Pria Klaten Pulang Usai 25 Tahun Kabur Takut Disunat, Ibu Histeris-Pingsan

Pria Klaten Pulang Usai 25 Tahun Kabur Takut Disunat, Ibu Histeris-Pingsan

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Rabu, 25 Jan 2023 17:34 WIB
Ilustrasi Orang Hilang
Pria Klaten Pulang Usai 25 Tahun Kabur Takut Disunat, Ibu Histeris-Pingsan. Foto: Ilustrasi orang hilang (Mindra Purnomo)
Klaten -

A (38) warga Klaten, Jawa Tengah akhirnya pulang setelah 25 tahun kabur dari rumah gegara takut disunat. Melihat anaknya pulang, ibunya langsung pingsan.

Pantauan detikJateng di lokasi, kepulangan pria bertubuh tinggi tegap itu sudah dinantikan keluarga sejak siang. Tidak saja keluarga, tetapi juga kerabat dan tetangga berjajar di tepi jalan kampung di Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Di lorong gang sempit permukiman padat penduduk itu, terlihat seorang wanita tua terlihat dikerumuni keluarga. Tatap matanya kosong melihat ke ujung gang.


Wanita berhijab cokelat itu adalah AM (67), ibu kandung A. Pukul 14.45 WIB, tetangga yang berkerumun di ujung gang mendadak riuh.

Ibu tiga anak itu bangkit mendekat ke tepi jalan. Saat melongok ke ujung jalan kampung, tampak rombongan perangkat desa dan pedagang pasar Kepek, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Jogja, mengiringi A yang berjalan paling depan.

Begitu melihat pria dengan tubuh tinggi besar itu berjalan dari utara, AM ambruk tak sadarkan diri. Beberapa ibu-ibu langsung memapahnya.

Setelah sadar, AM histeris memeluk anak bungsunya yang mengenakan baju dan celana biru cerah. Berulang kali wajah A ditepuknya.

"Oalah le...kowe mulih (kamu pulang)," ucap AM di tengah langit yang mulai mendung, Rabu (25/1/2023) siang.

Warga yang berjajar di jalan dan melihat di teras rumah ikut larut dalam haru. Apalagi saat A diberi minum dan dibawa ke rumahnya.

AM mengatakan anak lelakinya itu pergi saat siap untuk disunat. Acara sunatan itu bersama anak-anak kampung lainnya.

"Saat itu pada mau sunat bareng-bareng anak sini, sunatan di rumah. Maunya sekalian dengan yang lain," tutur AM dalam bahasa Jawa yang diterjemahkan detikJateng.

Dengan kepulangan A, kata AM, dia dan keluarganya sangat gembira. Anaknya pulang dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah senang banget, anak saya sehat dan ada yang merawat. Tidak menyangka akan pulang," ucap AM.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria berusia 38 tahun warga Klaten, akhirnya pulang setelah 25 tahun menghilang. Dia mulanya kabur dari rumahnya karena takut disunat.

Pantauan detikJateng, pria berinisial A ini pulang disambut keluarga dan warga setempat. Isak tangis pecah melihat A, yang 25 tahun pergi tanpa kabar itu, pulang. Bahkan keluarga syok.

"Dari asesmen dan cek keluarga, yang bersangkutan itu pergi sejak duduk di kelas 1 SD. Konon karena trauma mau disunat," ungkap Koordinasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Klaten, Joko Prayitno, kepada detikJateng di kantor Desa setempat, Rabu (25/1).



Simak Video "Cerita Agus Hilang 25 Tahun Karena Takut Disunat, Dicari Sampai Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/ams)