Aremania Tetap Kawal Sidang Tragedi Kanjuruhan Meski Ada Penolakan

Aremania Tetap Kawal Sidang Tragedi Kanjuruhan Meski Ada Penolakan

M Bagus Ibrahim - detikJatim
Senin, 09 Jan 2023 18:27 WIB
Pengadilan Negeri Surabaya
Pengadilan Negeri Surabaya tempat sidang tragedi Kanjuruhan digelar (Foto: Amir Baihaqi/detikJatim)
Malang -

Rencana Aremania mengawal sidang Tragedi Kanjuruhan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mendapat penolakan dari suporter kesebelasan lain demi aspek kondusifitas. Namun hal itu tak mengubah niat Aremania untuk tetap datang.

Sebagai https://www.detik.com//jatim/sepakbola/d-6506491/aremania-tetap-kawal-sidang-tragedi-kanjuruhan-meski-ada-penolakan, sidang perdana kasus Tragedi Kanjuruhan telah ditetapkan akan dimulai pada 16 Januari 2023 mendatang.

"Kami tetap akan mengawal. Tapi terpenting kami mengawal para saksi," ujar koordinator Tim Gabungan Aremania (TGA) Dyan Berdinandri pada senin (9/1/2023).

Pria yang akrab disapa Dian Kucluk itu menambahkan bahwa Aremania yang akan berangkat mengawal sidang nanti tergolong tidak banyak. Diperkirakan ada sekitar 50 orang yang akan hadir nantinya.

"Jumlahnya belum bisa dipastikan, mungkin sekitar 50 orang dari TGA dan korban. Kami memang berangkat tapi tidak seperti yang dibayangkan. Tidak dalam skala rombongan besar," imbuhnya.

Ia pun bakal mengupayakan sebaik mungkin agar tidak terjadi gesekan dengan suporter yang menolak kedatangan Aremania dan berusaha menjaga kondusifitas dalam mengawal persidangan di PN Surabaya nanti.

"Prinsipnya kami disini untuk urusan masalah hukum tentang tragedi Kanjuruhan. Saya rasa mereka juga memahami lah," kata Dyan.

"Kami mengesampingkan gesekan dengan suporter lain. Kami sekarang sedang membela kemanusiaan bukan kesebelasan. Kami hanya menuntut keadilan," sambungnya.



Simak Video "Komnas HAM Serahkan Laporan Investigasi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)