Kata FX Rudy soal Kaesang Harus Sowan Jika Ingin Maju di Pilkada Solo

Kata FX Rudy soal Kaesang Harus Sowan Jika Ingin Maju di Pilkada Solo

Tara Wahyu NV - detikJateng
Rabu, 25 Jan 2023 20:26 WIB
Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo ditemui di kediamannya di Jebres Solo, Kamis (22/12/2022).
Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo. Foto: Tara Wahyu NV/detikJateng
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan pesan kepada Kaesang Pangarep yang ingin terjun ke politik. Gibran menyarankan Kaesang untuk sowan ke Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo jika ingin maju di Pilkada Solo.

Lantas, bagaimana respons FX Hadi Rudyatmo terkait pesan Gibran kepada adiknya itu?

Ditemui di kediamannya, di Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, pria yang akrab dipanggil FX Rudy itu sepakat dengan pesan itu. Apalagi jika Kaesang hendak maju melalui PDIP.


"Ya iya no. Wong ketua DPC-nya saya kok. Daftar KTA (kartu tanda anggota) neng nggonku to (di tempatku kan). Semua mekanisme partai tetap saya lalui namun keputusan ada di Ketua Umum (Megawati)," kata Rudy, Rabu (25/1/2023).

Ditanya mengenai rencana Kaesang yang hendak masuk ke eksekutif, Rudy menjawab itu semua hak anggota partai. Namun, ia enggan berandai-andai, menurutnya yang terpenting langkah pertama adalah masuk dulu ke partai politik.

"Silakan, mau ke eksekutif maupun ke legislatif itu hak semua anggota partai. Tetapi melalui mekanisme yang berlaku yang sudah diatur dengan peraturan partai," ujarnya.

"Masuk dulu menjadi anggota parpol. Ke depan mau apa nanti tanyakan ke Mas Kaesang. Jangan ke saya," lanjutnya.

Meski begitu, Rudy mengungkapkan untuk hal itu masih ada proses yang harus dilalui, mulai dari penjaringan. Namun, tegas Rudy semua tetap pada hak prerogatif ketua umum partai.

"Prosesnya kalau di partai ada penjaringan di tingkat anak ranting, ranting, PAC, DPC, baru disetor ke DPP dan DPD. Kemarin kan sudah kita lakukan juga. Tapi semua tetap Ketum yang punya hak prerogatif," kata dia.

Rudy sebagai kader senior mengungkapkan apapun yang diputuskan Megawati, wajib hukumnya untuk dimenangkan. "Saya sebagai kader partai yang militan, apapun yang diputuskan Ketum hukumnya wajib untuk dimenangkan," pungkasnya.



Simak Video "Heboh Kaesang Mau Jadi Politikus, Jokowi Ngaku Tak Mempengaruhi"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)