Polisi Akan Bongkar Makam Halimah Korban Serial Killer, Ini Alasannya

Nasional

Polisi Akan Bongkar Makam Halimah Korban Serial Killer, Ini Alasannya

Tim detikNews - detikJateng
Senin, 23 Jan 2023 16:09 WIB
Makam Halimah Istri-Korban Wowon cs di Bandung Barat
Makam Halimah Istri-Korban Wowon cs Serial Killer di Bandung Barat. Foto: Whisnu Pradana
Solo -

Polisi akan membongkar atau ekshumasi makam Halimah korban kasus 'serial killer' Wowon cs. Hal itu setelah keluarga mengendus adanya hal mencurigakan dari kematian Halimah.

"Dalam hal ini proses penyelidikan belum terhenti. Tidak menutup akan dilakukan ekshumasi penyebab kematian," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Senin (23/1/2023) dilansir detikNews.

Proses ekshumasi atau pembongkaran makam dilakukan untuk mencari tahu penyebab pasti kematian Halimah. Sebagai https://www.detik.com//jateng/hukum-dan-kriminal/d-6530121/polisi-akan-bongkar-makam-halimah-korban-serial-killer-ini-alasannya, Halimah merupakan istri siri Wowon yang juga ibunda Ai Maemunah. Halimah tewas pada tahun 2016 silam.


Saat itu, disebutkan Halimah meninggal karena sakit. Untuk memastikan hal tersebut, maka proses ekshumasi kuburan Halimah yang ada di Bandung Barat, Jawa Barat, perlu dilakukan.

"Korban Halimah yang dimakamkan di Cililin, Bandung Barat dengan cara pada saat itu diduga sakit diserahkan kepada keluarga, kemudian dimakamkan," jelasnya.

Trunoyudo belum memerinci kapan tepatnya ekshumasi akan dilakukan. Namun yang pasti, proses ekshumasi dilakukan demi membuat terang semua hal dalam kasus serial killer tersebut.

Terpisah, adik Halimah, Misbah (40) menuturkan sempat merasa janggal atas kematian kakak kandungnya itu. Misbah mengatakan kondisi Halimah pada saat meninggal pada 23 September 2016 tak seperti seseorang yang menderita sakit pada umumnya.

Menurut Misbah, sebelum meninggal perut Halimah membengkak dan mengalami kencing darah. Dia juga mengatakan mata Halimah melotot, namun masih bisa berkomunikasi.

"Seperti ada yang masuk gitu, tapi masih bisa komunikasi. Waktu sakit itu dirawatnya di rumah anaknya di Cianjur," ujar Misbah, seperti dikutip dari detikJabar, Minggu (22/1).

Misbah menerangkan, pihak keluarga sempat membawa Halimah ke dokter. Namun pihak rumah sakit menyatakan Halimah baik-baik saja.

"Saya juga sempat tanya kok bisa gini. Jadi, awalnya hanya disangka tumor, tapi kata dokter ini aneh. Saya bahkan sempat usap daun kelor ke badan kakak saya, siapa tahu ada susuk di badan kakak saya atau ada yang ngerjain," ucap Misbah.

Dia menyebutkan sosok Wowon juga tak pernah muncul selama Halimah sakit sampai akhirnya meninggal. Termasuk saat dimakamkan di Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Temuan Terkini Kasus Wowon cs 'Serial Killer', Ada Uang Masuk Rp 1 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]