Tipu Daya Wowon Serial Killer cs Bak MLM, Istri ke-6 Jadi Perekrut

Nasional

Tipu Daya Wowon Serial Killer cs Bak MLM, Istri ke-6 Jadi Perekrut

Tim detikNews - detikJateng
Selasa, 24 Jan 2023 19:08 WIB
Salsa memperlihatan foto Ai Maimunah, ibunya.
Salsa memperlihatan foto Ai Maimunah, ibunya. (Foto: Ikbal Selamet/detikJabar)
Solo -

Wowon serial killer di Bekasi dan Cianjur melakukan penipuan dan menghimpun dana dari sejumlah tenaga kerja wanita (TKW) dengan sistem multi level marketing (MLM). Bahkan istri keenam Wowon, Ai Maemunah yang juga korban dijadikan perekrut para TKW.

"Kemudian juga sistemnya ini adalah seperti MLM. Ini yang sedang kami telusuri betul," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan seperti dilansir detikNews, Selasa (24/1/2023).

Hengki menuturkan salah seorang korban, Siti diminta untuk mengajak temannya mentransfer uang kepada Wowon cs. Wowon cs mengiming-iming para korbannya kesuksesan.


"Maksudnya seperti ini, mereka ada downline-downline, jadi dari si Siti misalnya, ini mengajak temannya lagi supaya mengirim yang ke ini supaya bisa digandakan dan sebagainya. Jadi seperti MLM," ujarnya.

Ai Maemunah Rekrut TKW

Hengki menuturkan Ai Maemunah yang merupakan istri keenam Wowon dan juga korban dalam kasus serial killer ini berperan merekrut para TKW.

"Salah satunya adalah almarhumah Maemunah. Salah satu yang ikut merekrut TKW-TKW untuk ikut mengirim uang yang akan digandakan oleh para tersangka," kata dia.

Wowon cs pun meyakinkan para TKW korbannya dengan menunjukkan rumah dan mobil hasil bisnis penggandaan uang. Nyatanya, rumah dan mobil itu bukan milik Wowon.

"Untuk meyakinkan daripada saudara-saudara kita TKW ini untuk mengirimkan uang terus ke tersangka ini. Ada salah satu yang datang kepada Wowon ditunjukkan 'ini rumahnya, ini mobilnya'. Setelah ditelusuri, itu adalah mobil dan rumah milik orang lain. Tapi untuk meyakinkan supaya korban tetap mengirimkan uang," jelasnya.

Selengkapnya di halaman berikut.