Pekerja Penggali Fondasi Masjid di Ceper Klaten Temukan Mortir Aktif

Pekerja Penggali Fondasi Masjid di Ceper Klaten Temukan Mortir Aktif

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Rabu, 25 Jan 2023 10:32 WIB
Benda yang diduga mortir aktif saat diamankan.
Benda yang diduga mortir aktif saat diamankan. Foto: Dok Istimewa.
Klaten -

Sebuah mortir yang diduga masih aktif ditemukan di lokasi pembangunan Masjid Al Manar, Dusun/Desa Ngawonggo, Kecamatan Ceper, Klaten, Jawa Tengah. Mortir tersebut ditemukan saat pekerja pembangunan menggali fondasi.

"Kemarin (Selasa 25/1) kena cangkul saya, awalnya dikira besi biasa. Di pojokan untuk fondasi situ," ungkap Tri Sulistyo (40) pekerja pembangunan masjid kepada detikJateng, Rabu (25/1/2023) pagi.

Diceritakan Tri, penemuan itu sekitar pukul 13.00 WIB. Setelah terantuk besi tersebut, dirinya kaget karena besi tersebut lancip.


"Besinya lancip karatan. Terus saya bersihkan tapi jumlahnya hanya satu itu," jelas Tri.

Tri mengatakan panjangnya mencapai sekitar 20 centimeter dengan berat sekitar 2 kilogram. Bentuknya menyerupai ketela pohon.

"Bentuknya menyerupai ketela pohon, saya kira juga ketela pohon. Lalu kita naikkan," ucap Tri.

Lokasi temuan benda diduga mortir di Desa Ngawonggo, Kecamatan Ceper.Lokasi temuan benda diduga mortir di Desa Ngawonggo, Kecamatan Ceper. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

Barjo (69) panitia pembangunan masjid menyatakan benda yang ditemukan tersebut mirip mortir. Pagi ini sudah dibawa Brimob Polda Jateng untuk diledakkan.

"Mortir atau apa ya tapi tadi sudah dibawa Brimob. Hanya satu buah dan sudah berkarat semua," ungkap Barjo kepada detikJateng di lokasi.

Lokasi tempat ditemukannya mortir, sebut Barjo, dulunya halaman sebuah surau kecil. Tapi setelah itu jadi tanah kosong karena di depannya dibangun masjid.

"Dulu tahun 1942 jaman Jepang lokasi itu halaman surau. Terus di depannya dibangun masjid, ini masjid diperluas lagi," kata Barjo.

Kapolsek Ceper AKP Aris Joko Narimo menjelaskan bahan peledak itu ditemukan saat menggali pondasi. Bahan peledak aktif itu sudah dievakuasi Brimob Polda Jateng.

"Sudah dievakuasi. Dilakukan disposal di lapangan tembak Trucuk oleh tim Gegana Brimob Polda Jateng," jelas Aris kepada detikJateng saat diminta konfirmasi.



Simak Video "Kondisi Karimunjawa Diterpa Cuaca Buruk, Ratusan Wisatawan Tertahan"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/sip)