Ratusan Ultras Geruduk Askab PSSI Gresik, Tuntut Liga 2 Dilanjutkan

Ratusan Ultras Geruduk Askab PSSI Gresik, Tuntut Liga 2 Dilanjutkan

Jemmi Purwodianto - detikJatim
Kamis, 19 Jan 2023 16:20 WIB
ultras demo askab gresik
Ultras Gresik Geruduk Askab PSSI Gresik (Foto: Jemmi Purwodianto)
Gresik -

Ratusan ultras, suporter Gresik United (GU) menggeruduk Askab PSSI Gresik, di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik. Ratusan ultras menuntut agar PSSI melanjutkan Liga 2 2022 yang telah dihentikan.

Dari pantauan detikJatim, ratusan ultras memakai jersey kebanggaan berwarna kuning. Mereka konvoi dari Markas Ultras Gresik di Jalan Proklamasi menuju ke Jalan Arief Rahman Hakim kemudian ke Jalan Panglima Sudirman hingga ke Jalan Jaksa Agung. Mereka membawa banner, spanduk bernada protes dengan sikap PSSI yang menghentikan Liga 2 dan melanjutkan Liga 1 tanpa degradasi.

Spanduk dan poster tersebut bertuliskan 'PSSI Miskin Prestasi, Sarang Korupsi', 'Kembalikan Liga 2 serta PSSI Tak Becus', dan 'PSSI Ladang Korupsi'.

Dengan menggunakan pengeras suara yang diangkut pikap, ultras menyanyikan yel-yel salam satu jiwa. Mereka juga berorasi meminta agar Liga 2 2022 dilanjutkan.

Ketua Umum Ultras Gresik Thoriqi Fajrin mengatakan kedatangan dirinya bersama suporter ultras ke Askab PSSI Gresik mendorong supaya liga 2 dan 3 tetap dilanjutkan. Jika tidak, mereka meminta agar Liga 1 juga dihentikan.

"Melalui asprasi ini kami meminta PSSI Askab PSSI Kabupaten Gresik meneruskan ke Asprov PSSI Jatim lalu dilanjutkan ke PSSI pusat agar liga 2 dilanjutkan, jika tidak mending liga 1 juga dihentikan," ujar Thoriqi, Kamis (19/01/2023).

Setelah melakukan orasi, perwakilan suporter ultras dan pengurus PSSI Kabupaten Gresik melakukan kesepakatan bersama menandatangani surat pernyataan. Mereka menandatangani empat tuntutan suporter ultras yang disampaikan.

Pernyataan sikap bersama Askab PSSI Gresik menghasilkan lima keputusan. Pertama, Asosiasi PSSI Kabupaten Gresik mendukung penuh aksi teman-teman suporter khususnya Ultras Gresik dan siap meneruskan ke PSSI Provinsi Jatim dan PSSI pusat. Asosiasi PSSI Gresik bersama-sama dengan Ultras Gresik dan seluruh stake holder Sepak Bola se-Kabupaten Gresik menyatakan dengan tegas menolak pemberhentian Liga 2 dan Liga 3 musim 2022/2023.

Ketiga, mendukung penuh Liga 1 dihentikan apabila Liga 2 dan Liga 3 tidak dilanjutkan atau tidak digelar. Keempat, mendesak pemerintah dalam hal ini Kemenpora untuk berkomunikasi dengan PSSI agar mengupayakan kompetisi Liga 2 dan Liga 3 bisa kembali dilanjutkan. Kelima, memberikan apresiasi kepada Ultras Gresik menjadi organisasi supporter garda terdepan untuk menyuarakan gerakan aksi supporter secara nasional.

Sementara itu, Ketua Askab PSSI Gresik, Rofiqi dengan tegas menyampaikan aksi ini untuk segera ditindaklanjuti Asprov PSSI Jawa Timur dan PSSI pusat. Pihaknya juga mengapresiasi apa yang dilakukan oleh suporter ultras mendukung kelanjutan liga 2. Bahkan, pihaknya juga membuat keputusan bersama yang ditandatangani oleh Ketua Askab PSSI Gresik, Ketua KONI, dan Ketua Umum Ultras Gresik serta manajemen Gresik United.

"Kami setuju liga 2 dilanjutkan. Sebagai bentuk keseriusannya Askab PSSI Kabupaten Gresik menandatangani kesepakatan bersama lalu diteruskan ke Asprov PSSI Jatim dan PSSI pusat," kata Rofiqi.

Lima poin yang ditandatangani bersama antara lain Askab PSSI Kabupaten Gresik mendukung penuh aksi suporter ultras. Selanjutnya, Askab PSSI Gresik bersama-sama dengan suporter ultras dan seluruh stake holder sepak bola Indonesia menolak pemberhentian liga 2. Kemudian mendukung liga 1 dihentikan apabila liga 2 dan 3 tidak dilanjutkan. Mendesak pemerintah melalui Kemenpora untuk berkomunikasi dengan PSSI mengupayakan liga 2 dilanjutkan. Poin terakhir mengapresiasi suporter ultras sebagai suporter garda terdepan menyuarakan gerakan aksi suporter secara nasional.

"Karena kompetisi berkualitas itu penting, kalau Liga 1 tidak ada degradasi berarti kompetisi tidak berkualitas makanya teman-teman Ultras cukup menarik dan strategis bahwa teriakan dari bawah bisa sampai ke pusat. kami suarakan aspirasi teman-teman Ultras," tutup Rofiqi.



Simak Video "Liga 2 Disetop, Pemain Gresik United Pilih Bantu Ortu Cari Rumput"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/iwd)