Presiden Gresik United Geram Liga 2 Dihentikan: PSSI Nggak Becus!

Presiden Gresik United Geram Liga 2 Dihentikan: PSSI Nggak Becus!

Jemmi Purwodianto - detikJatim
Jumat, 13 Jan 2023 18:56 WIB
Presiden Gresik United Gus Yani
Presiden Gresik United Fandi Akhmad Yani (bertopi) saat melihat pertandingan di Stadion Gelora Joko Samudro. (Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim)
Gresik -

Presiden Gresik United Fandi Akhmad Yani marah karena Liga 2 2022 dihentikan di tengah jalan. Ia menuding PSSI tak becus mengurusi liga.

Pria yang akrab disapa Gus Yani itu menyebut pihaknya selama ini telah berjuang dari Liga 3 hingga naik ke Liga 2. Apalagi Gresik United punya peluang promosi ke Liga 1 musim depan. Namun, harapan itu pupus karena Liga 2 dihentikan sepihak oleh PSSI.

"Kami semua pemegang klub ini sudah berjuang sampai hari ini. Baik kepentingan klub ataupun harapan klub semua sama, tapi tercampuri tangan-tangan dan hati kotor," kata Gus Yani kepada detikJatim, Jumat (13/1/2023).

Gus Yani menegaskan penghentian kompetisi jelas berimbas ke banyak pihak. Tak hanya klub dan pemain, tapi juga sponsor dan hajat hidup orang banyak.

Ia lalu menyebut pengurus PSSI dari tingkat provinsi, kabupaten, dan pusat tak becus mengurus sepak bola, khususnya kompetisi. Ia kemudian meminta mereka semua dibubarkan.

"Askab dan Asprov PSSI ini nggak becus! Bubarkan saja, biar klub bola yang bangun sistem sendiri. Selagi ada asprov, askab, tetap saja percuma ada liga yang selalu tidak tuntas," tegas Gus Yani.

Menurut Gus Yani, amburadulnya kompetisi ini bukan karena Ketua Umum PSSI. Siapapun yang menakhodai PSSI, kalau pengurus Askab dan Asprov bobrok, sepakbola Indonesia tetap tidak akan bisa maju,

"Sebetulnya subtansinya bukan di ketua PSSI, yang nggarai (bikin) ruwet itu Askab maupun Asprov. Siapapun jadi ketua PSSI, kalau Askab dan Asprov tidak sungguh-sunguh tulus dan ikhlas menata masa depan sepak bola, maka akan seperti ini terus," ujar pria yang juga menjabat sebagai bupati Gresik itu.

Dia menambahkan, selama ini Askab maupun Asprov tidak pernah fokus mengurus sepakbola.

"(Sedangkan) selama ini, Askab dan Asprov tidak pernah fokus dalam sepak bola usia dini di liga. Malah campur aduk sistem dan saling bermanuver," tandas Gus Yani.



Simak Video "Liga 2 Disetop, Pemain Gresik United Pilih Bantu Ortu Cari Rumput"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/dte)