Kronologi Tragis Tukang Ojek Tewas Ditebas Penumpang Begal

Kronologi Tragis Tukang Ojek Tewas Ditebas Penumpang Begal

Tim detikNews - detikJateng
Selasa, 24 Jan 2023 12:36 WIB
Ilustrasi Pembunuhan
Ilustrasi Pembunuhan. Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Solo -

Seorang tukang ojek pangkalan, SD (65), tewas usai dibegal di wilayah Karang Tengah, Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Begal yang berpura-pura menjadi penumpang itu, PP (25), menebas korban dengan golok di tengah perjalanan. PP telah ditangkap polisi.

Dilansir detikNews, Kapolres Tangerang Selatan AKBP Faisal Febrianto menuturkan kejadian berawal pada Minggu (22/1/2023) pukul 03.00 WIB. Korban bersama pelaku berangkat dari pangkalan ojek di Pasar Parung Panjang, Kabupaten Bogor.

"Pelaku naik dari Pasar Parung Panjang. Eksekusinya di daerah TKP ditemukan korban tersebut," kata Faisal saat konferensi pers di kantornya, Selasa (24/1/2023), dikutip dari detikNews.


Pelaku Tebaskan Golok

Faisal mengatakan, pelaku menyembunyikan golok di dalam kardus yang dibawanya. Sesampainya di Jalan Cijawa, Karang Tengah, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pelaku menebas korban.

"Tersangka langsung melancarkan aksinya dengan membacokkan golok ke arah leher dan kepala korban untuk melumpuhkan korban. Dengan maksud untuk mengambil sepeda motor dan uang tunai milik korban," ungkap Faisal.

Pura-pura Charger HP Jatuh

Kasatreskrim Polres Tangsel AKP Aldo Primananda Putra menambahkan, pelaku berpura-pura menjatuhkan charger di tempat kejadian perkara (TKP). Setelah korban menghentikan motornya, pelaku langsung menebasnya dengan golok.

"Iya, dia pura-pura jatuhin charger, kan kanan kirinya sawah. Berhentilah, lalu dihajar," kata Aldo di Polres Tangsel, Selasa (24/1), dikutip dari detikNews.

Menurut Aldo, pelaku memilih korbannya secara acak. "Dari hasil penyelidikan sementara si dia ngomongnya acak ya. Karena pada saat malam itu cuman ada 2 (tukang ojek) yang satu sudah berangkat," ujar Aldo.

Korban Ditinggal di Jalan

Setelah melumpuhkan korban, pelaku membawa kabur motornya. Adapun korban ditinggal dalam kondisi mengenaskan di tempat kejadian perkara (TKP).

"Minggu pukul 04.00 WIB pagi ditemukan seorang (korban) di pinggir jalan dalam keadaan berlumuran darah, setelah dilihat ternyata ada banyak bekas luka sabetan benda tajam. Kami bawa ke rumah sakit, kami lakukan pengobatan tapi korban tersebut tidak selamat," kata Faisal.

Ditangkap Bersama Teman Wanita

Pelaku ditangkap bersama satu teman wanitanya di Taman Barito, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (22/1) pukul 14.00 WIB.

"Pelaku ditangkap di Jakarta Selatan beserta teman wanitanya. Bukan istri, teman wanita. Untuk sementara (pelaku) 1 orang. Ini masih kita dalami," kata Faisal.

Kepada polisi, pelaku mengaku merencanakan pembunuhan demi menguasai sepeda motor milik korban. Sepeda motor hasil curian tersebut rencananya akan dijual.

"Uangnya (rencana) akan digunakan untuk membayar utang, bayar kontrakan, dan untuk kebutuhan sehari-hari (pelaku)," jelas Faisal.



Simak Video "Bocah 8 Tahun di Semarang Jadi Korban Penculikan"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)