Ular Takut Garam Ternyata Cuma Mitos, Ini Faktanya Lur!

Ular Takut Garam Ternyata Cuma Mitos, Ini Faktanya Lur!

Tim detikEdu - detikJateng
Selasa, 24 Jan 2023 21:04 WIB
Ular sanca 4 meter dievakuasi dari kandang bebek di Sewon, Bantul, Rabu (18/1/2023).
Ular sanca 4 meter dievakuasi dari kandang bebek di Sewon, Bantul, Rabu (18/1/2023). (Foto: dok. BPBD Kabupaten Bantul)
Solo -

Banyak orang beranggapan menabur garam menjadi salah satu cara untuk mengusir ular. Ternyata hal itu hanya mitos.

Faktanya, ternyata garam sama sekali tidak membuat efek takut pada ular. Bahkan menabur garam yang banyak belum tentu bisa mengusir ular, sebagaimana https://www.detik.com//jateng/berita/d-6532520/ular-takut-garam-ternyata-cuma-mitos-ini-faktanya-lur yang dikutip dari situs Animal Food Planet.

Menguatkan hal itu, Ketua Exhalos Indonesia Regional Surabaya, Gede Bhayu juga pernah menyatakan bahwa garam tidak bisa mengusir ular.


"Kemampuan garam terhadap ular itu hanyalah mitos belaka. Garam tidak bisa digunakan untuk mencegah atau mengusir ular. Teori itu menurutnya murni mitos dan tak bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya dikutip dari detikEdu.

Anggapan ular yang bisa mengusir garam, banyak yang menduga karena garam bisa dipakai untuk mengusir hewan-hewan yang biasa muncul di sekitar rumah seperti siput, keong, hingga lintah.

Hal ini karena garam akan bertindak sebagai 'kryptonite' bagi bekicot, siput atau lintah. Sehingga hewan-hewan ini mengalami dehidrasi di bagian tubuhnya yang berlendir.

Garam bekerja untuk mengeluarkan air dari kulit mereka memberikan efek osmosis. Efek ini membuat hewan-hewan tersebut mati dalam beberapa menit karena dehidrasi.

Namun, garam tidak memberi efek pada ular karena ular termasuk hewan bersisik, bukan berlendir seperti siput dan lintah.

Lantas, bagaimana cara mengusir ular? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentu saja menghindar dari jarak aman. Terlebih jika kita tidak tahu seberapa bahaya atau berbisa ular tersebut.

Dalam hal ini, Bhayu mengatakan bahwa ular bisa terganggu dan menjauh dengan barang, cairan, atau apa pun yang memiliki aroma menyengat.

"Yang pasti, ular takut dengan aroma yang menyengat, seperti cairan pembersih lantai misalnya," ungkapnya.

Selain itu, hal yang juga disarankan saat ada ular yang mengganggu sekitar rumah adalah meminta untuk segera menghubungi pawang ular, petugas keamanan, komunitas sosial, atau tim pemadam kebakaran yang biasa menangani hal tersebut.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)