Apa Itu LoA Unconditional yang Jadi Syarat Pendaftaran LPDP 2023?

Apa Itu LoA Unconditional yang Jadi Syarat Pendaftaran LPDP 2023?

Paradisa Nunni Megasari - detikJateng
Rabu, 25 Jan 2023 20:00 WIB
piggy bank With Graduation Cap on black glass floor,Money saving concept.
Ilustrasi. Apa itu LoA Unconditional? Berikut ini penjelasan dokumen persyaratan pendaftaran beasiswa LPDP 2023. Foto: Getty Images/iStockphoto/nirat
Yogyakarta -

Pendaftaran beasiswa LPDP 2023 telah dibuka. Adapun salah satu dokumen yang menjadi persyaratan dalam proses pendaftaran beasiswa LPDP 2023 adalah LoA Unconditional. Apa itu?

Program beasiswa LPDP yang dikelola Kementerian Keuangan (Kemenkeu RI) kembali dibuka tahun ini. Adapun pendaftaran beasiswa ini mulai dibuka mulai hari ini, Rabu (25/01/2023).

Salah satu dokumen yang diperlukan dalam proses pendaftaran beasiswa LPDP 2023 adalah LoA Unconditional. Namun, dokumen ini bersifat tidak wajib.


Apa Itu LoA Unconditional?

Dikutip dari laman resmi beasiswa LPDP, https://lpdp.kemenkeu.go.id/, LoA Unconditional adalah surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dengan tanpa persyaratan, kecuali persyaratan sponsor pendanaan, dokumen fisik ijazah dan transkrip nilai jenjang studi sebelumnya, dan/atau persyaratan tambahan yang tidak berisiko mengubah status diterimanya orang tersebut sebagai mahasiswa pada program studi yang dituju serta memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta durasi studi, lama studi, permulaan studi dan/atau akhir studi.

Kriteria LoA Unconditional LPDP

Adapun LoA Unconditional yang diunggah untuk pendaftaran LPDP harus memenuhi kriteria berikut:

  1. Perguruan Tinggi dan Program Studi harus sesuai dengan salah satu pilihan pada aplikasi pendaftaran
  2. Intake studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan LPDP terkait waktu perkuliahan paling cepat yang diizinkan
  3. Jika intake perkuliahan yang tercantum pada LoA Unconditional yang diunggah tidak sesuai ketentuan maka wajib melampirkan Surat Defer (Penundaan) dari Perguruan Tinggi yang menerbitkan LoA
  4. Jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional yang tidak sesuai ketentuan LPDP, maka dianggap tidak memenuhi kriteria pendaftaran.

Ketentuan Pendaftar LPDP yang Memiliki LoA Unconditional

Dijelaskan dalam buku panduan pendaftaran beasiswa LPDP 2023, berikut ini ketentuan bagi pendaftar yang sudah maupun belum memiliki LoA Unconditional.

  1. Pendaftar Beasiswa Reguler yang telah mempunyai dan mengunggah LoA Unconditional wajib memilih 1 (satu) Perguruan Tinggi Tujuan Dalam ataupun Luar Negeri dengan LoA Unconditional tersebut dan masuk daftar Perguruan Tinggi LPDP.
  2. Pendaftar Beasiswa Reguler yang belum memiliki LoA Unconditional wajib memilih 3 (tiga) Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri yang ada dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.

Jadwal Seleksi Beasiswa LPDP 2023 Tahap 1

Bagi calon pendaftar, baik yang sudah maupun belum memiliki LoA Unconditional bisa mulai mengikuti jadwal pendaftaran LPDP 2023 tahap I berikut ini:

  • 25 Januari-25 Februari 2023: Pendaftaran
  • 27 Februari 2023: Seleksi administrasi
  • 14 Maret 2023: Pengumuman seleksi administrasi
  • 27 Maret 2023: Seleksi bakat skolastik
  • 5 April 2023: Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik
  • 10 April 2023: Seleksi substansi
  • 31 Mei 2023: Seleksi substansi berakhir
  • 8 Juni 2023: Pengumuman hasil seleksi substansi final

Demikian penjelasan mengenai apa itu LoA Unconditional yang jadi syarat pendaftaran beasiswa LPDP 2023.

Ikuti berita lainnya dari detikJateng di Google News.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)