Pria Klaten Kabur 25 Tahun gegara Takut Sunat Kini Pulang, ke Mana Perginya?

Pria Klaten Kabur 25 Tahun gegara Takut Sunat Kini Pulang, ke Mana Perginya?

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Rabu, 25 Jan 2023 19:35 WIB
Ilustrasi beberapa orang dalam keluarga mencari anaknya yang hilang.
Ilustrasi orang hilang. Pria Klaten Kabur 25 Tahun gegara Takut Sunat Kini Pulang, ke Mana Perginya?. Foto: Edi Wahyono
Klaten -

Selama 25 tahun, pria inisial A (38) warga Klaten menghilang dari rumah gegara takut disunat. Selama lebih dari dua dasawarsa bujangan itu ternyata berada di Pasar Kepek, Sewon, Kabupaten Bantul, DIY.

"Saat datang kondisinya sehat, tubuhnya kecil. Dulu pakai seragam pramuka," tutur Sumiarsih (65), pedagang Pasar Kepek yang mengantarkan A pulang ke rumahnya di Kecamatan Polanharjo, Rabu (25/1/2023).

Diceritakan Sumiarsih, saat tiba di pasar, A pernah ditanya asal muasalnya. Saat itu A menjawab asal Wonosari, Klaten.


"Katanya dari Klepu, Kecamatan Wonosari. Sejak itu tinggalnya di pasar, semua orang sepasar, 150 orang pedagang, sayang sama A," jelasnya.

Selama tinggal di Pasar Kepek, A selalu membantu pedagang dan perilakunya jujur. Hal itu membuat pedagang ikhlas merawat A.

"Semua orang sepasar merawat A, ngopeni. Dia itu orangnya jujur dan tidak pernah mencuri, dikasih uang atau makan kadang tidak mau," papar Sumiarsih.

Bahkan saat akan dibawa pulang ke Klaten, sambung Sumiarsih, banyak pedagang yang merasa kehilangan. Bahkan beberapa orang menangis saat A hendak dipulangkan ke Klaten.

"Pada nangis, ini ke sini (Klaten) tiga mobil. Selama ini tidurnya A ya di pasar setiap hari, kalau sakit ya kita periksakan bareng-bareng," imbuh Sumiarsih.

Kakak kandung A, D (45) mengatakan adiknya pergi dari rumah setelah kerusuhan 1998. Dia pergi bersama seorang tetangga dusun.

"Perginya sama anak sini, katanya ke Stasiun Balapan, Solo. Anak itu pulang tapi adik saya tidak pulang, kita cari ke Solo ke Jogja dan sekitarnya tidak ketemu," ucap D kepada detikJateng.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria berusia 38 tahun warga Klaten akhirnya pulang setelah 25 tahun menghilang. Dia mulanya kabur dari rumahnya karena takut disunat.

Pantauan detikJateng, pria berinisial A ini pulang disambut keluarga dan warga setempat. Isak tangis pecah melihat A, yang 25 tahun pergi tanpa kabar itu, pulang. Bahkan keluarga syok.

"Dari asesmen dan cek keluarga, yang bersangkutan itu pergi sejak duduk di kelas 1 SD. Konon karena trauma mau disunat," ungkap Koordinasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Klaten, Joko Prayitno kepada detikJateng di kantor desa setempat, Rabu (25/1).



Simak Video "Cerita Agus Hilang 25 Tahun Karena Takut Disunat, Dicari Sampai Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)