Muslihat Wowon Serial Killer Tutupi Kejahatan, Ngaku Dalang-Jual Obat

Regional

Muslihat Wowon Serial Killer Tutupi Kejahatan, Ngaku Dalang-Jual Obat

Tim detikJabar - detikJateng
Selasa, 24 Jan 2023 08:58 WIB
Serial killer supranatural di Bekasi dan Cianjur, Wowon (baju merah) dan Duloh (baju putih), saat ditangkap di Cianjur. (Istimewa)
Foto: Serial killer supranatural di Bekasi dan Cianjur, Wowon (baju putih) dan Duloh (baju merah), saat ditangkap di Cianjur. (Istimewa)
Solo -

Pelaku pembunuhan berantai di Kabupaten Cianjur dan Bekasi, Wowon (60), kerap menyebut pekerjaan yang berbeda kepada para istrinya. Hal itu dia lakukan untuk menutupi bahwa dirinya memiliki banyak istri. Bahkan tiga istri di antaranya dibunuh.

Dilansir detikJabar, berikut empat pekerjaan yang disebut Wowon kepada para istrinya. Mulai dari kerja di pabrik beras, menjadi dalang, penjual obat keliling, hingga penjual buah.

Kerja di Pabrik Beras

Wowon mengaku bekerja sebagai pegawai pabrik beras di wilayah Cianjur utara kepada istri keempatnya, Iis (40).


"Kalau ke saya mengakunya kerja di pabrik beras. Kerjanya malam, pulang subuh. Kalau paginya biasanya duduk di teras rumah sambil ngopi," kata Iis, Selasa (24/1/2023), dikutip dari detikJabar.

Tiap bulan, Wowon memberikan nafkah sebesar Rp 1,5 juta. Menurut Iis, uang tersebut hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, namun tidak untuk kebutuhan sekolah anak-anaknya.

"Makanya saya sempat bekerja sebagai TKW ke Timur Tengah untuk membantu ekonomi keluarga. Alhamdulillah dari hasil kerja jadi TKW, bisa kebeli rumah," ujar Iis.

Jadi Dalang

Kepada Ai Maimunah dan anaknya, Salsa (14), Wowon mengaku bekerja sebagai dalang. Selama menikah dengan Ai Maimunah, ibu dari Salsa, Wowon kerap berangkat kerja saat subuh dan pulang saat malam.

"Berangkat pagi pulang malam, di rumah juga tidak banyak ngobrol. Setahu Salsa, tiap bulan ngasih Rp 500 ribu ke ibu. Untuk sehari-hari jadinya mengandalkan hidup dari penghasilan kakak Salsa yang kerja di Bandung," ucap Salsa.

Penjual Obat

Menurut adik dari korban Nurhalimah, Misbah (45), Wowon mengaku bekerja sebagai penjual obat keliling. Obat yang dimaksud ialah cairan obat tradisional yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit tanpa operasi.

"Setahu saya dia penjual obat, seperti propolis. Obat tradisional, yang bisa digunakan tanpa harus pengobatan medis apalagi operasi," tutur Misbah.

Penjual Buah Keliling

Sedangkan menurut Ketua RW 2 Kampung Babakan Mande, Desa Gunungsari, Kecamatan Ciranjang, Dedi Setiadi, Wowon mengaku bekerja sebagai penjual buah keliling.

"Kata dia mengakunya jualan buah di (Kecamatan) Cibeber. Bukan lapak buah, tapi penjual buah keliling gitu. Malah saya tidak tahu dia dalang dan penjual obat, setahu saya jualan buah," kata Dedi.

Diberitakan sebelumnya, dari tiga istri Wowon tersebut, dua diantaranya yakni Halimah dan Ai Maimunah dibunuh. Adapun Iis masih selamat. Namun di rumah Iis ditemukan dua lubang.

Satu lubang berisikan jenazah balita berusia 2 tahun yang dibunuh Wowon Cs. Sedangkan satu lubang lainnya di dalam kamar diduga disiapkan untuk korban berikutnya.



Simak Video "Temuan Terkini Kasus Wowon cs 'Serial Killer', Ada Uang Masuk Rp 1 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)