Kronologi Tabrak Lari di Jalan Urip Sumoharjo Jogja hingga Penangkapan Pelaku

Kronologi Tabrak Lari di Jalan Urip Sumoharjo Jogja hingga Penangkapan Pelaku

Adji G Rinepta - detikJateng
Rabu, 25 Jan 2023 13:42 WIB
ilustrasi kecelakaan
ilustrasi kecelakaan. Foto: Dok.Detikcom
Jogja -

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Urip Sumoharjo, Gondokusuman, Kota Jogja, kemarin pagi. Parsinah (77) meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP) usai menjadi korban tabrak lari. Berikut kronologinya.

Selasa 24 Januari, 04.30 WIB

Kasi Humas Polresta Jogja, AKP Timbul Sasana Raharjo menyampaikan kecelakaan terjadi sekitar pukul 04.30 WIB. Menurutnya, pelaku melaju dari arah timur menuju barat. Setelah mobilnya menabrak korban, pelaku lalu kabur ke arah barat.

"Semula kendaraan mobil jenis sedan warna silver, nomor polisi dan identitas pengemudi tidak teridentifikasi, melaju di Jalan Urip Sumoharjo dari arah timur ke barat," kata Timbul melalui keterangan tertulis, Selasa (24/1/2022).


"Sesampai di depan Shalimaar Style Textile membentur pejalan kaki yang menyeberang jalan dari sisi selatan ke utara. Setelah kejadian, mobil meninggalkan TKP ke arah barat," imbuhnya.

Akibat tabrak lari itu, Parsinah mengalami sejumlah luka berat dan meninggal di tempat. "Meninggal dunia di TKP dan dibawa ke RSUP Dr Sardjito Jogja," jelas Timbul.

Selasa 24 Januari, Pagi-Malam

Dijelaskan Timbul, awalnya polisi memeriksa lampu mobil milik pelaku yang terjatuh di TKP. Polisi juga mengecek rekaman CCTV di sekitar TKP.

"Sebagai kegiatan pembuka kita cek lampu fog lamp yang terjatuh, kemungkinan mobilnya BMW, kita cari melalui nomor seri pada lampu tersebut. Kemudian kita mencari CCTV di sekitar TKP dan CCTV di Galeria dan Simpang 4 Gramedia," ujar Timbul saat dihubungi wartawan, Rabu (25/1/2022).

Dari rekaman CCTV, mobil pelaku diketahui kabur ke arah selatan setelah kejadian. Dari CCTV pula polisi mengetahui kaca depan mobil pelaku tampak pecah.

"Dari beberapa video yang kita dapatkan kita analisa, ternyata kendaraan bermotor mengarah ke BMW warna silver, namun untuk nomor polisi belum diketahui," terang Timbul.

Berbekal https://www.detik.com//jateng/hukum-dan-kriminal/d-6533469/kronologi-tabrak-lari-di-jalan-urip-sumoharjo-jogja-hingga-penangkapan-pelaku awal tersebut, polisi mencari https://www.detik.com//jateng/hukum-dan-kriminal/d-6533469/kronologi-tabrak-lari-di-jalan-urip-sumoharjo-jogja-hingga-penangkapan-pelaku ke sebuah grup komunitas mobil. Di grup itu, polisi mengetahui ada orang yang sedang mencari kaca mobil. Mobil orang itu jenisnya seperti mobil milik pelaku tabrak lari.

"Setelah kita cari https://www.detik.com//jateng/hukum-dan-kriminal/d-6533469/kronologi-tabrak-lari-di-jalan-urip-sumoharjo-jogja-hingga-penangkapan-pelaku kita mendapatkan foto mobil orang tersebut sebelum rusak, dan kita bandingkan dengan kendaraan dalam video CCTV. Hasilnya memang ada persesuaian kedua kendaraan tersebut, baik warna maupun velg," ungkap Timbul.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.