Ketua Asprov PSSI Jatim Ungkap Ada Klub Liga 1 Tak Punya Suporter

Ketua Asprov PSSI Jatim Ungkap Ada Klub Liga 1 Tak Punya Suporter

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Jumat, 20 Jan 2023 21:31 WIB
Asprov PSSI jadi saksi sidang Tragedi Kanjuruhan
Foto: Ahmad Riyadh (tengah), Ketua Asprov PSSI jadi saksi sidang Tragedi Kanjuruhan (Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Ketua Asprov PSSI Jatim, Ahmad Riyadh mengungkapkan banyak klub di Liga 1 tak punya stadion. Tak jarang juga ada klub bahkan tak punya basis suporter. Ajaibnya, klub tetap bisa tampil di kompetisi.

Hal ini disampaikan Riyadh saat menjadi saksi di sidang Tragedi Kanjuruhan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Riyadh awalnya ditanya siapa yang berwenang menentukan stadion.

"Klub ajukan stadion mana yang akan digunakan. Tidak semua yang sesuai domisili karena ada stadion yang tidak layak untuk memenuhi syarat atau tidak menggelar Liga 1," kata Riyadh, Jumat (20/1/2023).

Lebih lanjut, Riyadh kemudian menyebut Liga 1 merupakan tanggungjawab PSSI selaku regulator. Sedangkan operatornya adalah PT Liga Indonesia Bersatu (LIB).

Riyadh baru menyebut bahwa kondisi klub yang tampil di Liga 1 tak sama. Dalam hal ini secara keuangan, infrastruktur berupa stadion, bahkan ada yang tak punya suporter. Atas dasar ini lah PSSI lantas mendirikan PT LIB sebagai operator.

"Saya jelaskan bahwa ada 18 klub Liga 1, kondisi keuangan semuanya tidak sama, ada yang tidak punya suporter, ada yang melebihi kapasitas stadion, sehingga pemasukan berbeda," jelasnya.

"Kalau suporter kecil, sponsor juga nilai atau value dari sponsor berbeda, makannya PSSI mendirikan PT LIB dengan saham 99% adalah klub, 1 % PSSI. Uang dikelola untuk subsidi rata, termasuk sponsor sendiri-sendiri, PSSI sebagai regulator atau pembuat aturan kompetisi, PT LIB sebagai operatornya," imbuhnya.

Riyadh kemudian dicecar pertanyaan apa syarat klub bisa tampil di Liga 1? Riyadh menyebut syaratnya banyak.

"Syaratnya yang banyak, badan hukum, lolos Liga 1, eksis di Liga 1, mempunyai syarat finansial, legalitas, infrastruktur, dan lain-lain," tutur Riyadh.

Lalu apakah semua klub Liga 1 sudah memenuhi syarat yang ditetapkan? Riyadh menyebut apabila sudah memenuhi sudah bisa tampil di Liga 1.

"Apabila sudah disahkan, sudah memenuhi syarat-syarat tersebut, sehingga bisa mengikuti Liga 1," tandas pria yang juga menjabat Ketua Komite Wasit PSSI itu.



Simak Video "Dirut LIB Belum Bisa Pastikan Kapan Liga 1 Kembali Kick Off"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)