Viral Sungai Meluap di Rahtawu Kudus, Kades: Benar, Sudah Biasa

Viral Sungai Meluap di Rahtawu Kudus, Kades: Benar, Sudah Biasa

Dian Utoro Aji - detikJateng
Rabu, 25 Jan 2023 21:15 WIB
Luapan Sungai Gelis di Desa Rahtawu, Kudus, Rabu (25/1/2023).
Luapan Sungai Gelis di Desa Rahtawu, Kudus, Rabu (25/1/2023). Foto: Dok Tangkapan Layar Medsos
Kudus -

Debit Sungai Gelis Lereng Pegunungan Muria tepatnya Desa Rahtawu Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, meningkat tajam hingga meluap menjadi banjir bandang. Video peristiwa tersebut pun ramai di media sosial.

Hal ini seperti video yang diunggah akun instagram @kudusviral. Pada video berdurasi 27 detik memperlihatkan kondisi Sungai Gelis yang ada di Lereng Muria. Debit air begitu deras dan air berwarna cokelat.

Sebuah gazebo yang ada di pinggir sungai terbawa banjir di sungai. "Info Kali Gelis Rahtawu," tulisnya seperti dilihat detikJateng, Rabu (25/1/2023).


Kepala Desa Rahtawu, Didik Aryadi membenarkan video luapan Sungai Gelis yang viral di media sosial. Menurutnya kejadian banjir di sungai sering terjadi.

Warga pun menganggapnya hal biasa. Sebab kejadian itu kerap terjadi saat hujan lebat turun selama lebih dari satu jam.

"Iya benar, saat ini hujan deras, terkait video yang beredar malah sebagian warga tidak tahu, karena sudah biasa kalau hujan 1 jam lebih pasti seperti itu," kata Didik kepada detikJateng lewat pesan singkat, Rabu (25/1/2023).

"Biasanya nanti tenggang 3 jam sudah normal," Didik melanjutkan.

Menurutnya tidak ada dampak kerusakan berat akibat banjir bandang di Sungai Gelis. Hanya kata dia ada pohon tumbang yang melintang di jalan. Warga bersama relawan tengah bergotong-royong menyingkirkan pohon tumbang tersebut.

"Hanya pohon tumbang mengenai tiang listrik roboh melintang di jalan," jelasnya.

Selengkapnya baca halaman berikutnya