, Kecamatan Balanipa, Kamis (4/8/2022), lomba ini berlangsung meriah. Sebelum lomba dimulai, para peserta berjalan berlenggak-lenggok di depan penonton seolah mengikuti fashion show.

Mengupas kelapa ini merupakan lomba tradisional masyarakat Mandar. Pesertanya merupakan emak-emak perwakilan dari 10 RT di desa tersebut.


"Hari ini kami adakan lomba tradisional Mandar, tujuannya untuk menjaga kearifan lokal yang sudah terkikis kemajuan zaman," kata Kepala Desa Napo M Basri kepada wartawan.

"Pesertanya kami ikutnya seluruh RT di desa ini, perwakilan ibu-ibu setiap RT," sambung Basri.

Selain untuk melestarikan kearifan lokal masyarakat setempat, lomba ini juga digelar untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Di samping sebagai bentuk melestarikan warisan nenek moyang.

"Lomba ini bagian dari road to 17 Agustus 2022, kami dari desa adat akan menjaga ini dan melestarikan terus menerus, sebagai warisan nenek moyang kami dari Banua Kaiyyang," tutup Basri.

Dalam lomba ini, panitia menilai kecepatan dan kebersihan buah kelapa yang dikupas kulitnya. Setelah kulit kelapa dikupas menggunakan parang, daging kelapa kemudian diserut menggunakan alat tradisional yang dikenal dengan nama Pikellu.

Selama lomba berlangsung, para peserta kerap mempertontonkan aksi lucu. Tak pelak para penonton yang hadir di lokasi turut tertawa. Walau hadiah yang disiapkan panitia tidak seberapa, para peserta antusias mengikuti lomba tradisional ini.

"Enak, senang, bagus, karena banyak peserta, ramai-ramai, saya sudah sering kupas buah kelapa," pungkas salah satu peserta, Hasna.



Simak Video "Kemeriahan Lomba Panjat Pohon Pisang untuk Anak di Karanganyar "
[Gambas:Video 20detik]
(urw/asm)