Rekening yang Dibobol Tukang Becak Rp 320 Juta, Pengacara: Tetap Emosi

Rekening yang Dibobol Tukang Becak Rp 320 Juta, Pengacara: Tetap Emosi

Tim detikJatim - detikJateng
Minggu, 22 Jan 2023 21:47 WIB
teller bank
Ilustrasi teller bank. Foto: Getty Images/iStockphoto/YinYang
Solo -

Pemilik rekening yang dibobol tukang becak, Muin Zachry, akhirnya buka suara. Menurut pengacara yang juga putri kandungnya, rekening yang dibobol bukanlah Rp 345 juta, tapi Rp 320 juta. Meski demikian, pengacara menyebut pembobolan itu tetap bikin emosi.

Dilansir detikJatim, penasihat hukum Muin, Dewi Mahdalia mengungkapkan jumlah uang di rekening ayahnya total senilai Rp 345 juta. Kini tinggal tersisa Rp 25 juta di rekening, setelah Rp 320 juta dibobol seorang tukang becak.

"Klien saya bapak kandung saya sendiri. Jadi saya ngerti semua. Yang tersisa tinggal Rp 25 juta. Tapi ya tetap saja emosi. Uangnya belum kembali, kok," kata Dewi kepada detikJatim, Minggu (22/1/2023).


Dewi mengatakan, ayahnya dan dirinya tidak akan mengikhlaskan begitu saja peristiwa pembobolan rekening oleh tukang becak yang terjadi pada Agustus 2022 itu. Agar uang ayahnya kembali, Dewi menyatakan dirinya akan berjuang di pengadilan.

Diberitakan detikJatim sebelumnya, seorang tukang becak bernama Setu dapat mengelabui teller salah satu bank swasta di Surabaya. Tukang becak itu kemudian menguras uang Rp 320 juta dari rekening milik orang lain bernama Muin Zachry.

Aksi tukang becak itu layaknya di film-film Hollywood ketika meyakinkan teller bank bahwa dirinya adalah Muin Zachry. Kala itu Setu menyamar dengan memakai peci dan mengenakan masker.

Teller bank di Jalan Indrapura Surabaya, Maharani Istono Putri, mengakui penyamaran Setu memang sempurna saat itu. Meski demikian, Setu ternyata hanyalah orang suruhan.

Belakangan terungkap bahwa tukang becak itu diperalat oleh Mohammad Thoha, penyewa kamar kos milik Muin Zachry. Perkara pembobolan rekening itu masih disidangkan di Pengadilan Negeri Surabaya.

Muin telah memberikan kesaksian selaku korban. Teller bank yang saat itu melayani Setu juga telah dihadirkan sebagai saksi di persidangan.



Simak Video "KuTips: Jaga Keamanan Rekening Biar Nggak Dibobol Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)