Lagi! Rumah Terduga Teroris di Pandowoharjo Sleman Digeledah

Lagi! Rumah Terduga Teroris di Pandowoharjo Sleman Digeledah

Jauh Hari Wawan S. - detikJateng
Selasa, 24 Jan 2023 14:58 WIB
Kapolresta Sleman Kombes Aris Supriyono menjelaskan soal penangkapan terduga teroris, Minggu (22/1/2023).
Ilustrasi. Foto penggeledahan Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng
Sleman -

Polisi kembali melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris bernama Agus Wijayanto (AW) di Padukuhan Jetis Jogopaten, Pandowoharjo, Sleman. Polisi menemukan serbuk yang diduga bahan peledak dari kamar AW.

Dukuh Jetis Jogopaten Agus Suwardana mengatakan penggeledahan itu untuk membawa barang bukti tambahan. Adapun yang hadir saat itu yakni Tim Labfor Polda Jateng. Agus pun hadir untuk menjadi saksi dalam kegiatan tersebut bersama Ketua RT, dan adik terduga teroris.

"Iya betul, pengambilan tambahan barang bukti. Kemarin Senin (23/1) jam 14.00 WIB," kata Agus saat dihubungi wartawan, Selasa (24/1/2023).


Agus menjelaskan dari penggeledahan itu polisi membawa serbuk yang diduga bahan peledak. Serbuk itu ditemukan tersimpan pada wadah menyerupai kuali di kamar AW.

"Semacam serbuk ada butiran itu, kaya ya semacam bahan peledak itu. Ada di semacam kuali kecil, di dalam kamar (AW)," ucapnya.

Selain serbuk, polisi juga membawa serpihan-serpihan yang tercecer di lantai.

"Sama kayak serpihan yang sudah ada di lantai akhirnya semacam di-swab pakai kain terus dibawa," jelasnya.

Proses penggeledahan itu menurutnya berlangsung selama sekitar 40 menit. Menurutnya, selain di kamar AW, polisi juga menggeledah dapur.

"Kurang lebih 40 menit. (Selain kamar) Sama di dapur sepertinya, di belakang," pungkasnya.

Sementara itu, melansir detikNews, Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan penangkapan dilakukan pada Minggu (22/1), pukul 06.00-09.00 WIB. Tersangka berinisial AW (39) ini telah menjadi target penangkapan kepolisian.

"Telah dilakukan penangkapan terhadap 1 orang target tindak pidana terorisme berinisial AW (39) di sekitar area jalan Pendowoharjo, Sleman, DIY," ujar Ahmad Ramadhan dalam keterangannya.

Ahmad Ramadhan menuturkan AW terlibat aktif mengunggah gambar maupun video propaganda ISIS. AW juga kerap mengunggah seruan untuk melakukan aksi teror.

"Adapun keterlibatan AW, merupakan simpatisan ISIS yang aktif memposting gambar dan video propaganda ISIS di media sosial serta memposting seruan provokatif untuk melakukan aksi teror," katanya.



Simak Video "Detik-detik Penangkapan Pengusaha Semarang yang Ngaku Diperas Jaksa"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)