Damaikan Kasus Perkosaan Anak Brebes Berujung Oknum LSM Jadi Tersangka

Round-Up

Damaikan Kasus Perkosaan Anak Brebes Berujung Oknum LSM Jadi Tersangka

Tim detikJateng - detikJateng
Sabtu, 21 Jan 2023 07:14 WIB
Illustrator 10 with Transparencies. Tight vector background illustration of a stop sign with the graffiti word
Ilustrasi pemerkosaan (Foto: iStock)
Solo -

Kasus pemerkosaan anak di Brebes oleh enam pria menjadi sorotan karena sempat 'dimediasi' oknum lembaga swadaya masyarakat (LSM). Polisi turun tangan dan menangkap sejumlah oknum LSM itu berdasarkan laporan terkait pemerasan.

Berikut rangkuman fakta-fakta terkini kasus tersebut.

7 Orang Ditangkap

Tujuh orang ditangkap dari LSM yang meminta uang damai terkait kasus pemerkosaan anak di Brebes.


Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi mengatakan sudah 21 saksi diperiksa terkait kasus pemerkosaan anak di Brebes dan enam tersangka pemerkosaan ditangkap. Kemudian tujuh anggota LSM dengan kasus pemerasan juga ditangkap, Jumat (20/1/2023) pagi.

"Terkait pencabulan ini sudah kita lakukan beberapa pemeriksaan saksi hampir 21 kemudian kita tetapkan tersangka pencabulan itu enam orang dan termasuk hari ini juga saya perintahkan Dirkrimum backup untuk Polres Brebes untuk LSM yang telah melakukan upaya-upaya melanggar hukum. Sudah kita tahan sebanyak tujuh orang LSM yang berupaya memprovokasi dan melakukan pelanggaran hukum," jelas Luthfi di kantor Polda Jateng, Jumat (20/1).

Komplotan anggota LSM yang diamankan berinisial ES (36), WS (40), AS (42), TS (43), AM (42), BJ (36) dan UZ (38). Iqbal menyebut anggota LSM itu diamankan Unit II Tipidkor Polres Brebes.

2 Orang Buron

Diwawancara terpisah, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan anggota LSM yang dimaksud berjumlah sembilan orang. Berarti masih ada dua orang yang dikejar.

"Total oknum sembilan orang, dua masih DPO," tegas Iqbal.

Polisi Amankan Rp 6,1 Juta

Komplotan anggota LSM yang meminta uang damai dalam kasus perkosaan anak di Brebes ditangkap. Dalam kasus ini polisi mengamankan uang Rp 6,1 juta sebagai barang bukti.

"Barang bukti surat pernyataan kesepakatan bersama tertanggal 29 Desember 2022 dan uang tunai sejumlah Rp 6,1 juta," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Alqudusy lewat pesan singkat, Jumat (20/1).

"Sudah proses sidik (7 orang). Tersangka. Iya betul itu (sesuai foto)," terang Iqbal.

Atas perbuatannya, para pelaku yang diamankan terancam dijerat dengan Pasal 368 KUHP atau Pasal 369 KUHP atau Pasal 378 KUHP atau Pasal 372 KUHP tentang pemerasan, penipuan, dan penggelapan.

Untuk diketahui kasus pencabulan anak di Brebes heboh setelah ada https://www.detik.com//jateng/hukum-dan-kriminal/d-6526866/damaikan-kasus-perkosaan-anak-brebes-berujung-oknum-lsm-jadi-tersangka damai antara pihak korban dan pelaku. Ternyata perdamaian itu dilakukan LSM dengan modus meminta sejumlah uang atau kasus akan dibawa ke ranah hukum.

Orang tua pelaku kemudian melaporkan LSM tersebut karena melakukan penipuan dan pemerasan. Mereka memperkenalkan diri sebagai LSM Barisan Patriot Peduli Indonesia (BPPI).

(rih/ahr)