Pulangnya Pria Klaten 25 Tahun Kabur Takut Disunat, Dikenali dari YouTube

Pulangnya Pria Klaten 25 Tahun Kabur Takut Disunat, Dikenali dari YouTube

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Rabu, 25 Jan 2023 18:33 WIB
Ilustrasi Orang Hilang
Pulangnya Pria Klaten 25 Tahun Kabur Takut Disunat, Dikenali dari YouTube. Foto: Ilustrasi orang hilang oleh Mindra Purnomo
Klaten -

Pria berinisial A, warga Kecamatan Polanharjo, Klaten, akhirnya pulang ke rumah setelah pergi selama 25 tahun gegara takut disunat. Kepulangan A ternyata berawal dari tetangga yang mengenali sosok A melalui salah satu channel YouTube.

"Awalnya dari channel YouTube Sinyo (Sinyo Official) yang dilihat seorang warga, Slamet. Slamet itu teman main A saat kecil," ungkap tetangga sebelah rumah A, Fathan (45) kepada wartawan di lokasi, Rabu (25/1/2023).

Diceritakan Fathan video di channel YouTube itu terus menyebar ke warga dan diyakini sebagai A. Video itu akhirnya sampai juga ke kakak A, D.


"Video itu di-share warga, sampai juga ke kakaknya. Setelah dilihat ada luka di kakinya (kaki A) sehingga warga yakin itu A," kata Fathan.

Karena penasaran, lanjutnya, seorang warga bernama Zainal mencoba menghubungi pemilik channel YouTube Sinyo Official. Setelah itu, dia berkoordinasi dengan keluarga, RT, RW, dan desa.

"Yang menghubungi Mbak Sinyo itu Mas Zainal, warga sini yang tinggalnya di Gunungkidul sehingga paham daerah Bantul. Setelah itu ke keluarga, RT, dan desa, baru itu (TKSK Kabupaten)," sambung Fathan.

Kakak Minta Foto Pria yang Diduga Adiknya

Kakak A, D menyatakan setelah video YouTube tersebar, dia meminta tolong Zainal mengecek. Zainal diminta mengirimkan gambar detail.

"Zainal saya minta mengirim gambar. Cirinya di tangan dan bekas luka di kepala, kalau wajah bisa berubah tapi ciri tubuh tidak mungkin," kata D.

D mengaku tidak menyangka adiknya akan pulang ke rumah. Upaya pencarian sudah dilakukan ke mana-mana namun nihil.

"Kita sudah mencari ke mana-mana, ke Solo ke Jogja. Bahkan saya berhenti sekolah setahun saat SMP untuk ikut mencari," imbuh D.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria berusia 38 tahun warga Klaten, akhirnya pulang setelah 25 tahun menghilang. Dia mulanya kabur dari rumahnya karena takut disunat.

Pantauan detikJateng, pria berinisial A ini pulang disambut keluarga dan warga setempat. Isak tangis pecah melihat A, yang 25 tahun pergi tanpa kabar itu, pulang. Bahkan keluarga syok.

"Dari asesmen dan cek keluarga, yang bersangkutan itu pergi sejak duduk di kelas 1 SD. Konon karena trauma mau disunat," ungkap Koordinasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Klaten, Joko Prayitno, kepada detikJateng di kantor desa setempat, Rabu (25/1).



Simak Video "Mengenal Sosok Agus Pria yang Kabur Selama 25 Tahun Karena Takut Disunat"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ams)