Sejarah! Pertama Kalinya Wasit keluarkan Kartu Putih di Kompetisi Sepakbola

Kabar Sepakbola

Sejarah! Pertama Kalinya Wasit keluarkan Kartu Putih di Kompetisi Sepakbola

Kris Fathoni W - detikJatim
Senin, 23 Jan 2023 16:22 WIB
Kartu Putih dalam sepakbola.
Wasit saat mengeluarkan kartu putih (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Kartu kuning dan kartu merah sudah biasa dalam suatu pertandingan sepakbola. Tapi kartu putih?

Sebuah laga di Portugal menjadi sejarah dengan munculnya kartu putih pada laga tersebut. Dalam laga itu sasit mengacungkan kartu putih! Apa maknanya?

Kartu putih itu muncul dalam pertandingan tim putri di Portugal, yakni derby di antara Sporting Lisbon melawan Benfica, yang berlangsung pada akhir pekan lalu.

Pada saat Benfica unggul 3-0 menjelang berakhirnya babak pertama, staf medis kedua tim terlihat sama-sama berinisiatif membantu seorang pemain yang sebelumnya dilaporkan mengeluh sakit.

Tak lama berselang, wasit yang memimpin pertandingan mengambil kartu dari saku dan mengacungkan... kartu putih! Kartu putih itu ditujukan ke staf medis kedua tim.

Menurut Joe.co.uk, baru pertama kali ini kartu putih dipakai di laga kompetitif. Kartu itu sendiri dimaksudkan untuk mengapresiasi adanya tindakan sportivitas dan fair play di lapangan, sekaligus meningkatkan etika di sepakbola.

SportBible menyebut, kartu putih ini sendiri baru diperkenalkan di Portugal sebagai bagian dari inisiatif baru FIFA -- yang di Piala Dunia 2022 juga sudah memberlakukan waktu injury time lebih lama terkait insiden dalam laga.

Untuk sementara, kartu putih juga baru akan muncul di ajang-ajang sepakbola domestik Portugal seraya melihat bagaimana reaksi suporter terhadap kemunculan kartu baru itu.

Laga itu sendiri pada akhirnya dimenangi oleh tim putri Benfica dengan skor 5-0 untuk melaju ke semifinal ajang Taca de Portugal.



Simak Video "Erick Thohir: Perlu Nyali untuk Bersih-bersih Sepakbola Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/iwd)