Polisi Tangkap 7 Orang LSM yang Damaikan Perkosaan di Brebes, 2 Masih Buron!

Polisi Tangkap 7 Orang LSM yang Damaikan Perkosaan di Brebes, 2 Masih Buron!

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Jumat, 20 Jan 2023 13:11 WIB
Kantor Satreskrim Polres Brebes, Kamis (19/1/2023).
Kantor Satreskrim Polres Brebes. Foto: Imam Suripto/detikJateng
Semarang -

Polisi terus mendalami kasus pemerasan di balik mediasi damai kasus pelecehan anak di Brebes. Sudah tujuh orang ditangkap dari LSM yang meminta uang damai, dan masih ada dua orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO) atau buron.

Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi, mengatakan sudah 21 saksi diperiksa terkait kasus pencabulan anak di Brebes dan enam tersangka pencabulan ditangkap. Kemudian tujuh anggota LSM dengan kasus pemerasan juga ditangkap pagi tadi.

"Terkait pencabulan ini sudah kita lakukan beberapa pemeriksaan saksi hampir 21 kemudian kita tetapkan tersangka pencabulan itu enam orang dan termasuk hari ini juga saya perintahkan Dirkrimum backup untuk Polres Brebes untuk LSM yang telah melakukan upaya-uoaya melanggar hukum. Sudah kita tahan sebanyak tujuh orang LSM yang berupaya memprovokasi dan melakukan pelanggaran hukum," jelas Luthfi di Mapolda Jateng, Jumat (20/1/2023).


Diwawancara terpisah, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes M Iqbal Alqudusy, anggota LSM yang dimaksud berjumlah sembilan orang. Berarti masih ada dua orang yang dikejar.

"Total oknum sembilan orang, dua masih DPO," tegas Iqbal.

Untuk diketahui kasus pencabulan anak di Brebes mencuat tidak hanya karena kasusnya, namun ada upaya mendamaikan korban dan pelaku dengan syarat uang agar tidak diproses hukum. Perdamaian itu ternyata dilakukan oleh LSM Barisan Patriot Peduli Indonesia (BPPI).

Kepolisian yang menangani kasus pencabulan itu tetap melakukan proses dan menangkap enam pelaku yang lima diantaranya adalah anak-anak. Orangtua pelaku kemudian melaporkan LSM tersebut ke polisi dengan tuduhan penipuan.



Simak Video "Semarang Dilanda Banjir, Warga Diimbau Tak Keluar Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/sip)