Tak Dapat Izin Dispora Jateng, Laga Arema FC Vs Borneo FC Ditunda

Tak Dapat Izin Dispora Jateng, Laga Arema FC Vs Borneo FC Ditunda

Muhammad Aminudin - detikJatim
Sabtu, 14 Jan 2023 22:00 WIB
Logo Liga 1, Logo Bri Liga 1, BRI Liga 1
Logo Liga 1. (Foto: Dok. Istimewa)
Malang -

Laga pekan ke-18 antara Arema FC vs Borneo FC dipastikan ditunda. Sedianya laga tersebut dihelat di Stadion Jatidiri Semarang pada (15/1/2023) karena tak mendapat izin dari Dispora Pemprov Jawa Tengah.

Rencana penggunaan Stadion Jatidiri, Semarang diusulkan Arema FC setelah usulan sebelumnya menggunakan stadion Sultan Agung, Bantul mendapat penolakan dari pengelola.

Komisaris PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia Tatang Dwi Arifianto mengakui telah menerima pemberitahuan resmi melalui surat yang diterima manajemen dari PT Liga Indonesia Baru (LIB). Surat tersebut berisi penundaan laga Arema FC melawan Borneo FC.

"Ya, secara resmi Arema FC mendapatkan surat dari PT LIB terkait status pertandingan Arema FC vs Borneo FC, yakni pertandingan mengalami penundaan," ungkap Tatang kepada wartawan, Sabtu (14/1/2023).

Tatang menjelaskan dalam surat bernomor 016/LIB-KOM/I/2023 tersebut, PT LIB mencantumkan beberapa poin sebagai rujukan, yakni circular Perubahan Jadwal Kompetisi BRI Liga 1-2022/2023 (Circular #20) tanggal 11 Januari 2023, disusul Surat dari Arema FC nomor: 013/SEKR/ARM/I/2023 perihal Pemberitahuan Hasil Koordinasi dengan Pihak Kepolisian di Semarang tanggal 12 Januari 2022.

Kemudian surat penolakan penggunaan Stadion Jatidiri, Semarang dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah nomor : 426/109 kepada Ketua Panpel LOC Semarang perihal Balasan Permohonan dan Rekomendasi tanggal 12 Januari 2022 dan pelaksanaan Kompetisi BRI Liga 1-2022/2023.

"Arema FC menerima apapun keputusan dari PT LIB termasuk penjadwalan ulang pertandingan melawan Borneo FC tersebut," ujarnya.

Ia memastikan apapun keputusan dari PT LIB akan diterima oleh pihak manajemen, termasuk komitmen Arema FC dalam menjalani sanksi imbas tragedi Kanjuruhan Malang.

"Jadwal baru akan disampaikan menyusul, tapi pada prinsipnya Arema FC menerima keputusan tersebut sesuai dengan yang disampaikan kemarin," tandasnya.

Pascatragedi Kanjuruhan, Arema FC mendapat sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Keputusan Komdis PSSI terkait sanksi ke Arema FC diatur merujuk pada Pasal 69 Ayat 1, Ayat 2 dan Ayat 3 Kode Disiplin PSSI Tahun 2018.

Sanksi yang idapat Arema FC yakni larangan menyelenggarakan pertandingan sebagai tuan rumah dan harus dilaksanakan dengan jarak minimal 250 kilometer dari home base hingga akhir musim kompetisi 2022-2023.

Selain sanksi dilarang untuk menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola, Arema FC juga diberikan sanksi denda sebesar Rp 250 juta akibat tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang tersebut.



Simak Video "Fakta-fakta Demo Ricuh Berujung Kantor Arema FC Dirusak"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/dte)