Warga Kaget Siswi SMP Korban Pembunuhan Sukoharjo Terlibat Kencan Online

Warga Kaget Siswi SMP Korban Pembunuhan Sukoharjo Terlibat Kencan Online

Agil Trisetiawan Putra - detikJateng
Rabu, 25 Jan 2023 17:48 WIB
Nanang Tri Hartanto, pelaku pembunuhan siswi SMP di Sukoharjo saat dihadirkan dalam pers rilis Polres Sukoharjo, Rabu (25/1/2023).
Nanang Tri Hartanto, pelaku pembunuhan siswi SMP di Sukoharjo saat dihadirkan dalam pers rilis Polres Sukoharjo, Rabu (25/1/2023). Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng
Sukoharjo -

Kematian siswi SMP warga Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, dalam sebuah pembunuhan mengejutkan para tetangganya. Apalagi, remaja tersebut disebut-sebut terlibat dalam aktivitas prostitusi online.

Kepala Desa di tempat tinggal korban, Agus mengatakan warga terkejut siswi berusia 14 tahun itu menjadi korban pembunuhan. Mereka juga sama sekali tidak menyangka korban terlibat dalam aktivitas prostitusi online.

"Masa tumbuh saat SD tidak ada yang mencurigakan, SMP saya rasa baik-baik saja. Guru SMP-nya kemarin juga bilang anaknya pendiam," kata Agus saat dihubungi detikJateng, Rabu (25/1/2023).


Dari pengamatannya, keluarga korban selama ini sudah memberikan pengawasan yang cukup. Terlebih di rumah, korban juga diawasi oleh beberapa kerabatnya yang lain.

"Satu rumah dipakai beberapa keluarga. Jadi orang tuanya dan pakdhe juga ikut mengawasi korban," ucapnya.

Dari segi ekonomi, lanjut Agus, keluarga korban tergolong kalangan menengah ke bawah. Kedua orang tua korban bekerja di pabrik tekstil.

Meski demikian, aktivitas korban dalam beberapa waktu terakhir sebenarnya sudah mulai dicurigai orang tuanya. Hal ini, membuat orang tua korban lebih ketat mengawasi korban.

"Teman korban ini memang banyak. Kebanyakan laki-laki. Hari Senin itu, orang tuanya bilang katanya sudah dipenggak-penggak (dilarang) untuk tidak keluar rumah. Mau diajak saudaranya tembungan (lamaran) ke Boyolali, tapi dia nekat ingin dolan sendiri," ujarnya.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan pelaku pembunuhan siswi berusia 14 tahun itu adalah Nanang Tri Hartanto (21). Adapun pelaku saat ini sudah tertangkap.

Nugroho menjelaskan, pelaku mengenal korban melalui salah satu aplikasi perpesanan instan. Pelaku dan korban awalnya janjian bertemu di sebuah hotel di Kartasura. Kemudian pelaku membawa korban ke kamar kosnya.

Dalam kencan online tersebut, pelaku telah membayar sejumlah uang kepada korban. Namun, kencan tersebut tidak mulus karena pelaku kecewa dengan pelayanan korban.

"Akhirnya di situlah dia kecewa, muncul niat membunuh dan mengambil lagi uangnya yang sudah dia berikan," kata Wahyu.

Usai kencan, pelaku kemudian membawa korban ke sebuah pekarangan kosong. Di tempat tersebut kemudian pelaku membunuh korban dengan pisau yang dibawa dari kosnya.



Simak Video "Komplotan Modus Kencan Online, Motor Pemudi Gunungkidul Lenyap"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)